Comscore Tracker

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuh

Di balik gestur rasa sayang ini ternyata ada banyak manfaat

Berpegangan tangan merupakan komunikasi non verbal yang diyakini paling efektif dalam menunjukkan rasa persahabatan, cinta kasih, peduli, dan simpati. Selain itu, ternyata berpegangan tangan memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh masyarakat. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhtelenews.pk

Menurut sebuah studi yang dilakukan Behavioral Medicine, berpegangan tangan dengan orang yang kita cintai dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena saat menggenggam jari orang yang disayangi, tubuh akan merespons dengan menciptakan rasa nyaman di hati. Kondisi ini lah yang membuat tekanan darah menurun.

2. Meredakan nyeri

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhcheatsheet.com

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal Psicological Science menemufan fakta bahwa berpegangan tangan memiliki manfaat fisiologis yang nyata. Sebab, menggenggam tangan pasangan akan memberikan efek anestesi, sehingga nyeri secara fisik akan berkurang.

3. Mengurangi stres

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhjmm-legal.com

Seorang psikolog di Universitas Virginia bernama Dr. James A. Coan mengungkapkan jika gestur yang terjadi saat berpegangan tangan dapat memengaruhi hormon stres yang biasa disebut kortisol. Saat sedang stres, efek gestur sederhana yang muncul tersebut dapat memberikan dukungan dan rasa nyaman, sehingga otak dan tubuh menjadi lebih rileks dan kadar stres akan menurun.

Baca Juga: Suka Dengar Suara ASMR? Ternyata Ini 5 Fakta & Manfaatnya

4. Memberikan rasa aman

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhpsychologytoday.com

Memegang tangan merupakan kegiatan sederhana yang bisa menjadi sumber kekuatan dan kenyamanan bagi anak-anak. Hal ini karena menggenggam tangan dapat menghilangkan rasa takut yang muncul, sehingga mereka akan lebih mudah menghadapi masalah yang sedang terjadi.

5. Meningkatkan ikatan cinta

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhwomansday.com

Saat menggenggam pasangan, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berperan penting untuk memperkuat empati dan komunikasi antar pasangan.

Hal ini terbukti menjadi faktor utama jika kamu ingin memiliki hubungan jangka panjang dan selalu merasakan kebahagiaan. Sebab, berpegangan tangan juga akan membuat ikatan yang terjalin semakin erat dan lebih harmonis.

6. Memberikan rasa nyaman

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhmasterfile.com

Berpegangan tangan saat kamu sedang berjalan berdua dan berbicara dengan pasangan akan memberikan sensasi perasaan nyaman. Sensasi itu pun tidak hanya terjadi pada diri kamu saja, karena pasangan kamu juga akan merasakan sensasi yang sama.

7. Meredakan masalah

7 Manfaat Berpegangan Tangan Secara Ilmiah yang Baik Bagi Tubuhlaineygossip.com

Pertengkaran rasanya bukan lagi hal yang asing saat kamu sedang menjalani sebuah hubungan. Sebab, sering kali hal-hal sepele menjadi bumbu dalam percintaan dan menciptakan permasalahan yang berujung pada pertengkaran.

Kalau sudah begitu, sebaiknya cobalah untuk menggenggam tangan pasanganmu. Sebab, cara ini bisa membuatnya lebih tenang karena rasa nyaman yang ditimbulkan.

Itu dia beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan ketika sedang berpegangan tangan, baik dengan pasangan ataupun teman. Nah, jangan sukar untuk menggenggam tangan pasanganmu atau temanmu di saat mereka sedang marah ya!

Baca Juga: Tidak Disangka, Inilah 7 Manfaat Air Laut yang Jarang Orang Ketahui

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya