Comscore Tracker

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Global

Ayo jaga bumi kita tercinta!

Pemanasan global merupakan masalah serius yang menghantui dunia selama 20 tahun terakhir.  Di Indonesia, salah satu indikasinya adalah Salju Abadi di Puncak Jaya yang terus mencair, dan menurut penelitian BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), melalui data model prakiraan suhu, tutupan es (gletser) di Puncak Jaya diperkirakan akan habis pada 2025 mendatang.

Pemanasan ini ditimbulkan oleh peningkatan signifikan kadar karbon dioksida/monoksida yang terjebak di atmosfer, dan melepaskan panas (efek rumah kaca atau greenhouse effect). Akibatnya, suhu global naik ke level yang berbahaya bagi kehidupan. Efek ’rumah kaca’ ini membuat suhu permukaan bumi naik dengan cepat, mencairkan gletser, meningkatkan level permukaan air laut, menimbulkan perubahan pola iklim dan perubahan cuaca yang tak terduga.

Lebih jauh, pemanasan global juga bertanggung jawab terhadap berbagai permasalahan pelik dunia, diantaranya:

  • meningkatnya polusi udara dan alergi polutan udara,
  • meningkatnya penyakit menular dan infeksi,
  • penurunan produksi pangan karena hama dan penyakit,
  • kekeringan dan kelaparan,
  • perpindahan populasi karena bencana alam, gagal panen, dan kekurangan air,
  • kehancuran infrastruktur kesehatan karena bencana alam,
  • meningkatnya konflik wilayah karena berebut sumber daya alam,
  • dampak langsung suhu panas dan dingin yang ekstrim (heatstroke, hyprothermia)

Meskipun berbagai upaya untuk mengurangi laju pemanasan global tengah gencar dilakukan pemerintah di berbagai negara maupun PBB, kamu secara pribadi bisa berperan juga lho! Bahkan, bila jutaan orang melakukan hal ini, dampak positifnya juga akan sangat besar.

Lalu, apa saja hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan? Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Gunakan transportasi umum atau berbagi tumpangan

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com

Jika ada teman kerja atau teman sekelas yang tinggal di area yang sama denganmu, dapat menggunakan strategi carpooling atau berbagi tumpangan mobil. Tentu saja, untuk membuat carpooling efektif, kamu harus memiliki kesamaan arah, waktu dan titik lokasi yang disepakati. Kamu hanya perlu bertanya jika mereka ingin menumpang dengan menentukan tarif yang disepakati. Ini tidak hanya akan mengurangi emisi karbon dioksida, tetapi juga menghemat uangmu.

Dari data yang ada, besar penghematan dengan menambah satu penumpang adalah sekitar 2-3 juta rupiah per tahun, jika  penumpang bertambah, maka akan lebih hemat lagi. Uang itu bisa ditabung, untuk servis, ganti oli, biaya bensin, dan lainnya. Luar biasa bukan? Selain itu, kamu juga dapat memaksimalkan penggunaan transportasi umum alih-alih menggunakan kendaraan pribadi.

2. Jalan kaki atau gunakan sepeda

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com/John-Mark Smith

Batasi penggunaan mobil dan sepeda motor hanya untuk menempuh jarak yang jauh, untuk jarak dekat kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Hal ini akan membatasi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer. Selain itu, melakukan servis kendaraan termasuk mengecek tekanan ban secara berkala juga akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sehingga mengurangi emisi karbon.

3. Minimalkan penggunaan peralatan yang mengandung CFC

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com/Bryan Schneider

Minimalkan penggunaan deodoran, hairspray, semprotan nyamuk, dan lainnya yang mengandung CFC (Chlorofluorocarbon), CFC yang lepas di atmosfer akan berkontribusi terhadap penipisan ozon, yang pada gilirannya menimbulkan efek paling merusak. CFC juga umum digunakan sebagai pendingin.

Kamu bisa memilih menggunakan deodoran atau kulkas yang bebas CFC. Selain itu, pastikan kamu mengganti filter AC atau pemanas air untuk menghemat listrik. Jika peralatanmu sudah usang, gantilah dengan peralatan hemat energi yang lebih baru.

4. Matikan perangkat elektronik saat tak dipakai

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com

Matikan lampu, kipas, AC, komputer, TV, dan semua alat elektronik saat tidak digunakan. Menggunakan lampu LED adalah cara cerdas untuk meningkatkan efisiensi energi. Apalagi harga lampu LED sekarang sudah terjangkau, pilihlah yang memiliki sensor cahaya sehingga bisa mati secara otomatis.

Beberapa jenis perangkat elektronik, seperti TV dan komputer, memiliki fitur standby (mode siaga) yang cenderung kita gunakan. Asal tahu saja, mode standby masih mengonsumsi sampai 40 persen dari energinya dalam waktu 20 jam. Karena itu, jika alat tak dipakai, adalah penting untuk menggunakan tombol on/off, dibanding memilih mode standby.

5. Gunakan tas kain untuk belanja

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com/bruce mars

Mari kita mengurangi jumlah sampah. Kamu bisa menggunakan tas kain yang bisa digunakan berkali-kali, bukan kantong kertas atau kantong plastik.

Menggunakan kertas atau plastik akan menambah limbah yang membutuhkan lebih banyak energi untuk mendaur ulangnya. Jika tidak dapat dihindari, setidaknya pastikan kamu menggunakan kantong plastik yang dapat didaur ulang.

Baca Juga: Ide Unik Para Ilmuwan Ini Bisa Menyelamatkan Bumi dari Pemanasan Global

6. Beli produk lokal

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com

Banyak produk di supermarket diimpor dari jarak yang sangat jauh, yang membutuhkan banyak energi. Dalam kebanyakan kasus, tersedia juga produk lokas sejenis yang berkualitas dan mungkin lebih murah, maka pilihlah produk ini. Dengan cara ini akan menghemat energi dan juga mendorong penggunaan produk lokal.

7. Beli sayuran segar

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com

Sebisa mungkin, belilah makanan segar dan organik, bukan makanan beku. Makanan beku membutuhkan energi 10 kali lebih banyak untuk diproduksi dan disimpan, sehingga turut menyumbang emisi karbon dioksida yang tinggi. Dengan demikian, hal ini membantu menghilangkan sejumlah besar karbon dioksida dari atmosfer.

8. Sumbangkan atau jual barang bekas

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com/mali maeder

Kamu dapat menyumbangkan atau menjual segala benda yang dapat didaur ulang, seperti: kaleng aluminium, koran, plastik daur ulang, gelas, atau apa saja ke pusat daur ulang (bank sampah) di dekatmu. Hal ini berkontribusi untuk  mengurangi energi yang dibutuhkan untuk menciptakan produk baru.  Pastikan kamu mengambil inisiatif untuk membantu lingkungan dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

9. Mengeringkan baju dengan menjemur

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com/Daniel Spase

Jika memungkinkan, kamu dapat mengeringkan dengan menjemurnya, alih-alih menggunakan mesin pengering. Banyak yang tidak menyadari bahwa mesin pengering baju mengkonsumsi banyak energi listrik, bahkan bisa mencapai sepertiga dari total penggunaan listrik serumah.

10. Menanam sebatang pohon

10 Hal Kecil Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hentikan Pemanasan Globalpexels.com

Mari kita coba setidaknya menanam satu pohon setiap tahun, mungkin saat hari ulang tahun adalah waktu yang tepat. Satu pohon dapat menyerap karbon dioksida dalam jumlah yang luar biasa semasa hidupnya. Kamu juga dapat memberikan tanaman atau pohon muda kepada teman atau kerabatmu pada hari ulang tahunnya untuk meningkatkan kesadaran.

Ini adalah beberapa hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menghentikan pemanasan global. Sudah saatnya kita menyadari pentingnya mengatasi masalah sensitif ini dan mengambil langkah nyata untuk mengatasi masalah pemanasan global. 

Bagi yang belum, mari kita coba lakuan hal-hal di atas sebisa kita, demi bumi tercinta !

Baca Juga: Duh, Pemanasan Global Telah Berdampak Pada Peningkatan Luas Gurun Sahara

Mohammad Yusuf Photo Verified Writer Mohammad Yusuf

Senang menulis tentang berbagai topik termasuk sains & teknologi, kedokteran, kesehatan global, dan biologi konservasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You