Comscore Tracker

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manja

Dalam sekejap, kalian akan jadi teman baik!

Ceritanya, kamu baru saja mengadopsi kucing baru. Tetapi, kucing itu lebih suka menyendiri dan bahkan mendesis galak kalau didekati! Sebagai pemilik, tentunya kita merasa sedih. Apa yang harus dilakukan?

Cobalah cara-cara berikut ini untuk mengakrabkan diri dengan kucing baru. Sekumpulan tip ini disarankan oleh Samantha Bell DiGenova, pakar perilaku kucing dari Best Friends Los Angeles. Let's get closer!

1. Pegang dan gendong kucing untuk menjalin ikatan dengan mereka

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjamymodernmet.com

Mengapa manusia tidak tahan untuk memeluk dan bermain dengan kucing? Ini karena mereka mengingatkan kita pada bayi manusia berkat mata besar dan parasnya yang menggemaskan. Samantha mengatakan di laman Bustle bahwa cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan kucing adalah dengan memperlakukannya seperti bayi.

Caranya ialah dengan memegang, menggendong, dan membiarkan kucing melihat wajah kita. Semakin sering kita menghabiskan waktu dengan kucing, mereka akan paham kalau mereka harus berinteraksi dengan orang lain. Ini akan membuat kucing bersikap lebih bersahabat dan senang bersosialisasi.

2. Perhatikan gestur dan bahasa tubuhnya

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjacats.lovetoknow.com

Sama seperti manusia, kucing juga bisa tidak mood. Apabila kucing tidak berminat untuk disentuh, dibelai, atau dipeluk, mereka akan mengomunikasikan lewat bahasa tubuhnya, ungkap Dr. Ryane E. Englar, asisten profesor dan koordinator pendidikan klinis di University of Kansas College of Veterinary Medicine.

Seperti apa ciri-ciri kucing yang sedang tidak mood? Menurut Dr. Ryane, ciri-cirinya ialah pupilnya membesar, telinga menjadi rata, dan ekornya bergerak-gerak secara agresif. Jika ini terjadi, berikan waktu pada mereka dan jangan memaksa. Sebab, bisa jadi kucing punya masa lalu yang traumatis dan penuh kekerasan, ujar laman Bustle.

3. Biarkan mereka bersembunyi dulu

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjacats.lovetoknow.com

Kucing baru akan menganggap rumah kita sebagai tempat asing. Oleh karena itu, jangan heran kalau kucing berusaha mencari tempat untuk bersembunyi. Tak perlu cemas, menurut Samantha, bersembunyi penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan kucing, ungkapnya di laman Bustle.

Mereka bisa bersembunyi di mana saja, mulai dari kolong kasur, kardus, hingga di bawah kursi atau meja. Ini membuat mereka merasa nyaman di rumah dan memperbesar peluang memiliki ikatan emosional dengan kita.

4. Berikan ruang bagi kucing dewasa yang baru diadopsi

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjamycatsupplystation.com

Jika kucing baru kita berusia di bawah empat bulan, kita pasti ingin bermain-main dan memeluknya sepanjang waktu. Tetapi, untuk kucing berusia di atas empat bulan, berilah mereka ruang untuk menyendiri, saran Samantha di laman Bustle.

Kucing terkadang menolak untuk dipeluk, tetapi mereka akan mendatangi kita saat mereka membutuhkan kasih sayang. Ini menunjukkan kalau mereka ingin berinteraksi. Sama seperti manusia, kucing juga butuh me time, lho!

5. Pastikan kucing memiliki rutinitas yang konsisten

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjacatster.com

Samantha menyarankan untuk memiliki rutinitas yang konsisten untuk membangun kepercayaan dengan kucing. Misalnya, memberi makan atau pergi tidur di jam yang sama setiap hari. Mengapa rutinitas penting untuk kucing?

