Comscore Tracker

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumah

Kamu bisa mengusirnya tanpa membunuh, lho

Kita pasti ingin memiliki rumah yang bersih dan bebas dari binatang yang tak diharapkan, seperti nyamuk, kecoak, tikus, atau cicak. Rumah yang bebas hama tentunya lebih aman dan kita pun tidak perlu takut dikejutkan dengan kemunculan mereka secara tiba-tiba.

Jika kamu tak menginginkan adanya cicak di rumah, cobalah cara-cara di bawah ini untuk mengusirnya. Tenang, cara ini tidak melibatkan kekejaman, kok!

1. Enyahkan nyamuk dari rumahmu

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumahhomelyville.com

Kita tahu kalau nyamuk adalah makanan utama cicak. Jika nyamuk dilenyapkan, maka cicak otomatis akan pergi dengan sendirinya. Kamu bisa memakai obat nyamuk bakar, semprot, listrik, atau perangkap nyamuk elektrik.

Selain itu, rajinlah menguras bak kamar mandi, barangkali ada jentik-jentik di sana. Karena pasokan makanannya berkurang, cicak pun akan menghindar. Selain itu, cicak akan pergi karena tidak suka bau bahan kimia, jelas laman 99.co.

2. Periksa lemari di bawah bak cuci secara teratur

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumahfamilyhandyman.com

Kamu penasaran, di mana tempat cicak biasa menaruh telurnya? Ternyata, cicak suka bertelur di lemari di bawah bak cuci karena hangat dan lembap. Maka dari itu, kamu perlu memeriksanya secara teratur.

Usahakan untuk menjaga tempat ini agar tetap kering. Caranya adalah memakai koran untuk melapisi alasnya dan harus sering-sering diganti. Selain itu, segera benahi jika ada pipa yang bocor karena bisa jadi sumber air bagi cicak.

3. Taruh bawang putih di tempat yang banyak cicaknya

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari RumahIlustrasi bawang putih (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Ternyata, bukan hanya vampir yang benci bawang putih, tetapi cicak juga, lho! Potong satu siung bawang putih dan biarkan di tempat yang banyak cicaknya. Menurut laman 99.co, bau bawang putih yang menyengat akan mengusir cicak dari rumah kita.

Kamu tak perlu mengirisnya tipis-tipis seperti hendak dimasak. Yang penting, bawang putih itu harus dipotong agar aromanya keluar. Cara ini bisa ditempuh jika kamu tidak keberatan rumahmu menjadi bau, ya!

4. Usir dengan semprotan merica atau cabai

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumahfoxvalleyfoodie.com

Percayakah kamu kalau semprotan merica efektif untuk membasmi cicak? Caranya mudah, cukup encerkan merica bubuk dengan air, lalu semprotkan ke area di mana cicak biasa terlihat, saran laman Pest Killed.

Selain memakai merica bubuk, kamu bisa memakai saus pedas yang diencerkan dengan air. Tetapi, cara ini mungkin akan membuat dinding rumahmu kotor. Agar mata tidak perih, lindungi area mata dengan goggles atau face shield.

Baca Juga: Bukan Hanya Kecoak, 7 Serangga Ini Akan Membuatmu Merasa Geli Banget

5. Gunakan kamper atau kapur barus

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumahauburnpub.com

Kamu pasti familier dengan benda ini. Ini adalah naphthalene balls dan biasa disebut kamper atau kapur barus. Benda ini mengandung bahan kimia naftalena atau paradichlorobenzene yang bisa berubah menjadi gas (menguap) saat terkena udara, jelas laman Auburnpub.

Kamper atau kapur barus bisa mengusir serangga dan cicak. Tetapi, berhati-hatilah dalam menggunakannya jika punya anak kecil atau hewan peliharaan. Mereka bisa tak sengaja memakan atau menelannya dan mengakibatkan mual, muntah, serta keracunan.

6. Gunakan campuran kopi dan tembakau

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumahmkcfoodproducts.com

Apakah kamu punya bubuk kopi dan tembakau di rumah? Gunakan bahan sederhana ini untuk mengusir cicak! Dilansir laman Firstcry Parenting, caranya adalah mencampurnya, lalu membentuknya jadi bola-bola.

Lalu, tempatkan bola-bola ini di setiap sudut rumah, khususnya di tempat yang banyak dihinggapi cicak. Kamu juga bisa menggantungnya di langit-langit rumah. Cobalah dan buktikan keampuhannya!

7. Manfaatkan cangkang telur yang tak terpakai

7 Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Rumahwideopeneats.com

Jika kamu tak keberatan dengan bau amis, gunakan kulit atau cangkang telur untuk mengusir cicak. Cangkang telur memiliki bau menyengat yang bisa membuat cicak mual, jelas laman Firstcry Parenting.

Alhasil, cicak pun pergi dan menjauh berkat aroma cangkang telur. Disarankan untuk menyeka cangkang telur dengan tisu hingga kering lebih dulu agar tidak menjadi tempat bakteri berkembang biak. Bagaimanapun, kesehatan kita juga perlu dijaga!

Nah, itulah 7 cara mudah untuk mengusir cicak dari rumah tanpa membunuhnya. Menurutmu, cara mana yang paling efektif?

Baca Juga: 7 Penyakit Serius yang Disebarkan oleh Serangga, Jangan Sampai Lengah!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya