Comscore Tracker

4 Ide yang Dianggap Konyol Ini Ternyata Bisa Menyelamatkan Kehidupan

Walau dipandang aneh, terbukti secara ilmiah kok

Pernah gak kamu mendengar ide-ide konyol untuk menyelamatkan dunia, seperti memindahkan seisi kota kesisi yang lain dengan mendorongnya. Ya, itu sih ide dari Patrick star pada salah satu episode Spongebob, cacing besar Alaska.

Ternyata gak cuma di film aja lho ide-ide konyol tersebut keluar, di kehidupan nyata ada nih berbagai ide yang tak kalah konyol yang ternyata bisa menyelamatkan dunia. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat di antaranya!

1. Mengisi gunung super volcano dengan air

4 Ide yang Dianggap Konyol Ini Ternyata Bisa Menyelamatkan Kehidupansciencealert.com

Meskipun kedengaran sangat konyol, Ide ini merupakan salah satu rencana ambisius dari NASA (National Aeronautics and Space Administration). Untuk mencegah terjadinya bencana letusan gunung berapi, para peneliti berencana memasukkan berton-ton air kedalam gunung berapi untuk mendinginkan gunung tersebut.

Air yang dimasukkan kedalam gunung tersebut akan menguap dan membuat gunung yang tadinya aktif menjadi lebih stabil. NASA memperkirakan dana yang harus dikeluarkan untuk proyek ini sebesar 3,46 milyar dollar, wow banget kan.

2. Mengubur emisi karbon ke dalam tanah

4 Ide yang Dianggap Konyol Ini Ternyata Bisa Menyelamatkan Kehidupansciencemag.org

Banyak bangetkan pabrik-pabrik yang menghasilkan emisi karbon (CO2) dari proses industri mereka. Daripada melepaskan emisi ini ke udara para ilmuwan punya ide yang cukup konyol lho dalam mengatasi masalah ini. Yup, mengapa tidak dikubur saja didalam tanah?

Para peneliti dari islandia melakukan sebuah percobaan untuk menginjeksikan emisi karbon yang dilarutkan dalam asam karbonat pada batu basalt, hasilnya sangat mengejutkan tidak sampai setahun emisi karbon yang diinjeksikan 95 persennya telah menjadi batuan juga, keren juga nih idenya.

Baca Juga: 10 Negara Paling Inovatif dari Segi Sains dan Inovasinya Tahun 2018!

3. Tempat pengumpulan sampah di tengah laut

4 Ide yang Dianggap Konyol Ini Ternyata Bisa Menyelamatkan Kehidupansciencemag.org

Emang bisa gitu ngumpulin sampah ditengah laut ? Bisa kok, Ide ini lahir dari Boyan Slat seorang inventor berumur 23 tahun. Idenya cukup sederhana kok, yaitu membuat lengkungan yang terbuka dan bergerak dititik arus balik dari lautan.

Ketika sampah dilautan masuk kedalam lengkungan maka diteruskan ke tangki penyimpanan sampah dan akan dijemput dengan kapal setelah tangki dalam keadaan penuh. Mimpinya ini ternyata mendapat dukungan dana dari TEDx sebesar 2,5 juta dollar lho. Jadi jangan langsung nge-judge ide orang lain deh.

4. Perisai pelindung ruang angkasa

4 Ide yang Dianggap Konyol Ini Ternyata Bisa Menyelamatkan Kehidupansofrep.com

Apa sih yang pertama kali kamu pikir waktu mendengar "Perisai Pelindung Ruang Angkasa" ? Ya, agak terdengar seperti ide gila tapi ini masih masuk akal untuk dibuat lho. Badai matahari dapat sangat berbahaya banget bagi kehidupan di bumi lho, sehingga para ilmuwan mengeluarkan ide untuk membangun sebuah perisai pelindung yang dapat menghindarkan bumi dari efek badai matahari. Ide ini diterbitkan dalam karya ilmiah Manasvi Lingam dan Avi Loeb dari pusat penelitian Astrofisika di Harvard.

Itulah empat ide yang sempat dianggap konyol oleh masyarakat sekitar dan netizen, tapi benar-benar bisa menyelamatkan kehidupan di dunia. Setidaknya mulai dari konsepnya dulu lah ya. Jadi, kalau kamu memang punya ide, tidak peduli seremeh apapun, ajukan saja jika kamu percaya itu benar-benar bisa bermanfaat.

Baca Juga: Inovatif, Remaja 18 Tahun Ini Ciptakan Sandal Anti-pemerkosaan

Reza Ermawan Photo Community Writer Reza Ermawan

Exhausted Engineer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You