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Ohio State University pada tahun 2011, menemukan bahwa kucing sehat akan berpura-pura sakit jika rutinitasnya terganggu. Ini penting untuk menjaga kesehatan sekaligus menjalin ikatan dengan kucing.

Baca Juga: Kucing 101: 7 Tanda Kucingmu Terkena Diabetes, Coba Periksa Sekarang!

6. Habiskan banyak waktu dengannya

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjaelitedaily.com

Apakah ada cara lain untuk menjalin ikatan emosional dengan kucing? Yep, habiskan banyak waktu bersamanya! Menurut The Human Society of Huron Valley (HSHV), jika kucing yang baru diadopsi sangat ketakutan, buatlah mereka terbiasa dengan kehadiran kita.

Misalnya, habiskan waktu di ruangan yang sama sembari melakukan aktivitas lain, seperti bernyanyi, berbicara, membaca dengan suara yang keras, atau mengerjakan tugas sekalipun. Lama-kelamaan, kucing akan terbiasa dengan kehadiran kita dan merasa aman.

7. Tak lupa, berikan makanan agar kucing menyukaimu

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjard.com

Cara termudah untuk mengakrabkan diri dengan kucing baru adalah dengan memberikannya makanan. Kamu bisa memberinya dry food agar praktis, tetapi wet food lebih disukai karena aromanya tajam dan rasanya lebih enak.

Jika kucing itu pemalu dan menghabiskan sebagian besar waktunya di kandang, berikan mereka makanan di mangkuk, lalu pergilah supaya mereka bisa menikmati makanannya dengan tenang. Lambat laun, kucing akan menyukai kita. It always works!

8. Gunakan mainan dan bersenang-senanglah!

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjatheactivetimes.com

Kucing masih memiliki insting sebagai predator walau mereka telah didomestikasi dan menjadi peliharaan rumahan. Gunakan mainan tongkat dengan tali dan bulu-bulu karena ini mengingatkan mereka dengan mangsanya di alam liar!

Menurut Samantha di laman Bustle, mainan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri kucing sekaligus membuat mereka menghabiskan waktu dengan kita. Tentu menyenangkan melihat mereka berusaha menggapai dan menerkam mainan ini, kan? Gemas!

9. Selalu penuhi kebutuhan mereka untuk membuatnya bahagia dan merasa aman

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjaromesentinel.com

Tidak semua kucing yang kita adopsi datang dalam keadaan fisik yang sempurna. Misalnya, ada kucing yang lumpuh atau tubuhnya dipenuhi jamur. Untuk membuatnya bahagia dan merasa aman, penuhi kebutuhan khusus mereka, ya!

Contohnya, berikan kursi roda khusus untuk kucing yang lumpuh, membawa ke dokter hewan jika kucing memiliki penyakit, atau memberi tangga kecil supaya kucing yang berusia tua bisa naik ke tempat tidur, saran Samantha.

10. Elus mereka untuk membuatnya nyaman

10 Cara Ampuh Mengakrabkan Diri ke Kucing Baru, Jadi Manjamentalfloss.com

Dan yang terakhir, jangan lupa membelai dan mengelus kucing. Ini adalah cara sederhana dan efektif untuk membangun ikatan dengan kucing, ujar Dr. Emily Swiniarski, direktur Veterinary Services for Tree House Humane Society.

Dr. Emily menyarankan untuk memberi usapan lembut, terutama di bagian atas kepala, pipi, dan dagu, dikutip dari laman Pet Coach. Tetapi, jangan memaksa untuk memegang atau merangkul kucing. Jika kucing menunjukkan keraguan atau penolakan, berhentilah dan biarkan dia menyendiri.

Nah, itulah 10 cara untuk mengakrabkan diri dengan kucing baru yang bisa dijajal. Coba dan buktikan sendiri, ya!

Baca Juga: Mengenal Feline Panleukopenia, Penyakit Ganas yang Menyerang Kucing

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya