Comscore Tracker

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Siapa yang Lebih Panjang Umur?

Semua orang pastinya ingin hidup sehat terus

"Wah, habis ini makan perdagingan!" — jangan senang dulu, tapi juga jangan kelewat cemas.

Umur yang panjang kerap dikaitkan dengan pola hidup yang sehat. Salah satunya adalah pola makan. Umumnya, banyak yang menerapkan keseimbangan proporsi asupan gizi, dengan menyeimbangkan konsumsi daging dan juga sayuran.

Namun, ada juga yang berani mengambil cara yang lebih ekstrem, yaitu dengan sama sekali gak mengonsumsi daging, dan bahkan ada juga yang sampai gak mau mengonsumsi produk-produk hewani seperti susu ataupun keju. Mereka yang menerapkan pola makan semacam ini dikenal sebagai vegetarian.

Pola makan vegetarian memang terkesan cukup menantang buat kita yang terbiasa mengonsumsi daging dan produk hewani. Meski begitu, manfaat yang diberikannya gak main-main, lho.

Apalagi berkenaan dengan hidup awet muda serta panjang umur, pola makan vegetarian digadang lebih efektif bikin panjang umur ketimbang pola makan biasa yang masih memasukkan produk hewan di dalamnya. Kok bisa? Baca lebih lengkap, ya.

1. Anggapan ini berhasil dibuktikan melalui sebuah studi yang dilakukan beberapa ilmuwan dari Massachusetts General Hospital

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Siapa yang Lebih Panjang Umur?thebreastcaresite.com

Dilansir Independent, penelitian ini dilakukan dengan memantau perkembangan kesehatan dan pola makan lebih dari 130 ribu warga Amerika Serikat selama 30 tahun. Dari hasil pengamatan tersebut, diketahui bahwa ternyata mereka yang menerapkan pola makan vegetarian memiliki potensi hidup lebih lama yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak menerapkannya.

Penemuan ini juga dibuktikan oleh penelitian lainnya dari Loma Linda University of California. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 silam, menunjukkan bahwa peluang kematian yang dimiliki para vegetarian lebih rendah 12 persen ketimbang para non-vegetarian.

2. Peluang vegetarian memiliki umur yang lebih panjang tak lain dikarenakan protein yang terkandung dalam sayuran lebih menyehatkan dari pada protein yang terkandung dalam produk hewani

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Siapa yang Lebih Panjang Umur?pexels.com

Hal ini tak lain karena selain protein, produk hewani juga kerap mengandung kolestrol dan lemak jenuh. Kedua kandungan tambahan ini juga diketahui berpotensi menyumbat pembuluh darah dalam tubuh.

Meningkatkan asupan protein dari produk hewani sebanyak 10 persen saja diketahui dapat meningkatkan risiko kematian sebanyak 2 persen. Makanya, gak heran kalau menggantikan asupan protein dari daging ke sayuran turut berdampak terhadap kesehatan dan berpengaruh mengurangi risiko kematian.

Baca Juga: 'Kecanduan' Makan Daging? Ini 5 Cara Ilmiah Mudah untuk Menguranginya!

3. Pengaruh pola makan vegetarian terhadap umur yang panjang juga diiringi berbagai manfaat lainnya bagi kesehatan

Pemakan Daging Vs Vegetarian, Siapa yang Lebih Panjang Umur?freepik.com/senivpetro

Potensi umur panjang dari menerapkan pola makan vegetarian tak lain karena adanya beragam sebab yang menjadikan pola makan ini baik untuk kesehatan. Dilansir TIME, berbagai faktor yang menjadikan pola makan vegetarian dapat membuat kita panjang umur antara lain karena dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi kemungkinan penyakit jantung hingga 32 persen, menurunkan risiko kanker, diabetes, juga obesitas.

Bahkan, pola makan ini juga diyakini dapat memperbaiki mood, karena diketahui melalui sebuah penelitian dari Benedictine University bahwa mereka yang menerapkan pola makan vegetarian mengalami perubahan mood ke arah yang lebih baik.

Pola makan vegetarian memang sepertinya masih belum begitu awam diterapkan oleh masyarakat kita, namun bukan berarti gak bisa kamu coba. Apalagi buat kamu yang mengalami masalah kesehatan atau mungkin hanya sekadar ingin menjalani gaya hidup yang sehat, gak ada salahnya untuk menjadi vegetarian, manfaat dan kelebihannya sendiri sudah terbukti lho.

Baca Juga: Bersiap Makan Enak Saat Iduladha, Ini 8 Cara Kurangi Kadar Kolesterol

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya