Comscore Tracker

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggian

Pesawat jatuh bisa mengganggu fisiologis tubuh

Beberapa tahun belakangan ini jatuhnya pesawat menjadi sebuah fenomena yang sering terjadi dan mengakibatkan banyak orang kehilangan orang-orang yang dicintai. Namun, ada juga loh orang-orang yang selamat dalam kejadiaan naas tersebut. Mereka bisa menceritakan pengalaman yang mereka lalui di kejadian ngeri tersebut, meskipun ilmuwan juga sudah mendapatkan gambaran apa saja yang dirasakan para korban, termasuk yang tewas.

Lalu, kira-kira apa ya yang dirasakan orang-orang tersebut saat berada di pesawat yang sedang jatuh dari ketinggian? Berikut beberapa hal yang kemungkinan besar dirasakan mereka, walau tidak selalu semuanya.

1. Kehilangan kesadaran

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggianyoutube.com

Ketika pesawat mengalami turbulensi dan jatuh seketika, dalam keadaan masih terbang di ketinggian, maka hal tersebut akan membuat perubahan pada gaya gravitasi yang ada. Perubahan gravitasi yang cepat nyatanya dapat memengaruhi respon fisiologis tubuh.

Saat kejadian itu terjadi, aliran darah ke otak akan berkurang, sehingga oksigen menipis dan membuat seseorang kehilangan kesadarannya. Parahnya, jika perubahan drastis gaya gravitasi tersebut terjadi dalam waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan kematian. Fenomena ini disebut juga Induced Loss of Consciousness (GLOC).

2. Merasakan sesak napas

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggianmountelizabeth.com.sg

Pada saat pesawat jatuh, perubahan gaya gravitasi membuat kadar oksigen di pesawat menipis. Sehingga, seseorang akan susah untuk bernapas dan mengalami sesak karena tekanan paru-paru yang bekerja keras untuk memproduksi oksigen ke seluruh tubuh.

3. Menjadi kabur sampai hilangnya penglihatan

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggianhealth.harvard.edu

Terjadinya perubahan gaya gravitasi yang cepat juga berpengaruh pada penglihatan. Pasalnya, dilansir Aviationcv.com, gaya gravitasi yang berubah secara cepat memiliki efek berupa tunnel vision atau hilangnya penglihatan periferi seseorang.

Tanda-tanda seseorang mengalami efek ini ialah kaburnya pandangan sisi kanan dan kiri mata, yang menyebabkan berkurangnya jarak pandang.

Baca Juga: 7 Tahap Menyiksa yang Akan Tubuhmu Rasakan Ketika Meninggal Tenggelam

4. Mengalami buta warna tiba-tiba

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggianyoutube.com jacksepticeye

Selain kehilangan penglihatan periferi, perubahan gaya gravitasi secara cepat juga dapat membuat seseorang mengalami buta warna. Di mana penglihatan akan berubah menjadi abu-abu atau gelap sama sekali, karena menurunnya aliran darah ke otak. Kondisi ini dinamakan Gray Out dan Black Out.

5. Telinga berdengung dan sakit

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggianwdent.it

Sama hal nya dengan take off dan landing, pesawat yang mengalami turbulensi dan jatuh dari ketinggian memberikan dampak tekanan udara di bagian dalam kabin pesawat. Oleh karena itu, telinga akan berdengung bahkan merasa sakit akibat tekanan keras yang ditimbulkan.

6. Sakit kepala hebat

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggiandrcraigsinger.com

Pada saat pesawat jatuh dan mengalami perubahan gaya gravitasi, aliran darah akan meninggalkan otak dan berpindah ke arah kaki. Hal ini memicu timbulnya sakit kepala tak tertahankan, yang dapat menyebabkan seseorang pingsan.

7. Ketakutan mendalam

7 Hal Ngeri Ini Akan Kamu Rasakan Saat Pesawatmu Jatuh dari Ketinggiannewsx.com

Sebuah kejadian tragis yang dialami seseorang pastinya akan membuat dirinya ketakutan, bahkan trauma mendalam. Hal ini juga berlaku bagi orang yang tetap bertahan hidup saat pesawat yang ditumpanginya jatuh. Ia tidak akan berani untuk naik pesawat kembali, karena takut kejadian yang sama terulang lagi.

Nah, itu dia beberapa hal yang mungkin saja kamu rasakan jika berada dalam pesawat yang jatuh dari ketinggian. Tapi, jangan sampai betulan merasakannya ya.

Baca Juga: Menyakitkan, Ini 9 Tahap Ngeri yang Kamu Rasakan Saat Mati Kedinginan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You