Comscore Tracker

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosial

Kecanduan terhadap media sosial juga bisa berakibat buruk...

Kemudahan yang didapat berkat media sosial memang telah banyak membantu dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, sangat sulit untuk menghindari media sosial, baik sebagai alat komunikasi, gaya hidup, atau sosialisasi.

Sayangnya, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat memicu munculnya gangguan jiwa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Narcissistic Personality Disorder (NPD)

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialspy.com

Narcissistic Personality Disorder atau kepribadian narsistik merupakan salah satu gangguan jiwa yang bisa timbul pada pengguna media sosial. Biasanya, orang yang mengidap gangguan ini cenderung mengagumi dirinya sendiri dan senang menyebarkan foto selfie, serta mengumbar kebahagiaan pribadinya. 

2. Body Dysmorphic Disorder (BDD)

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialpsycom.net

Body Dysmorphic Disorder merupakan gangguan di mana kamu akan merasa insecure, takut atau merasa tidak pede jika ada bagian tubuh yang tidak bagus dalam foto yang diunggah. Gangguan ini kebanyakan terjadi pada orang-orang yang sering melihat foto-foto public figure atau influencer dengan tubuh dan penampilan yang mereka inginkan. Selain itu, penderita gangguan ini akan berusaha untuk mewujudkan tubuh impiannya dengan melakukan operasi, perawatan wajah dan sebagainya.

3. Borderline Personality Disorder (BPD)

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialamenclinics.com

Borderline Personality Disorder atau gangguan kepribadian ambang biasanya dialami karena seseorang merasa tersisih dan khawatir setiap kali ia melihat suatu acara di media sosial teman-temannya yang berlangsung tanpa mengundang dirinya. Pada awalnya, gangguan tersebut hanya sebatas kesal dan kecewa. Namun, lama kelamaan gangguan tersebut akan berkembang menjadi perasaan ditolak oleh lingkungannya.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kita Ini Dapat Menjadi Indikasi Gangguan Kesehatan Mental

4. Social Media Anxiety Disorder

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialfemestella.com

Gangguan yang satu ini memiliki karakteristik yang seperti orang yang kecanduan. Sehingga, para penderitanya akan merasa tidak bisa lepas dari media sosialnya.

Mereka akan melakukan pengecekan berkala di mana pun. Orang dengan gangguan ini akan merasa resah dengan jumlah followers, likes, dan komentar-komentar yang muncul dalam unggahannya.

5. Munchausen Syndrome

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialwebmd.com

Gangguan jiwa akibat sosial media yang satu ini menggambarkan jika penderitanya sebagai orang yang hobi mengarang cerita tragis mengenai kehidupannya sendiri untuk mendapatkan perhatian orang lain. Mereka akan mengarang cerita apapun untuk mendapat perhatian di media sosial dan tidak peduli jika hal tersebut merupakan sebuah kebenaran atau bukan.

6. Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialwebmd.com

Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan gangguan berupa keinginan untuk terlihat sempurna setiap saat di media sosial. Orang dengan gangguan ini akan sangat memerhatikan citra dirinya dan berusaha sangat keras agar tidak terlihat jelek di mata para pengguna media sosial lainnya. Sehingga, kondisi tersebut menciptakan obsesi mengenai kesempurnaan diri di media sosial.

7. Compulsive Shopping

Waspadai, Ini 7 Gangguan Kejiwaan yang Mengancam Pengguna Media Sosialmoneycrashers.com

Berkembangnya pasar dunia digital membuat maraknya pertumbuhan bisnis online dan mengakibatkan seseorang akan sulit melepaskan diri dari kemudahan berbelanja tanpa harus keluar rumah. Kebiasaan berbelanja online ini akan menimbulkan perasaan puas karena dapat menemukan apapun yang dibutuhkan hanya melalui layar smartphone. Sayangnya, hal tersebut akan berkembang menjadi kebiasaan impulsif untuk membeli barang lain meski tidak dibutuhkan.

Pada dasarnya gangguan kejiwaan yang muncul akibat media sosial hanya dapat terjadi jika kamu menggunakannya secara berlebihan. Oleh karena itu, bijaklah menggunakan media sosial agar kamu tidak menderita salah satu gangguan di atas.

Baca Juga: 11 Hal yang Diinginkan Penderita Gangguan Bipolar untuk Kamu Ketahui

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You