Comscore Tracker

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!

Ledakannya bisa jutaan kali lipat bom atom Hiroshima

Sekitar 65 juta tahun yang lalu, "peradaban" dinosaurus musnah. Salah satu faktor penyebabnya diduga merupakan asteroid yang menghantam Bumi pada saat itu. Kawah-kawah yang ada di berbagai belahan dunia merupakan saksi bisu dari bencana yang begitu besar itu. 

Banyak orang yang tak ambil pusing akan potensi hantaman asteroid. Sebab hal ini terjadi jauh sebelum peradaban manusia terbentuk. Namun para peneliti memprediksi bahwa masih ada potensi hantaman asteroid berikutnya di masa depan.

Kira-kira apa yang akan terjadi pada kehidupan kita jika Bumi ditabrak oleh asteroid besar? Bisakah kita selamat? Berikut ini gambarannya menurut sains!

1. Salah satu asteroid terbesar di tata surya berdiameter 939 kilometer

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!bigthink.com

Asteroid, benda langit yang disebut sebagai planet minor ini memiliki besar dan berat yang beragam. Biasanya sebuah batuan langit bisa disebut asteroid jika mereka memiliki diameter minimal 1 meter. Sementara yang terbesar bisa mencapai 939 kilometer. Ialah Ceres yang berada di sabuk asteroid tata surya. 

Jika asteroid berukuran kecil memasuki atmosfer, dampak yang mereka berikan tidaklah besar. Sebab batuan tersebut akan terbakar di udara dan tampak seperti meteor dari Bumi. Namun bagaimana dengan asteroid yang berukuran besar?

2. Hantaman asteroid bisa menghasilkan ledakan seperti bom atom

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!cnn.com

Dilansir Ridddle, salah satu asteroid besar yang berada di dekat Bumi adalah 1997XF11. Ia berukuran sekitar 700 meter hingga 1,4 kilometer. Jaraknya pun tak jauh, yaitu sekitar 930 ribu kilometer dari planet kita. Banyak ilmuwan yang memprediksi bahwa asteroid ini akan melintas dekat pada tahun 2028 mendatang dengan kecepatan 48.300 kilometer per jam. 

Mari kita berandai-andai, apa yang sekiranya akan terjadi jika 1997XF11 menghantam Bumi? Ada beberapa skenario yang mungkin terjadi. Pertama, ketika asteroid tersebut terpecah berkeping-keping saat bergesekan dengan atmosfer. 

Jika hal ini yang terjadi, satu keping dari 1997XF11 diprediksi berukuran sekitar satu rumah (3-5 meter) saat mendarat di daratan. Dengan kecepatannya, puing asteroid ini bisa menghasilkan ledakan berkekuatan 20 kiloton. Ini setara dengan bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima pada 1945. 

Semua bangunan yang berada dalam radius 800 meter pasti akan hancur. Makhluk hidup yang ada di sekitarnya kemungkinan besar akan mati. Tak hanya itu, dilansir How Stuff Works, semua benda berbahan kayu dalam radius 2,4 kilometer juga akan hangus tak bersisa. 

3. Hantaman asteroid yang setara bom nuklir akan membuat satu wilayah menjadi kota mati

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!newscientist.com

Lalu bagaimana jika puing asteroid yang sampai ke Bumi lebih besar dari itu? Misalnya 60 meter atau lebih. Tentu kerusakan yang dihasilkan jauh lebih besar. Menurut laporan laman How Stuff Works, asteroid sebesar itu mampu menghasilkan ledakan berkekuatan 25 hingga 50 megaton. Ini setara dengan ledakan bom nuklir, lho. 

Seluruh wilayah yang terkena hantaman tersebut pasti akan hancur dan berubah menjadi kota mati seperti Chernobyl. Untungnya, tidak ada zat toksin yang dibawa oleh asteroid. Namun kerusakan akan sulit diperbaiki karena tekstur tanah tak lagi sama dengan sebelumnya. 

4. Jika asteroid yang jatuh berukuran 1 kilometer, ledakannya bisa 10 juta kali lipat bom atom

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!forbes.com

Sekarang kita sampai ke kemungkinan paling buruk, yaitu ketika asteroid tidak terpecah saat sampai di daratan. Benda langit berukuran kurang lebih 1 kilometer tersebut mampu menghasilkan ledakan yang mencapai 1 juta megaton. 

Ledakan 10 juta kali lebih kuat daripada bom atom tersebut mampu membumihanguskan wilayah hingga 300 kilometer dari titik radius. Jadi, jika asteroid jatuh di Jakarta, setidaknya seluruh wilayah Jawa Barat hingga sebagian Jawa Tengah hancur karenanya. 

Tak perlu tanya bagaimana nasib manusia. Jelas, kemungkinan besar seluruh makhluk hidup yang berada di radius tersebut mati atau terkena cedera berat akibat ledakan yang sungguh hebat. Bukan hanya itu, wilayah yang terkena hantaman asteroid juga akan menjadi kawah sehingga sulit untuk mengembalikannya ke kondisi semula. 

Baca Juga: Ngeri, 7 Gambaran Ilmiah Kondisi Bumi jika Matahari Mati

5. Tak menghancurkan dunia, namun dampaknya bisa dirasakan lintas negara

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!sciencemag.org

Walaupun tidak sampai menghancurkan seisi dunia, dampak dari jatuhnya asteroid cukup besar, lho. Debu yang ditimbulkannya bisa menutupi atmosfer sehingga langit di area sekitar dan negara tetangga menjadi gelap.

Angin yang ditimbulkan oleh ledakan juga bisa dirasakan oleh area yang berada di sekitar ledakan. Angin tersebut juga membawa debu, pecahan kaca, pasir, dan batuan yang berbahaya untuk pernapasan. 

Dilansir Reader's Digest, ancaman lain dari hantaman asteroid adalah radiasi termal yang berbahaya untuk manusia. Ini sempat terjadi di tahun 1908, ketika asteroid menabrak hutan di Siberia. 

6. Bagaimana jika asteroid jatuh di lautan?

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!nypost.com

Itu tadi kemungkinan yang akan terjadi jika asteroid jatuh di daratan. Lalu bagaimana jika benda langit tersebut jatuh tepat di lautan? Apakah kerusakan yang ditimbulkan seburuk sebelumnya?

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak, tergantung pada seberapa jauh letak ledakan dari permukiman manusia. Sebab saat asteroid jatuh di lautan, ia menghasilkan gelombang tinggi yang akan menimbulkan tsunami. Besar dari gelombang tersebut bergantung pada ukuran dan kecepatan asteroid. 

Bukan hanya itu, asteroid yang jatuh di lautan juga berpotensi melepaskan uap air yang masif ke atmosfer. Gas tersebut sama buruknya dengan karbon dioksida dalam merusak atmosfer.

7. Untungnya, kemungkinan Bumi dihantam asteroid cukup kecil

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!futurecdn.net

Memang benar bahwa jumlah asteroid di sekitar Bumi tidak terhitung. Namun menurut NASA, 90 persennya berukuran kecil, yaitu dengan diameter kurang dari 1 kilometer. Asteroid tersebut tidak akan memberikan dampak besar jika masuk ke wilayah atmosfer Bumi. Sebab mereka akan terbakar sebelum menyentuh daratan. 

Walaupun begitu, kamu tidak boleh menghiraukan 10 persen lainnya. Mereka berukuran cukup besar untuk menghantam dan mendarat di Bumi. Jadi kemungkinan terjadinya bencana karena benda langit tersebut masih ada dan sulit untuk diprediksi. 

8. Dengan teknologi baru, tabrakan asteroid dapat diidentifikasi atau bahkan dicegah

Jika Asteroid Menghantam Bumi, Bisakah Kita Selamat? Ini Gambarannya!b-cdn.net

Kabar baik berikutnya adalah kita hidup di saat teknologi sudah berkembang sangat pesat. Berbekal hal itu dan pengetahuan akan alam semesta, para ilmuwan dan organisasi yang menekuni antariksa secara rutin memindai area sekitar Bumi. Tujuannya adalah mengidentifikasi benda langit yang berpotensi menabrak planet kita. 

Saat ada asteroid yang mencurigakan, para ilmuwan akan memprediksi seberapa besar kerusakan yang akan disebabkannya, berapa waktu yang kita miliki, dan langkah mitigasi apa yang bisa dilakukan. Dengan mempersiapkan diri, kerusakan yang mungkin terjadi bisa diminimalkan. 

Opsi lain untuk mencegah tabrakan asteroid bisa dilakukan dengan mengalihkan arah gerak benda langit tersebut. Berikutnya, NASA juga bisa mengirimkan pesawat tanpa awak untuk menabraknya terlebih dahulu agar tidak sampai ke Bumi. Dua opsi terakhir adalah menembakkan sinar laser atau nuklir untuk menghancurkan asteroid. 

Baca Juga: Nasib Bumi jika Manusia Punah, Ini 7 Gambaran Ilmiahnya!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya