Comscore Tracker

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli 

Yang terpenting adalah alihkan pikiran dari hal-hal negatif

Serangan gangguan kecemasan bisa terjadi di mana saja dan tidak mengenal waktu. Hal ini bisa terjadi saat kita sedang berada di luar rumah, terutama saat bekerja. Jika kamu pernah mengalaminya, kamu tentu tahu bahwa tidak ada hal yang bisa menghentikan atau meredakan perasaan cemas tersebut.

Namun sebenarnya serangan kecemasan ini adalah hal yang bisa kamu atasi sehingga tidak sepenuhnya menguras harimu. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips dari para ahli berikut ini!

1. Hentikan aktivitas yang sedang kamu kerjakan

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah hentikan aktivitasmu. Ambil waktu untuk beristirahat sejenak untuk merilekskan pikiran. Jika memungkinkan keluarlah dari kantor untuk berjalan-jalan atau duduk di luar. Cara ini bisa membantu melepaskan energi-energi negatif yang ada di dalam dirimu. Pemandangan luar juga bisa mengalihkan pikiranmu dari stres.

2. Lakukan latihan pernapasan

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli verywellmind.com

Memang kata-kata “ambil napas dalam-dalam” terdengar klise, tetapi cara ini cukup efektif untuk membantu sistem saraf mendapatkan lebih banyak oksigen. Dilansir dari Psych Central, latihan pernapasan memang butuh untuk dipelajari sebelum kecemasan melandamu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidur terlentang dengan satu tangan di atas dada dan satu tangan di atas perut. Bernapaslah dengan perutmu. Pastikan ritme naik-turun perutmu lebih tinggi daripada dada. Saat sedang berada di kantor kamu tidak perlu terlentang, cukup praktikkan cara pengambilan napasnya saja.

3. Alihkan pikiran ke benda-benda di sekitarmu

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli evolvecleaning.com.au

Saat kecemasan melanda, penting untuk segera mengalihkan pikiran ke hal-hal lainnya. Dilansir dari Bustle, psikolog klinis Dr. Karin Lawson menyebutkan satu cara yang menurutnya efektif. Kamu cukup menyebutkan empat benda, warna, suara, dan tekstur yang ada di sekitarmu. Ini bisa membantumu untuk fokus pada sesuatu yang netral sehingga kamu bisa keluar dari pikiran-pikiran yang menekanmu.

Baca Juga: 7 Obat Unik yang Bisa Mengurangi Gangguan Kecemasanmu, Cepat Meredakan

4. Buatlah daftar kata-kata penyemangat untuk dirimu sendiri

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli pinimg.com

Memiliki sesuatu yang bisa membantumu untuk stabil adalah hal yang bagus untuk dipraktikkan. Cobalah membuat daftar kata-kata penyemangat dan taruhlah di handphone atau buku catatanmu.

Kamu bisa memasukkan quotes, mantra positif, atau apa pun yang bisa membuatmu merasa lebih tenang. Saat rasa cemas melanda, bacalah daftar tersebut.

5. Siapkan playlist yang bisa membuatmu merasa lebih baik

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli yimg.com

Musik adalah hal sederhana yang bisa membantumu mengeluarkan pikiran buruk dari kepala dengan cepat. Buatlah playlist lagu yang bisa membuatmu lebih tenang dan bahagia saat kamu merasa sedih. 

“Lagu yang kamu masukkan tidak harus berupa musik klasik atau yang bertema alam. Gunakan apa pun yang sekiranya efektif untuk dirimu,” kata psikolog klinis Aimee Daramus dilansir dari Bustle.

6. Memainkan game di handphone juga bisa membantumu

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli lifewire.com

Seperti yang telah disebutkan, ketika gangguan kecemasan melanda, kamu harus berusaha untuk fokus ke hal-hal lain. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan menyibukkan diri bermain game.

Ini karena saat bermain, semua perhatian di otak akan tercurah untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, siapkan beberapa aplikasi permainan yang kamu sukai di handphone-mu.

7. Istirahat dan lakukan hal-hal yang membuatmu merasa tenang

7 Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan saat Bekerja, Menurut Para Ahli kaboompics.com

Walaupun terasa sulit untuk melakukan apa pun di tengah-tengah kecemasan, cobalah lakukan hal-hal yang membuatmu tenang. Setiap orang memiliki versi yang berbeda-beda.

Misalnya dengan makan camilan, pergi ke toilet, membuat teh atau kopi, menelepon teman, dan lain-lain. Para ahli percaya bahwa aktivitas sederhana tersebut bisa membantu untuk mengarahkan otakmu untuk melupakan kecemasan. 

Selain cara-cara di atas, kamu juga harus mengingatkan diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jika kamu merasa gangguan kecemasanmu sangat mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

Baca Juga: Kenali, 6 Tanda Kemungkinan Anak Alami Masalah Gangguan Kecemasan 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You