Comscore Tracker

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!

Anjing sering melakukan hal yang sulit untuk dipahami

Menggonggong, menjilat-jilat, dan mengibaskan ekor. Itulah cara anjing untuk berkomunikasi dengan sesamanya dan manusia. Namun, sulit untuk memahami hewan peliharaan tersebut karena kita tak tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Sebenarnya kita tidak harus memahami semua yang mereka lakukan karena sebagian besar perilaku anjing hanya berdasarkan insting, tanpa alasan yang jelas. Namun untuk mengatasi rasa penasaranmu, berikut ini ada penjelasan mengenai tingkah anjing yang perlu kamu ingat. Yuk simak!

1. Kenapa anjing suka menjilat wajah manusia?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!bookmypainting.com

Ada beberapa kemungkinan kenapa anjing memiliki kebiasaan menjilat, terutama kepada majikannya. Pertama, mereka melakukannya karena kebiasaan tersebut sudah dimulai sejak kecil. Anak anjing sering menjilat ibunya ketika mereka menginginkan makanan. Ketika mereka tumbuh dewasa, perilaku tersebut dapat berarti bahwa mereka ingin perhatian. 

Kemungkinan kedua, anjing suka menjilat karena itu adalah salah satu cara untuk menghilangkan stres, menurut laman All Things Dogs. Ternyata di setiap jilatan, anjing bisa mengeluarkan hormon endorfin yang akan membantu mereka merasa senang dan tenang. 

2. Lalu, apakah mulut anjing kita bersih?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!amazonaws.com

Ada sebuah rumor yang mengatakan bahwa anjing memiliki mulut yang bersih, bahkan mengalahkan manusia. Namun ternyata pernyataan tersebut tidak benar. Penelitian dari The Harvard Gazette mengatakan bahwa sebenarnya mulut anjing menyimpan setidaknya 600 jenis bakteri yang berbeda. 

Untungnya, jika kondisi hewan tersebut baik-baik saja, tidak akan ada bakteri yang membahayakan kita. Mereka hanya akan berpengaruh ke sesama anjing. Misalnya, ada bakteri Porphyromonas yang menyebabkan gangguan gigi dan mulut.

3. Benarkah anjing mengibaskan ekornya ketika senang?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!dogocean.com

Karena anjing tidak bisa berkomunikasi secara verbal, mereka mengungkapkan perasaan melalui simbol-simbol nonverbal tertentu. Salah satunya adalah dengan mengibaskan ekornya.

Menurut Psychology Today, kibasan ekor memiliki arti yang sama dengan senyuman pada manusia. Mereka juga melakukannya sebagai tanda sapaan kepada mereka yang ia sayangi. 

4. Apakah anjing juga bisa kidal?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!hanniko.com

Seperti manusia, anjing juga memiliki tangan yang lebih sering mereka gunakan. Studi dari University of Manchester pada 2006 mengatakan bahwa banyak anjing yang kidal dan normal memiliki perbandingan yang sama, yaitu 50:50. Untuk mengetahuinya sendiri, coba amati tangan mana yang lebih banyak digunakan ketika mengambil barang dan menggaruk tubuhnya. 

Baca Juga: Inilah 7 Spesies Anjing Paling Kuat dan Tangguh, Tertarik Memelihara?

5. Apakah pit bull itu berbahaya?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!americanbullydaily.com

Memiliki wajah yang seram dan tubuh yang besar memang membuat pit bull terlihat sangat mengancam. Namun apakah benar bahwa anjing ini berbahaya?

Sebenarnya menurut American Kennel Club, jenis anjing tersebut tidak lebih berbahaya daripada anjing besar lain, seperti shepherd, rotweiler, dan pinscher. Bahkan sebenarnya di awal abad ke-20, pit bull adalah peliharaan favorit di Amerika Serikat.

Namun memang benar bahwa anjing ini bisa menjadi agresif ketika merasa terancam. Jadi untuk kamu yang ingin memeliharanya, pastikan pit bull sudah jinak dan nyaman berada di sekitar manusia. 

6. Seberapa kuat indera penciuman anjing?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!amazonaws.com

Dilansir dari NOVA, penciuman anjing 10 ribu hingga 100 ribu kali lebih tajam daripada manusia. Ini karena mereka memiliki 300 juta reseptor olfaktori yang dapat mengidentifikasi bau benda yang jauh sekalipun.

“Jika kita menganalogikannya sebagai penglihatan, manusia dapat melihat hanya empat kilometer, sedangkan anjing dapat melihat lebih dari 4.000 kilometer dan dengan sangat jelas,” kata James Walker, direktur dari Sensory Research Institute di Florida State University dilansir dari NOVA.

7. Kenapa hidung anjing selalu basah?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!kinstacdn.com

Banyak yang menganggap bahwa hidung yang basah adalah tanda bahwa kesehatan anjing sedang baik. Sebenarnya tidak selalu seperti itu, ungkap laman Canine Journal. Alasan utama dari hal ini adalah karena anjing mengeluarkan lendir dari hidung untuk membantu indra penciumannya. 

Selain itu, hewan tersebut juga mengeluarkan keringat melalui cakar dan hidungnya untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Jadi, hidung yang basah sering kali terjadi ketika lingkungan sekitar sedang panas.

8. Apakah anjing bisa merasa cemburu?

Ini Jawaban 8 Pertanyaan Umum tentang Perilaku Anjing, yuk Pahami!wagwalkingweb.com

Sebagai orang yang memelihara anjing, kamu tentu pernah merasakan saat-saat di mana mereka cemburu. Entah dengan peliharaanmu yang lain, sesama anjing, anak kecil, atau bahkan boneka. 

Ternyata memang benar bahwa hewan tersebut sering merasa cemburu, terutama ketika mereka merasa tidak diperhatikan. Studi dari PLOS One tahun 2014 mengatakan bahwa anjing akan kesal ketika kita mengabaikannya. Mereka meresponsnya dengan mendorong-dorong kita, menggonggong, dan naik ke pangkuan si pemilik.

Apakah semua pertanyaanmu sudah terjawab? Semoga dengan bekal ini, kamu bisa memahami anjing kesayanganmu dengan lebih baik ya!

Baca Juga: Gak Ribet, Ini 8 Ras Anjing yang Perawatannya Paling Murah Pt. 1

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You