Comscore Tracker

Air Laut Meningkat, Bandara San Francisco Terancam Tenggelam

Peneliti juga menyebut beberapa daerah lain yang berpotensi tenggelam

Sebuah penelitian pada Jurnal Science Advances yang dirilis 7 Maret lalu menemukan, jika ketinggian air laut di San Francisco dan tepi pantai California meningkat tajam. Hal ini sebagai dampak dari perubahan iklim yang terjadi. Jika terus terjadi, sebagian besar tepi pantai dan daratan San Francisco termasuk bandara bakal tenggelam.

1. Level dataran ditemukan menurun sementara permukaan air laut meninggi

Air Laut Meningkat, Bandara San Francisco Terancam Tenggelamtriumphdining.com

Dilansir dari Live Science dan Quartz, Asistem Profesor Eksplorasi Bumi dan Ruang Angkasa di Arizona State University dan anggota NASA Sea Level Change, Manoochehr Shirzaei menyebutkan level dataran terus turun sementara permukaan air laut naik. Dengan begitu, air akan lebih jauh ke daratan. 

Shirzaei dan rekan-rekannya menganalisis pengukuran interferometik berbasis satelit dari ketinggian sejak tahun 2007 hingga 2011. Pengukuran ini dapat mengetahui dan mendeteksi secara tepat perubahan ketinggian air laut.

2. Berada di tepi Teluk San Franscisco, Bandara Internasional San Fransisco menjadi kawasan yang berisiko dan terancam tenggelam

Air Laut Meningkat, Bandara San Francisco Terancam Tenggelamisa.net

Tim menemukan sebagian besar area pantai tenggelam 2 mm per tahun. Daerah yang mengalami kenaikan air paling cepat adalah kawasan yang dibangun di atas tempat pembuangan akhir. Misalnya saja Treasure Island saat ini tenggelam sekitar 12 hingga 20 mm per tahun.

Area berisiko tinggi lainnya adalah San Francisco International Airport (SFO). Mengingat bandara ini dibangun di atas tempat pembuangan akhir. Sekitar 200 ribu penerbangan setiap tahunnya mendarat di landasan pacu yang bertengger di tepi perairan Teluk San Francisco.

Penelitian itu menyebutkan, pada tahun 2100, setengah dari landasan pacu akan berada di bawa air.

3. Sejumlah kota dan daerah lainnya juga diprediksi tenggelam pada tahun 2100

Air Laut Meningkat, Bandara San Francisco Terancam Tenggelamqz.com

Kota Foster yang terletak di pinggir kota antara San Francisco dan San Jose juga berisiko tinggi. Ini bukan studi pertama yang mengulas tentang risiko banjir akibat perubahan iklim.

Sebuah studi yang diterbitkan pada November 2017 di PLOS One menemuka sekitar 13 ribu situs arkeologi di AS termasuk permukiman Inggris tertua akan tenggelam pada 2100 karena perubahan iklim.

Line Ads

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You

I Want More !