Comscore Tracker

Pesan Bill Gates pada Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim

Perlu komitmen untuk memerangi perubahan iklim

Baru saja, publik dikejutkan dengan perceraian pendiri Microsoft, Bill Gates, dengan istrinya, Melinda Gates. Mereka mengumumkan perceraian setelah mengarungi bahtera rumah tangga selama 27 tahun.

Terlepas dari masalah pribadinya, Bill Gates adalah sosok yang sangat concern terhadap isu perubahan iklim. Sebagai pembicara, ia menuangkan pemikirannya dalam Leaders Summit on Climate yang diadakan pada Jum'at (23/4/2021).

Diselenggarakan oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, para pemimpin dari seluruh dunia dipertemukan secara virtual untuk membicarakan tantangan dalam menghadapi perubahan iklim. Melansir dari Gates Notes, blog pribadinya, inilah gagasan Bill Gates terkait perubahan iklim!

1. Perlunya teknologi nol karbon yang terjangkau untuk menggantikan bahan bakar fosil

Pesan Bill Gates pada Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklimilustrasi pengisian daya mobil listrik (Unsplash/CHUTTERSNAP)

Bill Gates mengakui bahwa perubahan iklim adalah masalah yang kompleks. Hampir semua teknologi nol karbon saat ini lebih mahal daripada teknologi bahan bakar fosil.

Menurutnya, orang-orang di seluruh dunia membutuhkan green premium of zero, produk nol karbon baru yang terjangkau. Produk itu bisa didapatkan jika para pemimpin dunia berkomitmen membangun infrastruktur untuk transisi menuju ekonomi bersih.

Ada tiga hal yang dibutuhkan untuk mencapainya. Pertama, perlu mengembangkan dan menerapkan teknologi terobosan yang memungkinkan kita menghilangkan emisi.

"Kedua, perlu memanfaatkan kekuatan pasar untuk mendanai dan menerapkan inovasi ini. Misalnya, menemukan cara kreatif untuk membiayai teknologi sehingga bisa bersaing dengan bahan bakar fosil," ujar pria berusia 65 tahun ini.

Dan terakhir, pemerintah dan perusahaan perlu mengadopsi kebijakan yang membuat transisi lebih cepat dan lebih murah. Selain itu, para pemimpin perlu memberi penghargaan pada pihak yang berani mengambil langkah-langkah sulit.

2. Kerjasama internasional perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut

Pesan Bill Gates pada Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklimilustrasi jabat tangan kesepakatan (freepik/snowing)

Bagaimana cara mencapai ketiga hal tersebut? Menurut Bill Gates, kerja sama internasional menjadi penentu yang sangat penting. Contohnya adalah Mission Innovation di mana pemerintah bekerja sama untuk memperluas dan mengoordinasikan investasi dalam penelitian energi bersih.

Bill Gates juga menjalin mitra dalam program baru yang bernama Breakthrough Energy Catalyst. Program ini mengumpulkan dana dari pemerintah, perusahaan, dan filantropi untuk melakukan investasi modal besar yang diperlukan untuk menurunkan biaya teknologi yang muncul.

"Dengan mengambil langkah-langkah seperti ini untuk menciptakan struktur pembiayaan yang memungkinkan produk ramah lingkungan berhasil, kita dapat membangun industri dan perusahaan baru yang mendukung masyarakat di seluruh dunia sambil melakukan transisi ke ekonomi bersih," terangnya.

3. Dampak perubahan iklim yang sudah terjadi harus diatasi

Pesan Bill Gates pada Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklimilustrasi banjir sebagai dampak dari perubahan iklim (unsplash/Jonathan Ford)

Tak hanya fokus berinovasi untuk mencegah bencana di masa depan, kita juga harus mengatasi dampak perubahan iklim yang sudah terjadi. Seperti apa contohnya?

Melansir dari World Wildlife Fund, dampak perubahan iklim adalah naiknya permukaan laut, mencairnya gletser, kekeringan yang lebih sering dan intens, gelombang panas, suhu bumi meningkat, dan masih banyak lagi. Tak hanya berdampak pada manusia, tetapi hewan liar turut terkena imbasnya.

"Jika kita mengambil semua langkah ini bersama-sama, saya yakin kita dapat menghindari bencana iklim," tegas Bill Gates, mengakhiri pidatonya.

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu soal Perubahan Iklim Global!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya