Comscore Tracker

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Genius

Anak-anak berkebutuhan khusus biasanya lebih genius

Tanggal 2 April adalah hari kepedulian autisme sedunia. Bertepatan dengan itu, mari membahas hal spesial tentang autisme.

Autisme merupakan sebuah spektrum yang menggambarkan berbagai jenis gangguan pada perkembangan otak. Pada kebanyakan kasus, orang yang mengidap autisme biasanya memiliki kelebihan sendiri pada daya pikirnya, seperti pandai berhitung, dapat menciptakan karya seni yang hebat, dan memiliki IQ tinggi. Lalu, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Untuk mengetahuinya, IDN Times telah merangkum beberapa alasan mengapa orang pengidap autisme biasanya lebih genius. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Memiliki daya ingat yang baik dan jelas

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniussmartparenting.sg

Orang dengan pengidap autisme biasanya memiliki daya ingat yang sangat baik dan jelas. Bahkan, mereka bisa mengingat informasi atau kejadian lampau dengan sangat detail.

2. Lebih mengandalkan logika daripada emosi

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniusmindtoolsforkids.com

Daripada mengandalkan emosi, orang dengan autisme akan lebih memilih mempertimbangkan alasan-alasan yang logis dan objektif dalam mengambil keputusan. Hal ini diketahui juga dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh King's College di Inggris. Penelitian tersebut mengungkapkan jika orang yang berada dalam spektrum autisme cenderung lebih mengandalkan logika daripada emosi saat membuat keputusan.

3. Memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniussirlejuures.blogspot.com

Orang dengan autisme mampu menjaga fokus dan konsentrasi yang tinggi terhadap satu hal tertentu. Dengan demikian, biasanya orang dengan autisme biasanya akan sangat cepat menguasai materi yang baru dipelajarinya. Sayangnya, mereka kadang kesulitan membagi konsentrasi untuk banyak hal sekaligus.

Baca Juga: Have Heart, 10 Perasaan Orang Autis yang Mereka Harapkan Kamu Mengerti

4. Memerhatikan hal dengan sangat detail

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniusinfosalus.com

Salah satu alasan orang dengan autisme memiliki daya ingat yang tajam adalah besarnya perhatian mereka terhadap hal-hal yang sangat detail. Sehingga, hal ini juga dapat membuat mereka mencari solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

5. Memiliki kemampuan memahami pola dengan baik

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniusraisingchildren.net.au

Orang dengan autisme biasanya cenderung pandai dalam memainkan alat musik. Hal ini karena mereka memiliki kemampuan memahami pola dengan baik sehingga dapat menerapkan apa yang mereka lihat meski baru sekali dilihatnya.

6. Ingatan visual dan imajinasi yang luas

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniusohsu.edu

Selain pandai bermain alat musik, biasanya orang dengan autisme juga dikenal dari hasil karyanya berupa lukisan. Mereka yang pandai dalam melukis biasanya memiliki ingatan visual yang tajam dan disertai dengan imajinasi yang luas. Sehingga, meskipun mengidap autisme mereka juga dapat menjadi seniman yang handal.

7. Mampu menyerap banyak kosakata

Ternyata Inilah 7 Alasan Mengapa Orang dengan Autisme Biasanya Geniusqt.com.au

Meski diberikan kekurangan dalam hal fisik, biasanya orang dengan autisme juga diberikan kelebihan dari sisi psikis. Salah satu hal yang biasanya mereka miliki adalah kemampuan menyerap banyak kosakata. Kemampuan ini lah yang membuat orang dengan autisme memiliki kecerdasan lebih sehingga dapat mengerjakan soal sulit, berhitung, membaca, dan hal-hal lain yang biasanya sulit untuk dilakukan oleh orang seumurnya.

Dibalik kekurangan yang nampak, baik pengidap autisme atau orang dengan penyakit lainnya pasti memiliki kelebihan tersendiri. Hal ini lah yang membuat mereka unik dan berbeda dari orang normal. Meski begitu, kita semua akan tetap sama di mata Tuhan dan untuk itu, jangan pernah membedakannya.

Baca Juga: Ini 8 Fakta Mengagumkan Orang Autis, Kenapa Mereka Cenderung Genius?

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You