Comscore Tracker

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Silica Gel? Ini 4 Faktanya

Jelas-jelas tertulis jangan dimakan!

Silica gel adalah suatu bahan pengering yang memiliki fungsi untuk mengumpulkan, menyerap dan menyimpan uap air. Kantung kecil ini bisa ditemukan dalam berbagai jenis produk untuk menjaga kualitasnya.

Pengiriman bisa menyebabkan berbagai kondisi dan perubahan suhu. Peningkatan kelembapan bisa merusak banyak produk secara permanen, sebelum mereka sampai ke tangan konsumen. Sebagai contoh, kalau sebotol vitamin mengandung uap air dan terkena udara dingin, uap yang mengalami kondensasi akan merusak vitamin.

Kamu akan menemukan paket silika gel kecil dalam produk apa pun yang bisa dipengaruhi oleh kelembaban atau kondensasi berlebih. Walaupun sudah tertulis jangan dimakan, apa yang akan terjadi pada tubuh ya kalau kita memakannya?

1. Silica gel memiliki fungsi utama untuk mengeringkan

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Silica Gel? Ini 4 Faktanyasquarespace.com

Silica gel bisa menyerap sekitar 40 persen dari beratnya di kelembapan dan bisa membawa kelembapan relatif dalam wadah tertutup menjadi sekitar 40 persen. Setelah gel sudah penuh, kamu bisa menghilangkan kelembaban di dalamnya dan menggunakan kembali gel silika dengan memanaskannya di atas 150 derajat Celsius.

2. Sebenarnya ia tidak berbahaya

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Silica Gel? Ini 4 Faktanyamy-greek-food.com

Gel silika sebenarnya hampir tidak berbahaya, dan itulah sebabnya kamu bisa menemukannya dalam produk makanan. Silika, sebenarnya adalah silikon dioksida (SiO2). Bentuk gelnya mengandung jutaan pori-pori kecil yang bisa menyerap dan menahan kelembapan. Pada dasarnya ia adalah sebuah pasir berpori-pori.

Baca Juga: Dari Risiko Kesehatan Hingga Alam, Ini 8 Bahaya Plastik Menurut Sains!

3. Meskipun begitu, kalau dikonsumsi akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi tubuh

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Silica Gel? Ini 4 Faktanyasmartmouth.com

Sementara isi dari paket silica gel pada dasarnya tidak berbahaya, saat dicoba untuk dikonsumsi ia akan memberikan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi mulutmu. Satu-satunya tugas dari benda kecil ini adalah untuk menyerap kelembaban.

Kalau kamu menuangkan sebungkus silica gel ke dalam mulutmu, ia akan menyerap seluruh uap air dari langit-langit mulut, gusi, lidah dan bahkan sela-sela gigimu. Ia akan memberikan arti sesungguhnya dari 'mulut kering'. Kalau kamu menelannya, kamu akan menderita beberapa efek samping seperti mata kering, rasa kering di tenggorokan, hidung dan kerongkongan yang kering hingga sakit perut.

4. Butuh banyak sekali silica gel untuk menyerap seluruh air dalam tubuh manusia

Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kamu Makan Silica Gel? Ini 4 Faktanyatheconversation.com

Kita misalkan saja seseorang dengan berat 60 kg. Kita tahu bahwa sekitar 70 persen dari tubuh manusia terdiri dari air - 70 persen dari 60 kg adalah 45.5 kg. Kita juga tahu kalau silica gel bisa menyerap 40 persen dari total beratnya dalam kelembapan. Jadi 10 kg silica gel diperlukan untuk menyerap 4 kg (4 liter) air.

Artinya, butuh 113.75 kg silica gel untuk menyerap 45.5 kg (liter) air dalam tubuh manusia. Karena satu kantung kecil silica gel berisi sekitar 0.002 kg, maka seseorang dengan berat 60 kg perlu memakan 56.875 kantung silica gel agar seluruh air dalam tubuhnya habis.

Meskipun terasa tidak berbahaya, namun apa yang sudah dianjurkan untuk tidak dikonsumsi lebih baik untuk tetap tidak dikonsumsi. Kamu tidak tahu reaksi apa yang akan ditunjukkan tubuhmu kalau kamu mencoba-coba memakan silica gel.

Baca Juga: 10 Efek Kesehatan Jangka Panjang yang Patut Diwaspadai Peminum Alkohol

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You