Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibu

Bisa tebak gak dimulai dari organ apa?

Dasar dari lahirnya manusia ke bumi ini cukup sederhana. Hanya memerlukan sperma, sel telur, dan rahim untuk ia tumbuh selama sembilan bulan dan sepuluh hari. Jika syarat-syarat tersebut terpenuhi, bayi pun mulai tumbuh setelah sel telur dibuahi.

Namun apa yang kamu ketahui mengenai pertumbuhan setelahnya? Apakah dimulai dari terbentuknya jantung, kepala, atau otak? 

Urutan perkembangan bagian tubuh manusia tidak selalu sama. Ini bergantung pada sel bagian mana yang berkembang lebih cepat daripada kawan-kawannya. Akan tetapi ada dasar pertumbuhan yang biasa terjadi pada sebagian besar manusia. Simak proses tersebut berikut ini.

1. Anus

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibustaticflickr.com

Mau percaya atau tidak, sains mengatakan bahwa organ yang tumbuh pertama di tubuhmu adalah anus. Dalam kurun waktu seminggu setelah pembuahan, fetus hanya berupa kumpulan sel yang bernama blastula. Ia kemudian terbuka dari dalam, ujungnya bertemu, dan membentuk anus.

2. Sistem saraf

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuwebmd.com

Perkembangan tubuh selanjutnya adalah pada sistem saraf, salah satu pembentuk tubuh yang paling penting. Setelah minggu pertama kehamilan, sel saraf akan terbentuk. Begitu pula dengan indra perabamu. 

3. Tulang belakang, plasenta, dan otak

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuframar.bg

Pada sekitar minggu ketiga hingga keenam, bentuk tubuh fetus akan mulai terbentuk. Pada awalnya, akan terbentuk beberapa lapisan sel yang bervariasi. Kemudian sebuah titik kecil yang tersambung pada garis seperti benang akan tumbuh. Itulah awal dari otak dan tulang belakang. Pada saat yang sama, plasenta, tempat tumbuhnya bayi juga terbentuk.

4. Jantung

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibujnsci.org

Yang menggerakkan sel untuk berkembang adalah DNA kita. Setelah enam minggu kehamilan, DNA akan memerintahkan jaringan untuk membentuk jantung. Pada saat itu, jantung kita akan terlihat seperti pusat tubuh yang berbentuk tabung kecil. Jaringan mulai bergerak dan memompa, membuat detak jantung.

5. Tangan dan kaki

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibucateringsingapore.club

Urutan berikutnya adalah tumbuhnya kaki dan tangan. Eits, jangan membayangkan tangan dan kaki kita yang seperti saat ini ya. Bentuknya masih abstrak, hanya seperti bulatan kecil. Pertumbuhan ini dimulai pada kehamilan usia lima hingga delapan bulan. Setelah lebih dari 10 minggu, barulah muncul tangan dan kaki yang sesungguhnya.

6. Wajah dan mata

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuhypnobirthing.com

Di tahap ini, sel tubuh secara perlahan membentuk fitur-fitur wajar yang masih kasar. Permukaan kepala akan membuka menjadi mulut, bagian hidung dan dahi juga mulai terbentuk. Setelahnya, dua titik gelap kecil mulai terlihat di bagian samping-samping kepala. Itu adalah awal dari pembentukan mata. Seiring pertumbuhan, kedua titik mendekat dan berada di bagian depan kepala.

7. Alat kelamin

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuwikimedia.org

Selama tujuh hingga delapan bulan, fetus tumbuh tanpa alat kelamin yang jelas. Pada dasarnya semua embrio adalah perempuan. Namun ketika kromosom X dan Y mulai bekerja, saat itulah alat kelamin tumbuh. Walaupun belum sempurna, dokter akan bisa mendeteksi jenis kelamin bayi di periode ini.

Baca Juga: 10 Aktivitas Bayi di Dalam Rahim Ibu, dari Bernapas Sampai Pipis

8. Gigi

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuframar.bg

Gigi? Bukankah gigi baru tumbuh setelah kita berumur satu hingga dua tahun? Memang benar, tetapi yang dimaksud di sini adalah cikal bakalnya. Pada usia kehamilan delapan hingga sembilan bulan, akan ada titik-titik kecil di dalam mulutmu. Itu adalah tempat tumbuhnya gigi. Namun saat itu, rahang dan tulang masih belum muncul

9. Tulang

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuhdnux.com

Dengan semua pertumbuhan yang ada, tubuhmu pun memerlukan sesuatu yang bisa menopang bentuknya. Saat itulah tulang-tulang pun tumbuh dan menguat. Anggota badan juga akan menjadi lebih panjang daripada sebelumnya. Dengan tumbuhnya kerangka, tubuh fetus pun semakin terlihat nyata pada usia 10 minggu kehamilan.

10. Kuku tangan dan kaki

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuwebmd.com

Setelah rangka dalam tubuh terbentuk, kuku di jari-jari pun mulai muncul. Pada awalnya mereka hanya berbentuk seperti jaringan tipis yang ada di ujung jari. Pada minggu ke-13 kuku akan semakin keras.

11. Otot tubuh

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Iburesearchgate.net

Di minggu ke-12 atau empat bulan kehamilan, fetus mulai bergerak-gerak di dalam perut ibunya. Ini karena otot mulai berkembang dan tersambung dengan sistem saraf. Itulah kenapa pada umumnya ibu baru akan merasakan tendangan dari si buah hati setelah empat bulan.

12. Organ dalam

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibutheconversation.com

Sebenarnya organ dalam sudah mulai berkembang setelah lima hingga enam minggu kehamilan. Mula-mula mereka tumbuh di luar tubuh, tetapi masih dilindungi oleh jaringan di atasnya. Usus, hati, lambung mulai muncul di usia tersebut. Hingga pada akhirnya, di minggu ke-14, organ tersebut akan tertata di sekitar dada dan perut.

13. Telinga

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibuembryology.med.unsw.edu.au

Di tahap ini organ mulai bekerja bersama dan fetus pun bisa melakukan gerakan sederhana. Misalnya menendang, menggerakkan otot wajah, dan bahkan mengisap jempol. Satu hal yang masih kurang adalah telinga bagian luar. Fetus memang sudah bisa mendengar, tetapi bentuk telinga baru muncul di usia 13 hingga 16 minggu. 

14. Sidik jari

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibunetdna-ssl.com

Ternyata sidik jari sudah terbentuk saat kita berada di dalam rahim ibu. Jari kaki dan tangan kita sudah terbentuk dengan sempurna di usia kehamilan 21 minggu. Untuk melengkapinya, akan muncul tekstur di permukaannya, itulah sidik jari.

15. Paru-paru

Menakjubkannya 15 Urutan Perkembangan Tubuh Manusia di Dalam Rahim Ibusonoworld.com

Sudah mendekati akhir dari tahap pertumbuhan. Paru-paru adalah organ terakhir yang berkembang dengan sempurna. Alasannya, organ tersebut sebenarnya tidak terlalu penting untuk fetus yang bernapas dalam cairan ketuban. 

Sel pembentuk paru-paru mulai memproduksi zat surfactant yang mampu memperbesar diri di minggu ke-23. Ini akan mempersiapkan fetus untuk menghadapi dunia luar.

Itulah perjalanan panjang pembentukan organ dan bagian tubuh pada fetus. Kita semua merasakannya, lho saat berada di dalam rahim ibu. Menakjubkan ya!

Baca Juga: 10 Fakta Ilmiah tentang Bayi Baru Lahir yang Jarang Diketahui

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You