Prediksi 5 Penyakit yang Banyak Diidap jika Manusia Hidup di Mars

Perbedaan lingkungan Bumi dan Mars jadi alasannya

Planet Mars pernah digadang-gadang sebagai planet hunian alternatif seandainya terjadi sesuatu yang gawat di Bumi. Terhitung hingga sekarang, para astronaut dunia sudah banyak mempelajari tentang karakteristik planet tersebut. Sayangnya, semakin lama hasil penelitian justru menunjukkan bahwa planet Mars belum siap untuk dihuni dalam waktu dekat.

Planet Mars memiliki perbedaan karakteristik suhu, kandungan mineral, air serta banyak faktor fisik lainnya. Apabila seseorang baru menginjakkan kaki ke planet seperti itu, tubuh mereka harus beradaptasi dengan cepat.

Kondisi lingkungan planet Mars yang ekstrem tersebut bisa saja menyebabkan berbagai penyakit. Berdasarkan teori-teori yang ada, lima penyakit ini bisa jadi dialami oleh manusia yang akan tinggal di Mars.

1. Hipotermia

Prediksi  5 Penyakit yang Banyak Diidap jika Manusia Hidup di Marsmimik wajah kedinginan (pexels.com/Pixabay)

Salah satu karakter planet Mars yang mencolok adalah suhunya yang cenderung lebih dingin. Dilansir Space, rata-rata suhu di planet Mars adalah -60 derajat Celsius. Suhu ini jauh lebih dingin dibandingkan Bumi.

Pada suhu yang cukup ekstrem, tidak aneh jika banyak manusia yang mengalami kedinginan ekstrem atau hipotermia. Seperti penjelasan studi yang dipublikasikan StatPearls di tahun 2022, hipotermia yang berat dapat menyebabkan gangguan metabolisme berbagai organ tubuh. Kemungkinan terburuknya, seseorang yang tidak mampu beradaptasi pada suhu dingin tersebut tidak akan bertahan hidup.

2. Dehidrasi

Prediksi  5 Penyakit yang Banyak Diidap jika Manusia Hidup di Marsilustrasi haus akibat dehidrasi (unsplash.com/Bit Cloud)

Tulisan yang diterbitkan Arizona State University menjelaskan keterbatasan cadangan air di planet Mars. Secara teori, planet Mars memiliki lapisan atmosfer yang lebih tipis. Akibatnya, proses penguapan air terjadi lebih cepat dan persediaan air dalam tanahnya cenderung lebih sedikit.

Hal ini bisa menjadi masalah, karena manusia membutuhkan air untuk bertahan hidup. Mengacu pada laporan Mayo Clinic di tahun 2020, manusia secara umum membutuhkan 3,7 liter air atau setara 6 botol air mineral besar per harinya. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan rasa lemas, pusing sampai menyebabkan kerusakan ginjal akut.