Comscore Tracker

Peneliti Sebut 10 Lagu Ini Bikin Pendengarnya Lebih Bahagia, Terasa?

Paling gak, nomor 2 dan 4 bener sih!

Lagu gak sekedar bisa dinikmati saat lagi galau, tapi juga saat senang. Mood yang lagi baik ketika diiringi oleh lagu yang menyenangkan bisa bikin tambah semangat. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh ilmuwan lho. Ilmuwan dari University of Groningen, Dr. Jacob Jolij, berhasil membuktikannya.

Dilansir dari The Telegraph, Jolij diminta oleh perusahaan elektronik asal Inggris bernama Alba untuk menemukan formula yang menjadikan sebuah lagu bisa meningkatkan mood pendengarnya. Sebelumnya, perusahaan Alba telah melakukan survei terhadap pelanggannya di mana pelanggan diminta memberi tahu lagu yang bisa meningkatkan mood mereka. Kemudian dari daftar lagu tersebut, Jolij melakukan analisa dengan memanfaatkan teknik algoritma untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dari hasil penelitiannya, Jolij menemukan tiga faktor yang menentukan sebuah lagi menjadi lagu penyemangat. Diantaranya adalah kunci nada yang digunakan, tempo yang berada di level 150 ketukan per menit, dan tak lupa tema lirik yang dapat membangkitkan suasana. Ketiga faktor ini ketika digabung maka akan sukses membuat sebuah lagu menjadi lagu yang bikin senang.

Dengan menggabung hasil survei serta analisis tersebut, ini dia sepuluh lagu yang diyakini bisa bikin kamu yang mendengarnya jadi bahagia :

1. Queen – Don’t Stop Me Now

2. ABBA – Dancing Queen

3. The Beach Boys – Good Vibrations

4. Billie Joel – Uptown Girl

5. Survivor – Eye of the Tiger

Baca Juga: 10 Video Reaksi Kimia Ini Kayak Sihir. Berani Coba di Rumah?

6. The Monkees – I’m a Believer

7. Cyndi Lauper – Girls Just Wanna Have Fun

8. Bon Jovi – Living on a Prayer

9. Gloria Gaynor – I Will Survive

10. Katrina & The Waves – Walking on Sunshine

Karena surveinya dilakukan di wilayah Inggris, jadi wajar saja kalau mungkin kamu gak familiar dengan lagu-lagunya. Tapi bukan berarti kamu gak bisa menikmatinya lho. Coba dulu saja dengarkan, siapa tahu kamu bisa merasakan efeknya. Atau mungkin kamu punya lagu favorit versi kamu sendiri?

Baca Juga: Kata Psikolog: Jomblo Itu Baik untuk Kesehatan dan Bikin Bahagia!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You