Comscore Tracker

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengat

Cara-cara ini terbukti ramah lingkungan!

Meskipun keberadaannya sangat dibutuhkan untuk Bumi, tawon tetaplah serangga yang cukup berbahaya bagi manusia. Sengatan yang ditimbulkannya sangat menyakitkan dan bisa menimbulkan reaksi alergi yang tak diinginkan. Misalnya ruam ekstrem, demam, hingga syok anafilaktik. 

Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar rumah kita tidak menjadi sarang tawon. Ada beberapa metode alami yang ampuh untuk mengusir mereka. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan insektisida yang akan merusak lingkungan.

Yuk, simak cara-caranya berikut ini! Catatan, sebagian dari cara yang disebutkan akan membunuh para tawon, jadi kamu harus pilih dengan bijak, ya.

1. Potongan mentimun

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatfuturecdn.net

Tahukah kamu kalau mentimun adalah "musuh alami" dari tawon? Dilansir Pest Control Hacks, ini terjadi karena mentimun mengeluarkan aroma yang tidak disukai oleh serangga penyengat tersebut. 

Cara menggunakannya adalah potong mentimun dengan bentuk bulat pipih seperti hendak membuat lalapan, kulitnya tak perlu dikupas, ya. Kemudian taruh di atas aluminium foil dan letakkan di area yang banyak tawonnya. 

Cara kedua adalah dengan menggunakan irisan kulit timun. Cukup letakkan irisan tersebut di sekitar jendelamu. Dengan begitu, tawon tidak akan masuk karena mereka tidak suka aromanya. 

2. Tanam tumbuhan mint

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatalmanac.com

Ingin mengusir tawon yang sering mengunjungi tamanmu? Caranya mudah kok. Kamu hanya perlu menambahkan tumbuhan mint di sana. Aroma yang dikeluarkannya begitu kuat dan menyengat untuk tawon sehingga mereka akan terganggu. 

Tumbuhan mint juga bisa mengusir serangga-serangga kecil lainnya yang berpotensi mengganggu tamanmu. Selain itu, kamu juga diuntungkan karena tumbuhan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan. 

3. Bawang putih

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatverywellfamily.com

Tawon adalah serangga yang sangat bergantung pada indra penciuman. Itulah kenapa mereka tidak menyukai aroma-aroma yang menyengat. Salah satunya adalah bawang putih.

Kamu bisa menebarkan bubuk bawang putih di area sekitar sarang tawon atau yang sering dilaluinya. Kamu juga bisa menggunakan bawang putih yang telah dicincang. Dijamin, tawon akan segera pindah dan tidak berani mendekati rumahmu lagi. 

4. Kapur barus

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatcdnparenting.com

Kapur barus juga termasuk dalam bahan yang bisa mengusir tawon karena mereka tidak suka aroma kimiawi yang dikeluarkannya. Kamu hanya perlu menyebarkan bola-bola kapur barus atau menggantungkannya di sekitar sarang tawon. Dengan begitu, serangga tersebut akan segera pergi untuk mencari rumah barunya. 

5. Bubuk kayu manis

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatmedicalnewstoday.com

Walaupun memiliki aroma yang manis, bubuk kayu manis ternyata tidak disukai oleh tawon. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan bahan tersebut untuk mengusir mereka dari sarangnya. 

Dilansir Environmental Pest Management, cukup taburkan bubuk kayu manis ke sarang tawon setiap hari dalam waktu kurang lebih seminggu. Aromanya akan mengganggu tawon dan memaksa mereka untuk pindah tempat. 

6. Bedak bayi

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengattreehugger.com

Sama seperti bubuk kayu manis, tawon tidak suka aroma harum dari bedak bayi. Kamu bisa menaburkannya di sarang mereka untuk membuatnya tidak betah. Sebagai upaya pencegahan, taburkan pula bedak bayi di sekitar taman atau area yang rawan didatangi oleh tawon. 

Baca Juga: 13 Bahan Kosmetik Ini Wajib Diwaspadai, Diambil Paksa dari Hewan

7. Menggunakan metode pengasapan

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatbuzzle.com

Metode pengasapan ampuh untuk memindahkan tawon beserta sarangnya ke tempat yang jauh dari rumah. Cukup bakar dedaunan,  karton, atau kayu sampai asap yang dihasilkan mengepul. Setelah itu dekatkan asap ke arah sarang tawon. 

Dilansir Science ABC, metode pengasapan akan menekan indra dan sensitivitas tawon sehingga mereka tidak agresif. Di saat itulah kamu bisa memindahkan sarang mereka ke tempat lain yang jauh dari rumah. Namun perlu diingat bahwa untuk melakukannya, kamu membutuhkan persiapan yang matang dan mungkin bantuan dari profesional. 

8. Lemon dan baking soda

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatdrinkbai.com

Jika kamu ingin cara yang lebih ekstrem, opsi ini bisa dipilih. Campurkan air lemon, air, dan baking soda. Setelah itu, masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan larutan tersebut langsung ke sarang tawon. Pastikan cairan tersebut masuk ke setiap lubangnya. Tawon yang terkena asam dari lemon dan baking soda akan mabuk dan akhirnya mati. 

9. Menggunakan minuman bersoda

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengathealthline.com

Karena tawon menyukai cairan yang manis, kamu bisa memanfaatkan minuman bersoda untuk menarik perhatiannya. Tuangkan cairan tersebut ke wadah yang terbuka dan letakkan di bawah sarang tawon atau area yang sering dihampirinya. 

Tawon pasti mengerubungi dan meminumnya. Cara ini memang efektif dan ramah lingkungan, namun tawon akan terbunuh karena mereka tenggelam di dalam minuman soda tersebut.

10. Larutan air cuka

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatrd.com

Cara lain untuk membasmi tawon adalah menggunakan larutan air cuka. Campurkanlah satu sendok makan cuka ke dalam segelas air kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray

Semprotkan cairan tersebut ke arah sarang tawon. Para penghuni yang berada di dalamnya akan mati terkena asam keras yang dikandung oleh cuka. Lakukan ini dengan hati-hati agar kamu tak kena sengat. 

11. Pepper spray

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatpepperscale.com

Berikutnya kamu juga bisa membuat pepper spray untuk membunuh tawon di rumah. Cukup campurkan segelas air dengan enam sendok makan bubuk lada dan tiga sendok makan bubuk cabai. Rebus larutan tersebut selama kurang lebih 15 menit dan pindahkan ke dalam botol spray

Selagi panas, semprotkan pepper spray ke arah sarang tawon atau tawon yang mengganggu. Mereka akan langsung mati karena larutan ini tergolong cukup keras. 

12. Larutan air sabun

12 Cara Mudah Mengusir Tawon di Rumah secara Alami, Ampuh Gak Disengatpyxis.nymag.com

Campuran air dan sabun bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki cuka ataupun merica di rumah. Semprotkan larutan ini di sekitar taman, furnitur, pohon, dan area-area rawan sehingga tawon tidak akan mau hinggap di atasnya. 

Larutan ini memang bisa membunuh tawon-tawon yang ada di rumahmu. Namun kamu harus hati-hati ketika menyemprotkannya langsung ke arah mereka. Tawon bisa marah dan menyengatmu sebagai bentuk perlindungan diri. 

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan rumahmu, ya, terutama di bagian plafon dan taman. Jika kamu rajin membersihkannya, tawon akan tahu bahwa rumahmu dihuni sehingga mereka tidak akan membangun sarangnya di sana. 

Baca Juga: 10 Hewan Peliharaan Umum yang Ilegal Dipelihara di Berbagai Negara

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya