Comscore Tracker

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat Alien

Objek ini bisa mengatur kecepatan dan arahnya sendiri, lho!

Alien merupakan salah satu teka-teki alam semesta yang masih belum menemui titik terangnya hingga saat ini. Banyak sekali teori hingga bukti yang menyebutkan bahwa Alien benar-benar ada di luar angkasa sana.

Pada tahun 2017, terdeteksi suatu objek asing yang melintasi tata surya. Objek ini disebut Oumuamua, benda antar bintang yang dicurigai sebagai pesawat Alien.

Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak fakta-faktanya di bawah ini!

1. Tidak mengorbit Matahari

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat AlienIlustrasi jalur Oumuamua (dok. Wikimedia/JPL Arizona)

Dilansir Sci News, Oumuamua pertama kali diamati pada Oktober 2017 oleh Robert Weryk di Haleakala Obsevatorium, Hawaii. Objek ini ditemukan pada lintasan hiperbola eksentrik dengan kecepatan yang mencapai 26 km per detik, berdasarkan hitungan dari Matahari.

Oumumua bergerak sangat cepat di arah yang berlawanan dari orbit planet tata surya, yakni masuk lalu keluar lagi. Berdasarkan data tersebut, bisa dipastikan objek asing ini bukan berasal dari tata surya karena tidak mengorbit Matahari.

2. Bisa mengatur kecepatan dan arahnya sendiri

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat AlienOumuamua diamati dengan infra red (dok. APOD NASA/Alan F.)

Oumuamua dicurigai sebagai pesawat alien karena dapat mengatur kecepatannya sendiri. Selain itu, objek ini juga bisa berganti arah layaknya memiliki seorang pengendali di dalamnya.

Namun, menurut sudut pandang lain, hal ini bisa saja terjadi karena kandungan hidrogen padat pada Oumuamua meledak sehingga membuatnya seakan-akan bisa mengatur kecepatan dan arahnya sendiri.

3. Sempat diklasifikasikan sebagai komet dan asteroid

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat AlienIlustrasi asteroid (dok. NASA/JPL-Caltech)

Pada pengamatan pertama, Oumuamua diklasifikasikan sebagai komet. Tetapi setelah ditilik lebih jauh, tidak teramati adanya jejak gas atau ekor komet ketika ia bergerak, sehingga ilmuwan memasukannya ke dalam kelompok asteroid.

Namun, statusnya sebagai asteroid masih diragukan oleh banyak ilmuwan. Bentuk Oumuamua yang diyakini memanjang menjadi alasan utama, karena sebagian besar asteroid mempunyai bentuk bulat dan melebar.

Baca Juga: 5 Tragedi yang Terjadi Jika Mega Asteroid  Berhasil Menghantam Bumi 

4. Tidak terdeteksi oleh teleskop Spitzer

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat AlienIlustrasi teleskop Spitzer (dok. NASA/JPL-Caltech)

NASA sempat melakukan pengamatan lebih jauh terhadap Oumuamua dengan menggunakan teleskop Spitzer, namun tak terdeteksi apapun. Padahal, Spitzer memiliki potensi untuk mengungkap dan memberi petunjuk penting terkait benda asing ini.

Seorang astronom dari Nothern Arizona University, David Triling, menjelaskan bahwa penyebab Oumuamua tak terdeteksi oleh Spitzer yaitu karena ukurannya yang terlalu kecil. 

5. Diduga bergerak menggunakan energi Matahari

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat AlienIlustrasi Oumuamua (dok. NASA/ESA/Hubble/ESO/M. Kornmesser)

Peneliti dari Harvard meyakini bahwa Oumuamua adalah pesawat Alien yang bergerak dengan menggunakan energi Matahari. Dalam laporan penelitian baru, batu besar yang ada pada objek ini diduga bertindak sebagai 'layar cahaya'. Dengan kata lain, Oumuamua adalah kapal cahaya yang dibuat oleh teknologi canggih Alien.

6. Asalnya tidak diketahui secara jelas

6 Fakta Oumuamua, Objek Antarbintang yang Diduga Pesawat AlienIlustrasi objek bergerak di luar angkasa (dok. NASA/JPL)

Para ilmuwan masih belum mendapat titik terang dari mana Oumuamua berasal. Objek ini hanya terlihat bergerak dari arah konstelasi Lyra menuju tata surya.

Selain itu, bentuknya pun masih menjadi tanda tanya besar. Oumuamua teramati sebagai titik cahaya putih di luar angkasa, hanya saja rotasinya yang unik membuat para ilmuwan percaya bahwa bentuk benda asing ini adalah lonjong.

Itulah beberapa fakta seputar Oumuamua, objek antarbintang yang diduga sebagai pesawat Alien. Sampai saat ini, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai objek tersebut. Apakah kalian percaya bahwa Oumuamua adalah pesawat Alien? 

 

Baca Juga: Inilah 7 Mitos Tentang Objek Langit yang Selalu Dianggap Benar

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya