Comscore Tracker

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! 

Yang jelas kamu tidak akan selamat

Merupakan salah satu makhluk terbesar di Bumi, anaconda adalah ular yang ditakuti manusia. Persepsi tersebut diperparah dengan kemunculan berbagai film yang menunjukkan betapa mengerikannya ular tersebut. 

Anaconda memang memiliki caranya sendiri untuk berburu. Karena tidak berbisa, mereka membunuh korban dengan cara melilitkan tubuh dan menelannya hidup-hidup.Hingga saat ini tercatat bahwa makhluk terbesar yang pernah ditelannya adalah buaya. Ini memungkinkan mengingat ular ini bisa mencapai berat 250 kilogram dan panjang sepuluh meter. 

Lalu bagaimana jika anaconda menelan tubuh kita? Kira-kira apa yang akan terjadi, ya? Berikut ini gambaran ilmiahnya, dilansir berbagai sumber!

1. Tubuhmu akan dililit terlebih dahulu

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! nationalgeographic.com

Anaconda memiliki kebiasaan melilit mangsanya terlebih dahulu sebelum menelannya hidup-hidup. Maka jangan kaget jika tubuhnya yang besar dan panjang menyelimuti dan meremas tubuhmu hingga lemas. 

Walaupun begitu, dilansir Ranker, anaconda adalah predator yang sabar. Mereka tidak akan membuatmu tak bisa napas. Ular ini justru membiarkanmu melawan hingga kamu lelah dan kehilangan tenaga. 

Pada umumnya, makhluk hidup apa pun yang dililit anaconda akan mati. Sebab ular ini memberikan tekanan sebesar 4.000 kilogram pada tubuh mangsa. Tenaga sebesar itu cukup untuk meremukkan manusia dan membuat kita mati sesaat. 

Walaupun begitu, anggap saja kita masih hidup, apa yang akan terjadi selanjutnya?

2. Anaconda akan meregangkan rahangnya untuk menelanmu

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! staticflickr.com

Manusia termasuk mangsa yang besar untuk anaconda. Walaupun begitu, hal ini tidak menjadi masalah karena mereka bisa meregangkan rahangnya untuk menelan tubuh kita secara utuh. Ingat, ular tersebut bahkan bisa menelan buaya dan sapi hidup-hidup. 

Lebih lanjut, ular yang berhabitat di Hutan Amazon tersebut memiliki kemampuan deteksi detak jantung. Jika sang mangsa belum mati ketika dililit, mereka akan mencekik dengan rahangnya yang kuat. 

Kabar baiknya, kamu tidak akan dikunyah oleh ular tersebut karena gigi anaconda hanya digunakan untuk memegang mangsa. Mereka juga tidak memiliki bisa untuk melumpuhkanmu. 

Namun sesampainya kamu di dalam mulut anaconda, tubuhmu akan diselimuti oleh air liur yang sangat banyak. Dilansir What If Show, ini bertujuan agar mangsa bisa didorong lebih mudah ke dalam perut. 

3. Otot saluran cerna akan mendorongmu masuk sambil meremukkan tulang-tulang

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! fizzylogic.nl

Sambil berusaha menelanmu, otot yang ada di saluran cerna anaconda akan mendorongmu terus masuk. Sambil melakukannya, ular tersebut akan menggerakkan tubuhnya sehingga tulang-tulangmu remuk. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah dicerna nantinya. 

Di tahap ini seharusnya kamu sudah tidak lagi bernyawa karena tubuh yang hancur dan sulitnya bernapas. Namun untuk melihat proses secara lengkapnya, mari kita asumsikan kamu masih hidup. 

Baca Juga: Nasib Bumi jika Manusia Punah, Ini 7 Gambaran Ilmiahnya!

4. Tubuhmu akan dicerna oleh enzim dan asam

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! predictivehacks.com

Tahap berikutnya, kamu sudah sampai di dalam saluran cerna sang anaconda. Dilansir What If Show, ular tersebut memproduksi enzim dan asam yang begitu kuat untuk mencerna mangsanya. 

Tercatat bahwa anaconda bisa mencerna tubuh buaya hanya dalam tiga hari, lho. Padahal kamu tahu sendiri, kan, bahwa kulit mereka sangatlah keras. Jadi manusia tidak ada apa-apanya dibandingkan ini. Tubuhmu akan habis dicernanya dalam waktu yang cepat. 

5. Peredaran darah dan jantung akan berhenti bekerja

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! nflxso.net

Berada di dalam perut ular akan membuatmu merasakan berbagai hal yang mengerikan. Mulai dari kekurangan oksigen, tubuh tergencet hingga sesak, dan yang paling fatal adalah ketika sistem peredaran darah dan jantung berhenti bekerja. 

Dilansir LiveScience, tekanan yang ada di dalam perut ular, diiringi dengan asam yang diproduksinya akan membuat sistem paling penting di tubuh manusia itu berhenti. Darah yang tidak bisa mengalir ke otak akan membuatmu terkena iskemia dan mati dalam beberapa detik. 

6. Ular akan berpuasa selama beberapa bulan

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! wgme.com

Di tahap ini, kamu sudah tidak bisa lagi keluar dengan selamat dari tubuh anaconda. Seluruh dari dirimu akan dicernanya hingga tersisa rambut dan kuku saja. Kedua bagian tubuh itu akan dikeluarkan bersama dengan kotorannya.

Setelah itu, anaconda akan berpuasa selama setidaknya selama beberapa bulan. Sebab manusia tergolong mangsa yang besar untuk mereka. 

7. Kabar baiknya, manusia bukanlah mangsa yang menggiurkan bagi anaconda

Bagaimana Rasanya Mati Ditelan Ular Anaconda? Ini 7 Gambarannya! sandiegozoo.org

Anaconda memang dilabeli sebagai pemakan manusia selama puluhan atau bahkan ratusan tahun. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya kita bukanlah mangsa yang menggiurkan untuk mereka?

Dilansir LiveScience, anaconda lebih memilih memangsa hewan-hewan mamalia, seperti sapi, kambing, atau kancil. Manusia bukanlah pilihan utama, karena kita jarang berada di jangkauan habitat ular tersebut. Terlebih lagi, tubuh manusia lebih tinggi dan rata-rata melebihi berat dari mangsanya. 

Sering kali, ular yang menyerang manusia karena merasa terancam dan ingin melindungi dirinya. Maka dari itu, jika kamu tidak ingin mengalami hal-hal yang disebutkan di atas, jangan pernah mengganggu atau berada di jangkauan mereka, ya! Kemungkinan besar kamu tidak akan selamat jika diserang oleh anaconda. 

Baca Juga: 10 Hewan yang Keberadaannya Merusak Bumi, dari Gajah hingga Kucing

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya