Comscore Tracker

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahui

"Hidup bahagia selamanya" ternyata hanya kebohongan belaka

Salah satu ciri khas dari drama Korea It's Okay to Not Be Okay adalah adanya dongeng yang diselipkan di setiap episode. Ini karena tokoh utama, Ko Mun Young adalah seorang penulis buku dongeng anak-anak.

Menariknya, kisah-kisah itu memiliki alur yang cenderung lebih dark namun sarat akan makna yang selama ini tidak kita sadari. Contohnya di episode 11, drama tersebut mengangkat kisah Ugly Duckling atau Si Bebek Buruk Rupa sebagai referensi.

Drama tersebut mengatakan bahwa nilai dari dongeng Ugly Duckling adalah orang dewasa seharusnya memperlakukan anak-anak dengan sama tanpa pilih kasih. Ketika semua anak mendapatkan kasih sayang yang setara, mereka bisa hidup berdampingan secara rukun. 

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuidramabeans.com

Membicarakan tentang dongeng, ternyata It's Okay to Not Be Okay tak sepenuhnya salah dengan membawakan kisah-kisah yang dark. Nyatanya, mayoritas dongeng dunia sebenarnya memiliki alur yang tragis. Hanya saja, karena cerita tersebut ditujukan kepada anak kecil, banyak pihak yang memperbaikinya sehingga berakhir dengan "bahagia selamanya".

Ingin tahu dongeng apa saja yang dimaksud? Simak kisahnya berikut ini! Siap-siap, kamu akan merasa terbohongi selama ini!

1. Cinderella

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuipinimg.com

Cinderella, kisah gadis malang yang tinggal dengan ibu tiri dan kedua kakak tirinya yang jahat ini tak lekang oleh waktu. Semua orang dari berbagai kalangan mengenalnya. Namun ternyata kisah Cinderella tak seindah dan semulus yang umumnya diceritakan. 

Pangeran hampir saja tertipu oleh kakak tiri Cinderella saat mencari pemilik sepatu kaca, lho. Ini karena keduanya memotong kaki mereka agar muat untuk mengenakan sepatu tersebut. Untungnya muncul dua burung merpati yang menyadarkan pangeran bahwa si kakak beradik itu bukanlah gadis yang ia cari. 

Setelah pangeran menemukan Cinderella yang asli, kedua burung merpati pun mematuk mata sang kakak tiri hingga mereka buta. Sementara Cinderella tinggal bahagia di istana, saudara tirinya dikisahkan hidup sebagai pengemis buta di jalanan. Seperti itulah kisah yang diceritakan oleh Grimm Bersaudara.

2. Sleeping Beauty

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuipinimg.com

Sleeping Beauty. Si putri yang tertidur selama ratusan tahun karena kutukan ini dikisahkan bangun karena mendapatkan ciuman cinta sejati dari pangeran. Namun ternyata, kisah asli dongeng turun temurun ini tak seindah itu. Ada banyak versi dari Sleeping Beauty di dunia, salah satu yang cukup terkenal adalah versi Giambattista Basile, penulis asal Italia.

Si putri bernama Aurora diceritakan tinggal di sebuah kastil tua tak berpenghuni. Suatu hari, ada seorang raja yang menyelinap ke dalam kastil itu dan menemukan sang putri. Bukannya menyelamatkan, ia justru memerkosa Aurora. Setelah sembilan bulan, ia melahirkan dua orang anak dalam keadaan masih tertidur dengan bantuan para peri.

Salah seorang bayi mengisap jari Aurora dan melepaskan jerami yang membuatnya tertidur. Si putri pun bangun dan mendapati dirinya telah menjadi ibu dari dua orang anak. Seakan penderitaannya tak cukup, Aurora mendapatkan siksaan dari istri sang raja yang menghamilinya karena dianggap sebagai pelakor.

3. Snow White

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuithegrownupya.com

Snow White atau Putri Salju adalah dongeng pertama yang dikisahkan ulang dan dibuat lebih ramah anak oleh Disney. Dikisahkan seorang putri pergi dari istana karena ibu tiri atau sang ratu yang iri akan kecantikannya.

Sang ratu kemudian menyuruh pembunuh bayaran untuk membunuh Putri Salju dan membawakan hatinya sebagai bukti. Di versi aslinya, ternyata perintah sang ratu tak hanya itu, lho. Ia menginginkan hati serta paru-paru Putri Salju untuk dimasak sebagai hidangan makan malam. 

Jauh lebih dark dari itu, Putri Salju yang telah mati sebenarnya dibawa oleh pangeran menggunakan kuda untuk menuju ke kastilnya. Di saat itulah ia terbangun. Entah apa yang akan terjadi jika sang putri tak segera membuka matanya. Sebab pangeran tersebut diceritakan memiliki kelainan nekrofilia, yaitu suka berhubungan seksual dengan mayat. 

Baca Juga: Ini 7 Museum Tertua yang Ada di Indonesia, Sudah Pernah Ke Sana?

4. Putri Duyung atau Little Mermaid

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuihswstatic.com

Sejauh yang kita tahu, kisah Little Mermaid berakhir dengan Ariel yang berhasil menjadi manusia dan menikah dengan pangeran impiannya. Iya, kan? 

Lagi-lagi, versi asli dongeng ini tidak memiliki kisah yang seindah itu. Kisah pertama Little Mermaid yang dibuat oleh Hans Christian Andersen menceritakan bahwa Ariel patah hati karena melihat pangeran menikah dengan putri lain.

Karena marah, ia sebenarnya ingin menusuk laki-laki yang berkhianat itu dengan pisau. Namun hatinya yang lembut tak tega melakukannya. Sebagai ganti, sang putri duyung yang sebenarnya berhasil berubah menjadi manusia itu membunuh dirinya dengan terjun ke dalam laut dan menjadi buih. 

5. Rapunzel

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahui24smi.org

Semua orang tahu dongeng Rapunzel, seorang putri dengan rambut panjang yang dikurung di dalam menara oleh penyihir. Suatu hari ia bertemu dengan pangeran yang menaiki rambutnya, melawan sang penyihir, dan hidup bahagia di kerajaan. 

Namun ternyata Rapunzel memiliki nasib yang cukup tragis di dongeng versi Grimm Bersaudara. Gadis itu sangat polos karena tidak pernah bertemu siapa pun di hidupnya kecuali si penyihir. Suatu hari, pangeran yang menyamar menaiki rambutnya ke atas menara dan menjadi teman Rapunzel. 

Mereka terus bertemu di malam hari dan akhirnya melakukan hubungan seksual hingga Rapunzel hamil. Si gadis yang polos itu tidak tahu apa pun tentang kehamilan dan bertanya kepada penyihir kenapa lingkar pinggangnya bertambah besar. Si penyihir pun marah dan akhirnya membuang Rapunzel ke gurun. 

Lalu bagaimana dengan si pangeran? Penyihir memotong rambut Rapunzel dan membiarkannya menjuntai di menara. Ketika pangeran memanjatnya, ia diserang sang penyihir dan berusaha untuk bunuh diri dengan lompat dari menara. Ia tak mati, namun matanya tertusuk duri sehingga menjadi buta

Rapunzel pun melahirkan bayi kembar seorang diri di gurun. Beberapa tahun kemudian, ia bertemu dengan orang buta yang ternyata merupakan laki-laki impiannya. 

6. Si Kerudung Merah atau Red Riding Hood

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuilareviewofbooks.com

Red Riding Hood adalah salah satu dongeng paling tua di dunia sehingga ada banyak versi di luar sana. Namun mayoritas dari kisah yang diceritakan bernada dark dan tidak berakhir bahagia, 

Dongeng ini menceritakan seorang perempuan kecil yang bertualang menyusuri hutan untuk mengantarkan pai kepada neneknya yang sedang sakit. Antagonis dari dongeng ini adalah si serigala yang berusaha menyerangnya dan sang nenek. 

Salah satu versi menceritakan bahwa serigala berhasil sampai di rumah nenek lebih dulu. Namun Si Kerudung Merah dengan senang hati mempersilakan makhluk buas itu memakan neneknya agar ia selamat. 

Versi lain yang lebih mengganggu adalah di mana gadis tersebut "menjual dirinya" kepada serigala. Ia membiarkan dirinya menjadi pemuas hasrat makhluk tersebut agar tidak dibunuh seperti sang nenek. 

7. Hansel dan Gretel

7 Dongeng Populer Ini Berakhir Tragis, Tak Seindah yang Kamu Ketahuipinimg.com

Hansel dan Gretel mengisahkan sepasang kakak beradik yang tersesat di hutan. Entah bagaimana, keduanya menemukan jalan menuju rumah kue jahe yang ternyata milik seorang penyihir. Sempat diincar menjadi santapan penyihir, kedua anak itu akhirnya berhasil menyelamatkan diri.

Versi milik Grimm Bersaudara ternyata jauh lebih mengerikan daripada itu, lho. Rumah yang dimasuki Hansel dan Gretel ternyata milik seorang iblis dan istrinya. Iblis tersebut membuat kuda gergaji untuk menyiksa Hansel. 

Ia meminta Gretel untuk mengikat saudara laki-lakinya pada alat itu. Berpura-pura tak tahu, kedua bersaudara itu meminta istri sang iblis untuk mendemonstrasikan caranya. Di saat itulah Hansel dan Gretel mengikat dan memotong tenggorokan si istri iblis. Tak hanya itu, kedua kakak beradik itu juga mencuri uang dan harta sang iblis dan melarikan diri secepatnya. 

Apakah fakta yang dipaparkan di atas cukup mengagetkan untukmu? Ternyata cerita di dalam dongeng pun tak seindah yang kita bayangkan, ya! Adakah dongeng lain yang berakhir tragis seperti kisah di atas? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Apakah Kamu Termasuk Orang Toxic? Cermati 9 Tandanya di Sini!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya