Comscore Tracker

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!

Agar cupang tetap sehat dan gak gampang mati

Sejak awal pandemik hingga saat ini, cupang masih menjadi primadona di mata para pencinta ikan hias. Warnanya yang unik, perawatannya yang relatif mudah, dan tidak memakan banyak tempat menjadi beberapa alasan kenapa semakin banyak orang yang ingin memeliharanya. 

Sayangnya, tidak semua pemelihara cupang benar-benar memahami cara merawatnya. Akibatnya, mereka melakukan banyak kesalahan yang berujung pada hal yang tidak diinginkan seperti ikan menjadi sakit atau bahkan mati.

Oleh karena itu, kamu harus tahu kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh pemula saat memelihara cupang. Yuk, simak berikut ini!

1. Menaruh ikan cupang di akuarium yang terlalu kecil

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!petlifetoday.com

Tak sedikit orang yang memelihara cupang di dalam stoples kaca kecil nan sempit. Mereka beranggapan bahwa wadah itu cocok untuk cupang yang juga bertubuh mini. Akan tetapi ini adalah kesalahan besar. 

Ikan cupang memang terbiasa untuk hidup di sungai yang dangkal. Akan tetapi, ketika dipelihara di rumah, mereka membutuhkan area yang luas agar bisa bergerak bebas. Bukan hanya itu, menaruh cupang di akuarium kecil juga bisa meningkatkan risiko mereka keracunan kotorannya sendiri. 

2. Terlalu banyak memberi makan

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!buildyouraquarium.com

Cupang adalah ikan yang akan menghabiskan semua makanan yang disodorkan kepadanya. Hal ini sering membuat kita terpacu untuk memberinya lebih banyak lagi. Padahal terlalu banyak makan tidak baik untuk kesehatan cupang. 

Sebaiknya, cukup berikan makanan dua kali sehari. Kamu bisa memilih antara berbagai macam cacing, pelet, atau udang kecil. Porsinya tak perlu banyak-banyak agar ikan tidak obesitas.

3. Tidak memerhatikan suhu dan filter air di akuarium

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!inlandaquatics.com

Cupang sering kali dianggap tidak membutuhkan kondisi air dan akuarium yang spesifik. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, cupang hanya bisa hidup di suhu air yang cukup hangat, yaitu sekitar 25 hingga 27 derajat Celcius. Kamu harus memastikan air di akuariummu masih dalam rentang tersebut. 

Kedua, akuarium cupang juga sebaiknya dilengkapi dengan filter air. Ini penting untuk mencegah air beracun karena nitrogen, urine, dan kotoran cupang. Pastikan kamu memasang filter yang tidak menghasilkan gelombang besar karena cupang lebih suka air yang tenang. 

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Cupang Paling Mahal di Indonesia, Tembus Rp25 Juta!

4. Tidak mengisi akuarium dengan tumbuhan dan dekorasi

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!feedingthefamished.com

Ikan cupang juga menyukai dekorasi dan tumbuhan air, lho. Keduanya penting agar ikan tersebut memiliki area untuk bersembunyi. Namun pastikan kamu memilih dekorasi yang tidak tajam karena sirip cupang sangatlah rapuh. 

Penting untuk diketahui bahwa dekorasi dan tumbuhan menjadi barang wajib jika kamu memelihara cupang bersama dengan ikan hias lainnya. Sebab kedua ornamen itu akan mengurangi sifat teritorial cupang sehingga mereka tidak akan menyerang ikan lain. 

5. Tidak memeriksa kondisi cupang secara rutin

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!freepik.com/jcomp

Kamu tentu ingin cupangmu selalu dalam kondisi yang sehat, kan? Untuk itu, kamu harus memeriksa kondisi mereka secara rutin. Tanda cupang yang sehat adalah warnanya sisiknya cerah dan bening, sirip tidak terluka, halus, dan bisa bergerak dengan cepat. 

Kamu juga harus memerhatikan tanda-tanda stres pada cupang. Ketika itu terjadi, mereka akan kehilangan nafsu makan, tidak bersemangat, bersembunyi, dan bahkan mengalami perubahan warna.

6. Menempatkan cupang bersama ikan hias yang tidak cocok

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!fishtankmaster.com

Cupang sering dianggap tidak bisa hidup bersama ikan lain. Anggapan ini memang ada benarnya karena mereka sangat agresif dan teritorial. Jika  merasa terancam dengan ikan lain, akan terjadi pertumpahan darah di dalam akuariummu. 

Maka dari itu, penting untuk mengetahui jenis ikan hias apa saja yang cocok menjadi teman cupang. Berikut ini di antaranya:

  • Neon tetra;
  • Ikan rasbora;
  • Udang kecil;
  • Siput;
  • Ember tetra;
  • Catfish.

7. Tidak riset sebelum membeli ikan cupang

7 Kesalahan Pemula saat Memelihara Ikan Cupang, Pahami ya!nationalgeographic.com

Terdengar sepele, namun mayoritas pemelihara cupang pemula tidak melakukan riset mengenai ikan hias tersebut. Akibatnya, mereka memiliki pengetahuan tentang cara merawatnya. Padahal ini merupakan hal dasar yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk memelihara hewan apa pun. 

Itulah sejumlah kesalahan yang sering dibuat oleh pemula saat ingin memelihara ikan cupang. Pastikan kamu benar-benar riset dan mempersiapkan semua yang kamu butuhkan sebelum membelinya, ya. Dengan begitu, cupang akan tumbuh dengan sehat!

Baca Juga: Akur dan Damai, 7 Ikan Hias ini Bisa Hidup Bersama Ikan Cupang

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya