Comscore Tracker

5 Fakta Solein, Bahan Makanan yang Terbuat dari Udara, Air, Listrik

Apa manusia benar-benar harus berhenti makan daging?

Inovasi di dunia sains semakin menakjubkan yang kini datang dari sebuah perusahaan teknologi Solar Foods yang berbasis di Finlandia. Perusahaan Solar Foods menciptakan sebuah bahan makanan yang terbuat dari air, udara, dan listrik, lho. Bahan makanan ini disebut-sebut sebagai pengganti protein nabati atau hewani konvensional yang selama ini dikonsumsi manusia. Bahan ini disebut dengan nama solein.

Para pendiri Solar Foods berkeinginan solein dapat membawa perubahan bagi planet ini. Tidak hanya untuk kesehatan, solein diharapkan dapat mengurangi dampak karbon manusia yang besar dihasilkan oleh makanan. Kamu mungkin terheran-heran, bagaimana udara dan listrik dapat dimakan. Berikut lima fakta tentang solein.

1. Apa itu solein?

5 Fakta Solein, Bahan Makanan yang Terbuat dari Udara, Air, Listriksolein (solarfood.fi)

Solein adalah bahan makanan berbentuk bubuk yang terbuat dari fermentasi udara, air, dan listrik. Bahan makanan ini terbuat dari organisme sel tunggal alami yang tumbuh dalam proses fermentasi tersebut dan sama sekali tidak melalui modifikasi.

Solein diklaim sebagai protein paling alami di planet ini dan tidak menggunakan bahan tumbuhan atau hewani dalam pembuatannya. Solein juga diklaim dapat menggantikan asam amino esensial dan protein kedelai dan seluruh jenis protein yang ada.

2. Gizi yang terkandung

5 Fakta Solein, Bahan Makanan yang Terbuat dari Udara, Air, Listrikiluatrasi pasta yang terbuat dari solein (solein.com)

Hal penting dari sebuah makanan adalah kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Dilansir solein.com, bahan makanan solein sendiri mengandung 65-70 persen protein, 5-8 persen lemak, 10-15 persen serat makanan, dan 3-5 persen nutrisi mineral.

Solein juga mengandung sumber zat besi, serat, vitamin B, dan vitamin A yang juga mempengaruhi warna dari solein karena kandungan beta karotennya. Solein juga disebutkan mengandung sembilan asam amino essensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, lho.

Baca Juga: 13 Wujud Tanaman Bahan Makanan Sebelum Dipanen, Gak Nyangka!

3. Proses pembuatan solein

5 Fakta Solein, Bahan Makanan yang Terbuat dari Udara, Air, Listrikilustrasi pembuatan solein (newscientist.com)

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, solein terbuat dari organisme sel tunggal alami yang tumbuh dalam proses fermentasi. Dilansir solein.com, air dipisahkan dari udara dan listrik lalu membentuk hidrogen dan oksigen.

Sel-sel yang muncul akan diberikan makan CO2 yang terkandung dari udara, hidrogen, dan nutrisi mineral. Mikroorganisme kemudian membuat asam amino, karbohidrat, lemak, dan vitamin secara alami. Setelah waktu yang ditentukan, air akan dihilangkan dan dikeringkan menjadi bubuk halus.

4. Manfaat bagi lingkungan

5 Fakta Solein, Bahan Makanan yang Terbuat dari Udara, Air, Listrikilustrasi peternakan (pexels.com/MariaOrlova)

Seperti yang diketahui, produksi protein konvensional membutuhkan banyak sumber daya, seperti air, bahan kimia, pakan ternak, lahan, dan sebagainya. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi bumi dengan menggunakan sumber daya secara berlebihan.

Untuk memproduksi 1 kilogram daging sapi dibutuhkan sekitar 15 ribu liter air. Lalu untuk memproduksi 1 kilogram kedelai dibutuhkan 2.500 liter air. Sedangkan, untuk solein hanya dibutuhkan sepuluh liter air saja.

Belum limbah yang dihasilkan dari setiap produksi, dan emisi yang keluar serta mencemari bumi. Setiap peternakan atau pertanian akan menghasilkan gas rumah kaca yang mengakibatkan pemanasan global, seperti Metana, CO2, Nitro Oksida. Pantas saja, saat ini sudah banyak para aktivis lingkungan mengampanyekan untuk mengurangi makan daging terutama daging sapi dan domba.

5. Ramah bagi vegetarian atau non-vegetarian

5 Fakta Solein, Bahan Makanan yang Terbuat dari Udara, Air, Listrikilustrasi makanan vegetarian (solein.com)

Saat ini sudah banyak orang-orang yang beralih ke pola makan vegetarian, selain untuk kesehatan salah satu alasan utamanya adalah menjaga lingkungan. Solein pun diketahui sangat ramah bagi para vegetarian ataupun non vegetarian.

Solein tidak membatasi kalangan yang dapat menikmati makanan unik ini. Solein tidak memiliki rasa dan cocok dijadikan bahan berbagai macam makanan. Solein menjadi alternatif daging sapi bagi kamu yang ingin menambahkan protein selain daging.

Dunia sains memang tidak akan ada habisnya membuat inovasi. Diklaim dapat memperbaiki lingkungan Bumi, solein menjadi salah satu penemuan yang luar biasa. Apa pun yang diciptakan oleh seseorang sebagai penduduk Bumi, alangkah baiknya dapat disikapi dengan bijaksana.

Kesadaran untuk menjaga lingkungan memang harus ditanamkan dalam diri sejak dini. Ini supaya kita dapat terus melestarikan dan menjauhkan anak cucu dari pencemaran lingkungan yang ada. Jadi, kamu tertarik mencoba solein?

Baca Juga: 5 Fakta Little Albert Experiment, Percobaan Fobia Kejam

Ayu Ruswandi Photo Verified Writer Ayu Ruswandi

Mailrosemary1@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya