Comscore Tracker

Demi Perbaikan Ekosistem, Thailand Tutup Pantai Maya Bay Selama 4 Bulan

#SainSeru Salah satu cara agar ekositem yang rusak dapat kembali pulih!

Thailand adalah salah negara yang terletak di Asia Tenggara yang memiliki ragam wisata yang dikunjungi oleh jutaan wisatawan domestik maupun asing setiap tahunnya. Sayangnya peningkatan jumlah wisatawan juga telah berdampak pada kerusakan ekosistem bawah laut  di Thailand.

Salah satu tempat wisata yang mengalami kerusakan ekosistem di Thailand adalah Maya Bay. Dilansir dari weforum.org guna perbaikan ekosistem pemerinta berencana menutup Maya Bay selama 4 bulan.

1. Rencana penutupan Maya Bay

Demi Perbaikan Ekosistem, Thailand Tutup Pantai Maya Bay Selama 4 Bulanlivingnomads.com

Pemerintah Thailand berencana menutup Maya Bay selama 4 bulan yang dimulai ppada bulan Juni mendatang. Menurut Thon Thamrongnawasawat, seorang ahli kelautan asal Thailand mengungkapkan bahwa terkadang penutupan penuh adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat ekosistem dapat pulih kembali secara alami.

2. Kerusakan terumbu karang di Thailand

Demi Perbaikan Ekosistem, Thailand Tutup Pantai Maya Bay Selama 4 Bulanmakemytrip.com

Menurut Thon Thamrongnawasawat saat ini tercacat lebih dari tiga perempat terumbu karang di Thailand telah mengalami kerusakan. Kerusakan ekosistem terjadi akibat adanya kenaikan suhu laut akibat peningkatan jumlah wisatawan. Pemanasan suhu laut disebabkan oleh banyaknya kunjungan, peningkatan pembangunan hotel serta polusi dari kapal.

3. Pemerintah Thailand tidak takut pendapatan dari sektor parisawata berkurang

Demi Perbaikan Ekosistem, Thailand Tutup Pantai Maya Bay Selama 4 Bulantheguidethailand.com

Seperti yang kita tahu bahwasanya sektor pariwisata Thailand menyumbang pendapatan negara sebanyak 12%, meskipun begitu pemerintah Thailand tidak takut untuk melakukan penutupan pada beberapa tempat-tempat wisata di Thailand termasuk salah satunya adalah Maya Bay guna memperbaiki ekosistem yang mengalami kerusakan. Pemerintah Thailand juga berupaya membatasi kunjungan menjadi 6 juta pertahun bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan taman bawah laut.

Thon mengungkapkan pentingnya pariwisata bagi Thailand tapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana melestarikan alam untuk genereasi masa depan.

lia faiqotul muniroh Photo Verified Writer lia faiqotul muniroh

Kreatif, Inovatif, Mandiri, Menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya