Wah, Astronom Temukan Planet Baru yang Penuh dengan Batu Intan Permata

Ada yang mau menambang ke sana?

Sepanjang peradaban modern, umat manusia telah menggali ke dalam perut Bumi untuk menemukan berbagai mineral berharga, seperti emas dan batu permata. Hanya saja, lokasi penggalian atau penambangan tersebut acap kali berada di lokasi-lokasi terpencil. Untuk menemukannya pun memerlukan biaya yang besar dan waktu yang relatif lama.

Namun, tidak demikian yang terjadi di planet lain. Para astronom dari Universitas Zurich dan Universitas Cambridge dilaporkan baru saja menemukan sebuah planet yang justru penuh dengan batu permata. Sejauh mata memandang, batu-batu berkilauan seperti rubi dan zamrud pun terhampar. Terdengar seperti planet-planet ala film-film Hollywood? Simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Planet HD219134b, begitulah objek antariksa ini dinamakan

Wah, Astronom Temukan Planet Baru yang Penuh dengan Batu Intan PermataThibaut Roger/University of Zurich

Media Inggris, Metro.co.uk (20/12) mewartakan, dalam laporan ilmiah para astronom yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, Oxford Academy, planet yang berkilau batu permata itu dinamai Planet HD219134b. Jaraknya dari Planet Bumi relatif cukup dekat yaitu 'hanya' 21 tahun cahaya.

Planet HD219134b ini diketahui mengorbit dengan jarak yang cukup dekat dengan bintang induknya. Dengan demikian, planet ini tidak atau belum mengembangkan inti mineral logamnya seperti Planet Bumi. Alih-alih begitu, Planet HD219134b ini kaya akan kalsium dan aluminium.