Comscore Tracker

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!

Segera singkirkan dari mereka, ya...

Kucing memang suka melakukan berbagai hal aneh yang sering membuat kita bertanya-tanya. Salah satunya adalah ketika mereka secara spontan memakan rumput atau tanaman lain yang ada di rumah. Sebagian benar-benar menelannya sedangkan sebagian lain tertangkap memuntahkan tanaman itu beberapa saat kemudian. 

Ada beberapa penjelasan kenapa mereka melakukannya. Dilansir Sciencemag, kucing mungkin memakan tanaman untuk merangsang dirinya memuntahkan parasit dan gumpalan bulu di dalam perut. Sedangkan hipotesis lain mengatakan bahwa mereka melakukannya hanya karena bosan. 

Walaupun begitu, kebiasaan ini tidak selalu baik untuk kucing, lho. Sebab ada sebagian tumbuhan rumah yang ternyata beracun atau bahkan bisa membunuh mereka. Ingin tahu apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Daffodil dan tulip

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!Berbagai Sumber

Bunga tulip dan daffodil memang tampak indah jika ditaruh di dalam ruangan. Namun kelopak bunga kedua tanaman hias itu ternyata mengandung zat toksin yang bisa menyebabkan berbagai penyakit pada kucing. Di antaranya adalah iritasi perut, hilangnya nafsu makan, ngiler, depresi, kelainan jantung, hingga kejang-kejang. 

2. Pakis haji

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!shopify.com

Dilansir HowStuffWorks, semua bagian tumbuhan pakis haji beracun, terutama di bagian bijinya. Salah satu jenis pohon palem ini dapat menyebabkan efek yang serius pada kucing. Mulai dari muntah, diare, kejang, dan yang paling fatal adalah gagal hati. 

3. Lili

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!amazonaws.com

Jangan terkecoh dengan keindahan bunga lili. Semua jenisnya mulai dari tiger lily, asian lily, hingga casa blanca termasuk tanaman hias yang sangat beracun untuk kucing. Walaupun hanya satu gigitan, lili bisa menyebabkan gagal ginjal pada hewan peliharaanmu itu. Penyakit itu bisa membunuh kucing secara perlahan.

4. Aglonema

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!cloudinary.com

Aglonema adalah salah satu tanaman indoor yang banyak disukai karena daunnya yang lebar dan mudah untuk dirawat. Namun kamu sebaiknya menyingkirkannya jika ada kucing di rumah. Dilansir TipsPlants, aglonema mengandung calcium oxalates yang bisa menyebabkan radang pada lidah, tenggorokan, perut, hingga ginjal. 

5. Lidah buaya

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!almanac.com

Walaupun lidah buaya memiliki segudang khasiat untuk manusia, tumbuhan tersebut ternyata mengandung racun dalam tingkat ringan hingga sedang untuk kucing. Dilansir ABC, jika hewan peliharaanmu itu tak sengaja memakannya, mereka akan mengalami diare, kejang, perubahan warna urine, hingga muntah-muntah. 

6. Pakis asparagus

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!crocdn.co.uk

Tanaman hias berikutnya yang merupakan musuh dari kucing adalah pakis asparagus. American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA) mengatakan bahwa daun dan buah dari tumbuhan tersebut mengandung zat yang beracun untuk kucing. Gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah diare, muntah-muntah, hingga sakit perut.

7. Krisan

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!rhs.org.uk

Selain digunakan untuk menghias rumah, krisan juga sering dijadikan ekstrak untuk teh. Walaupun begitu, tanaman ini mengandung zat pyrethrins yang dapat menimbulkan sakit perut, muntah, dan diare. Selain itu, ASPCA menambahkan bahwa terkadang kucing bisa mengalami depresi dan kehilangan koordinasi setelah memakannya. 

Baca Juga: 13 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing, Jangan Kasih Ini ke Si 'Pus'!

8. Lili perdamaian (peace lily)

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!homedepot-static.com

Peace lily atau lili perdamaian mendatangkan banyak manfaat jika dipelihara sebagai tanaman indoor. Di antaranya mengurangi perkembangan jamur, membersihkan udara, serta meningkatkan kualitas tidur. 

Namun berguna untuk manusia bukan berarti baik untuk kucing. Nyatanya, tanaman hias ini dapat menimbulkan iritasi mulut, sulit menelan, muntah, dan rasa terbakar pada tenggorokan saat kucing memakannya. 

9. Amarilis

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!whiteflowerfarm.com

Amarilis adalah bunga berikutnya yang indah namun berbahaya untuk kucing. Dilansir Vets Now, sekujur tubuh tumbuhan ini, mulai dari batang, bunga, hingga daunnya mengandung toksin bernama phenanthridine alkaloids. Zat tersebut dapat memengaruhi tekanan darah dan menimbulkan kejang pada kucing. 

10. Lantana

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!wikimedia.org

Memiliki bunga kecil yang berwarna-warni, lantana tergolong tumbuhan gulma di Australia. Jika kucing tak sengaja memakannya, mereka akan mengalami diare, pembengkakan perut, depresi, hingga gagal hati. Bukan hanya itu, pada sebagian kasus keracunan lantana juga bisa menimbulkan kelumpuhan. 

11. Kaktus pensil

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!thespruce.com

Euphorbia tirucalli atau kaktus pensil adalah tanaman indoor yang sering digunakan sebagai penghias ruangan agar tampak estetik. Namun kamu sebaiknya menyingkirkan atau menjauhkan tanaman ini dari kucingmu. Pasalnya, batang kaktus pensil mengandung lateks beracun yang bisa menyebabkan kucing terkena kanker hingga kebutaan sementara. 

12. Lidah mertua atau Sansevieria tariffsciata

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!bibitbunga.com

Kucing sangat menyenangi tumbuhan yang tampak seperti ular ini. Mereka sering kali mengusap-usapkan tubuhnya pada daun lidah mertua yang menjulur ke atas.

Namun lagi-lagi, tanaman ini tidak ramah terhadap kucing. Dilansir Succulent City, saponin yang diproduksinya berpotensi menimbulkan reaksi alergi berupa gatal, ruam, penyakit kulit, dan diare pada kucing. 

13. Ganja

13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!britannica.com

Ganja mungkin tidak dipelihara di rumahmu, namun kamu harus tahu betapa fatalnya pengaruh tumbuhan ini terhadap hewan peliharaan. Kucing yang menghirup atau tak sengaja memakannya akan mengalami muntah, diare, kelainan detak jantung, hingga koma. Sebab tumbuhan dengan nama latin Cannabis sativa ini mampu menyerang sistem saraf pusat. 

Itulah sejumlah tanaman hias di rumah yang bisa membuat kucingmu keracunan. Jika kamu memilikinya, segera jauhkan dari jangkauan kucing atau singkirkan sepenuhnya, ya!

Baca Juga: 7 Benda di Rumahmu Ini Beracun untuk Kucing, Singkirkan!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya