Comscore Tracker

Vitamin D Berlebihan Bahaya untuk Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Jika tertelan, bisa menyebabkan gagal ginjal

Vitamin D memang memiliki banyak manfaat pada manusia. Di antaranya untuk memperkuat tulang, menjaga imunitas, dan mencegah sejumlah penyakit. Akan tetapi, sayangnya hal ini tidak berlaku bagi kucing. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin D bisa menimbulkan keracunan hingga mengancam nyawa mereka.

Bagaimana kucing bisa keracunan vitamin D? Supaya lebih paham, yuk simak penjelasan ilmiahnya berikut ini!

1. Vitamin D sebagai sumber racun bagi kucing

Vitamin D Berlebihan Bahaya untuk Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya!ilustrasi suplemen (pexels.com/Castorly Stock)

Vitamin D adalah zat yang berperan untuk menyerap kalsium, yaitu mineral yang penting untuk kesehatan, terutama tulang. Ada dua jenis vitamin D, yaitu vitamin D2 atau ergocalciferol yang berasal dari tumbuhan dan vitamin D3 atau cholecalciferol yang berasal dari hewan.

MSD Vet Manual melansir bahwa vitamin D3 atau cholecalciferol banyak digunakan untuk suplemen makanan dan rodentisida atau bahan kimia untuk racun tikus. Konsumsi vitamin D3 dalam dosis tertentu dapat menimbulkan keracunan yang berisiko pada kematian.

2. Racun tikus adalah sumber keracunan vitamin D terbanyak

Vitamin D Berlebihan Bahaya untuk Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya!ilustrasi botol berisi racun (pexels.com/Davide Baraldi)

Pada kucing, keracunan vitamin D3 yang paling umum adalah ketika mereka menelan sesuatu yang mengandung rodentisida atau racun tikus. Selain itu, salep untuk kasus psoriasis yang mengandung zat tersebut juga dapat menjadi sumber keracunan.

Oleh karena itu, cat owner harus berhati-hati dalam menyimpan obat-obatan atau rodentisida di dalam rumah. Pastikan terhindar dari jangkauan kucing kesayangan.

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

3. Keracunan vitamin D dapat menyebabkan gagal ginjal

Vitamin D Berlebihan Bahaya untuk Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya!ilustrasi hewan kucing (unsplash.com/Fuu J)

Gejala keracunan vitamin D tidak spesifik. Kondisi yang muncul biasanya berupa muntah, diare, lebih banyak minum, sering kencing, sakit perut, nafsu makan turun, dan depresi. Gejala tersebut umumnya muncul 12 hingga 36 jam setelah kucing menelan vitamin D yang terlalu banyak.

Dilansir VCA Hospitals, fatalnya, vitamin D dosis tinggi dapat meningkatkan level kalsium dan fosfor di dalam tubuh kucing, sehingga menyebabkan gagal ginjal. Jika gejala bertambah parah, maka kucing akan mengalami kematian.

4. Terapi untuk keracunan vitamin D

Vitamin D Berlebihan Bahaya untuk Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya!ilustrasi kucing diperiksa oleh dokter hewan (pexels.com/Gustavo Fring)

Pada kasus keracunan vitamin D, terapi ditentukan oleh banyaknya vitamin D yang tertelan dan waktu kejadian. VCA Hospitals melaporkan bahwa terapi utama jika kejadian masih baru berupa dekontaminasi dan pemberian obat-obatan tertentu.

Jika cat owner mendapati kucing menelan sesuatu yang mengandung vitamin D, jangan tunda untuk segera membawanya ke dokter hewan terdekat. Penanganan yang cepat dan tepat dapat meningkatkan kesempatan untuk selamat.

5. Perlu waktu lama untuk sembuh dari keracunan vitamin D

Vitamin D Berlebihan Bahaya untuk Kucing, Ini Penjelasan Ilmiahnya!ilustrasi kucing bersama pemiliknya (pexels.com/RODNAE Productions)

Dilansir VCA Hospitals, masa penyembuhan setelah keracunan vitamin D bisa memakan waktu mingguan hingga bulanan. Cat owner harus mengetahui bahwa meskipun kucing bisa ditolong, tetapi risiko kerusakan ginjal masih dapat terjadi.

Oleh karena itu, diperlukan pengawasan yang ketat untuk memantau kondisi terkini kucing. Cat owner juga harus sabar dalam memberikan obat-obatan dan merawat kucing pasca keracunan.

Kewaspadaan harus selalu dimiliki oleh cat owner karena ternyata banyak benda yang berpotensi menjadi sumber racun bagi kucing kesayangan. Pastikan untuk selalu menjauhkan benda-benda tersebut dari kucing agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 6 Tips Bepergian Aman Bersama Kucing Kesayangan, agar Mereka Gak Stres

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya