Comscore Tracker

IPB Adakan Pesta Sains Nasional 2019 dengan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

Ada sembilan cabang lomba yang bisa kamu ikuti

Bogor, IDN Times- Pecinta sains, siapkan dirimu untuk mengikuti Pesta Sains Nasional (PSN) yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) November 2019 mendatang. Mengangkat tema “Treasure of Science”, PSN bermaksud untuk meningkatkan minat generasi muda untuk menciptakan inovasi di bidang sains dan teknologi.

Acara ini ditujukan untuk kamu yang sedang duduk di bangku SMA dan sederajat. Tahun ini PSN akan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah, mulai dari Sabang sampai Merauke. 

Kompetisi yang telah diadakan sejak tahun 2003 ini akan memperebutkan berbagai macam piala bergengsi. Di antaranya adalah piala Kementrian Pendidikan Nasional, Kementrian Riset dan Teknologi, tropi kristal USAID bergilir, serta piala Presiden Republik Indonesia. Tertarik untuk berpartisipasi? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Ada sejumlah acara yang telah disiapkan untukmu

IPB Adakan Pesta Sains Nasional 2019 dengan Hadiah Puluhan Juta RupiahDokumentasi PSN

Pesta Sains Nasional akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 2 hingga 3 November 2019 di IPB. Selain kompetisi, terdapat berbagai rangkaian acara yang dapat diikuti para peserta. Mulai dari seminar untuk siswa, seminar untuk guru pendamping, talk show, sesi motivasi peserta, pameran sains, dan hiburan. 

2. Terdapat sembilan cabang lomba yang bisa kamu ikuti

IPB Adakan Pesta Sains Nasional 2019 dengan Hadiah Puluhan Juta RupiahDokumentasi PSN

Untuk mencakup berbagai macam bidang sains, Pesta Sains Nasional membawa sembilan cabang lomba yang dapat kamu ikuti sesuai passion-mu. Seluruhnya dapat diikuti oleh siswa-siswi SMA dan sederajat. Berikut daftar perlombaan yang tersedia:

  • Kompetisi Statistika Junior; 
  • Meteorologi Interaktif;
  • Lomba Cepat Tepat Biologi;
  • Chemistry Challenge;
  • Matematika Ria;
  • Computer Problem Solving Competition;
  • Kompetisi Fisika;
  • Lomba Karya Ilmiah Populer (ilmu biokimia);
  • STEM Young Researchers Awardes.

3. Pesta Sains Nasional akan menghadirkan pembicara yang berkompeten

IPB Adakan Pesta Sains Nasional 2019 dengan Hadiah Puluhan Juta RupiahDokumentasi PSN

Seminar dan talk show Pesta Sains Nasional akan diisi oleh pembicara yang andal dan kredibel di bidangnya. Tahun ini PSN mengundang Rivandi Anjas (UX Designer Bukalapak), Dedi Dwitagama (Trainer and Motivator Education), dan Namin AB Ibnu Solihin (Motivator Pendidikan). Selain itu, acara juga akan diisi oleh proyek READI (Risk Management, Economic Sustainability and Actuarial Science Development in Indonesia).

Baca Juga: 7 Ilmuwan Muslim yang Berpengaruh di Dunia Sains

4. Keuntungan mengikuti Pesta Sains Nasional

IPB Adakan Pesta Sains Nasional 2019 dengan Hadiah Puluhan Juta RupiahDokumentasi PSN

Akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi peserta PSN. Kamu akan dihadapkan dengan lawan-lawan tangguh untuk merebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. Selain itu, setiap peserta juga akan mendapatkan sertifikat penghargaan, soal lomba,  dan kesempatan mengikuti training di bidang sains. 

Dalam bidang akomodasi, setiap peserta akan mendapatkan makan siang dan snack untuk dua hari, transportasi, goodie bag, ID card, dan seminar kit. Kamu juga bisa membawa guru pendamping dengan biaya tambahan sebesar Rp50 ribu.

5. Cara menjadi peserta Pesta Sains Nasional

IPB Adakan Pesta Sains Nasional 2019 dengan Hadiah Puluhan Juta RupiahDokumentasi PSN

Pendaftaran PSN dibuka secara online dari tanggal 12 hingga 27 Agustus 2019. Setelahnya untuk setiap lomba, peserta harus membayar biaya Rp185 ribu per orang. Periode pembayaran berlangsung hingga tanggal 22 September 2019. 

Masing-masing lomba memiliki ketentuannya masing-masing. Kamu bisa melihatnya di website resmi Pesta Sains Nasional IPB: pestasains.ipb.ac.id. Di sana tersedia informasi seputar ketentuan tim, buku panduan, template lomba, dan bank soal. 

Tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan dirimu di ajang sains tingkat nasional ini, kamu berkesempatan untuk meraih hadiah sebesar puluhan juta rupiah lho! 

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Belajar Sains dan Matematika, Lebih Efektif

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You