Comscore Tracker

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi Tenang

Melihat ikan berenang bikin stres berkurang

Tidaklah mengejutkan mengetahui bahwa ikan menjadi hewan peliharaan terpopuler ketiga setelah anjing dan kucing. Tampilannya yang cantik, warnanya yang menarik, dan cara berenangnya yang anggun di dalam akuarium atau kolam bisa menghipnotis banyak orang.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Pet Products Association (APPA), sebanyak 12,5 juta rumah tangga di Amerika Serikat (AS) memelihara ikan air tawar dan 2,5 juta memelihara ikan air asin. Di Indonesia, ikan air tawar juga banyak dipelihara karena perawatannya jauh lebih mudah.

Lantas, mengapa ikan menjadi hewan peliharaan yang populer? Dan apa keuntungan memelihara ikan bagi kita?

1. Menyenangkan untuk dilihat

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi TenangPexels/Chait Goli

Salah satu alasan paling umum mengapa orang memelihara ikan adalah karena tampilannya yang cantik. Contoh, ikan cupang yang akhir-akhir ini populer, memiliki sirip dan ekor panjang berwarna-warni.

Belum lagi, dekorasi di dalam akuarium seperti tanaman hias, bebatuan koral, miniatur bangunan, dan gemericik air yang syahdu. Semua perpaduan itu menghasilkan efek positif bagi psikologis kita.

Melansir dari Fishkeeping World, memelihara ikan mempromosikan perasaan tenang dan damai. Bahkan, kita mungkin tak sadar telah melihat ikan berenang kesana-kemari selama bermenit-menit atau berjam-jam.

2. Mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta memperbaiki kondisi seseorang yang memiliki Alzheimer

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi TenangUnsplash/Biljana Martinic

Bagaimana dari sisi medis? Ternyata, banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari memelihara ikan. Apa saja?

Mengutip dari Fishkeeping World, memelihara ikan bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah dan detak jantung, serta meningkatkan perilaku dan kebiasaan makan pada orang dengan Alzheimer.

Menurut dr. Schwartz, akuarium memiliki efek menenangkan yang serupa dengan suara ombak di laut, badai hujan, serta gemericik aliran sungai. Ia mengutip satu studi yang membuktikan bahwa akuarium bisa mengurangi tingkat kecemasan pasien hingga 12 persen.

Sedangkan, berdasarkan studi dari Plymouth University dan University of Exeter menunjukkan bahwa menonton ikan di akuarium dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Perasaan rileks itu muncul ketika kita mengamati ikan yang berenang.

Di sisi lain, ketika orang dengan Alzheimer terpapar akuarium berwarna cerah, mereka terbukti mengurangi perilaku mengganggu dan meningkatkan nafsu makan. Ini berdasarkan satu studi yang dilakukan di tahun 1990-an.

3. Tidak memakan banyak tempat alias hemat ruang

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi TenangPixabay/Dorigo

Ingin memelihara hewan tapi kamar atau rumah sempit? Pelihara ikan saja! Ukuran akuarium bergantung pada jenis ikan dan seberapa banyak jumlahnya.

Misalnya, akuarium berukuran 5 gallon (16 x 8 x 10 inci) cocok untuk memelihara ikan guppy atau ikan cupang. Sedangkan, ikan mas membutuhkan akuarium ukuran 20 gallon (24 x 13 x 17 inci) agar kehidupannya optimal.

Selain akuarium, pemilik juga membutuhkan lemari kecil atau kotak khusus untuk menyimpan keperluan ikan. Yang jelas, pilihlah akuarium yang layak dan jangan sesekali menempatkan ikan dalam mangkuk kecil.

4. Bisa jadi sarana belajar untuk anak-anak

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi Tenangpetage.com

Memelihara ikan memberikan pengalaman belajar yang luar biasa bagi anak-anak. Mereka akan belajar tentang cara bertanggung jawab, kasih sayang, dan bentuk peduli terhadap lingkungan.

Melansir Fishkeeping World, anak-anak juga akan belajar keterampilan berharga seperti cara memberi makan, merawat, dan membersihkan akuarium. Memelihara ikan akan memberikan suasana menyenangkan di rumah.

Selain itu, anak-anak juga akan belajar tentang kematian sebagai hal yang tak terhindarkan dari kehidupan. Anak-anak akan mengerti rasanya berduka dan kehilangan ketika ikan peliharaan mereka meninggal.

Baca Juga: Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulu

5. Tidak berisik atau mengeluarkan suara yang mengganggu

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi TenangPexels/FOX

Memelihara kucing dan anjing memang menyenangkan. Tetapi, mungkin kita akan terganggu saat anjing menggonggong di malam hari atau kucing mengeong keras untuk meminta makan saat kita tidur.

Dengan memelihara ikan, kita terbebas dari potensi kebisingan. Satu-satunya yang akan kita dengar hanya gemericik air dari kolam atau akuarium. Hidup menjadi lebih tenteram!

6. Lebih murah dan mudah dirawat

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi Tenangaquariumcoop.com

Bila dibandingkan dengan hewan lain, biaya memelihara ikan relatif lebih murah. Kita mungkin akan mengeluarkan modal yang besar di awal, seperti membeli akuarium, filter, tanaman, dekorasi, makanan, aksesori, dan ikan itu sendiri.

Tetapi, setelahnya tidak banyak biaya yang dikeluarkan, kecuali listrik dan air. Biaya memelihara ikan jauh lebih kecil daripada kucing dan anjing yang harus rutin divaksin atau disteril untuk mencegahnya beranak-pinak.

Selain itu, kita tidak perlu membeli alat mahal untuk menghibur ikan. Justru, ikan adalah sumber hiburan bagi kita.

Dan ikan tidak mengalami kecemasan saat ditinggalkan pemiliknya, sehingga memudahkan kita saat hendak berlibur. Asal kebutuhannya tercukupi dan lingkungannya tetap bersih, mereka akan terus hidup.

7. Sebagai hobi yang memuaskan hati

7 Alasan Kamu Perlu Pelihara Ikan, Bikin Hati Jadi Tenangnavigatedlearning.org

Setiap orang memiliki hobinya masing-masing. Hobi sah-sah saja untuk dilakukan asal tidak mengganggu orang lain atau melanggar hukum.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh APPA, sebanyak 34 persen rumah tangga yang memelihara ikan mengatakan bahwa ini merupakan hobi yang bermanfaat. Selain bisa menenteramkan hati, juga bisa mempercantik sudut ruangan atau sebagai bentuk gengsi.

Selain itu, sebagian orang sangat bangga dengan akuarium dan ikan-ikan yang ada di dalamnya. Bagi kolektor, tentu membahagiakan jika mereka berhasil memelihara atau membiakkan ikan tertentu.

Nah, itulah 7 alasan mengapa kita perlu memelihara ikan. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan?

Baca Juga: 7 Spesies Burung Mudah Dipelihara, Cocok untuk Pemula

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya