NASA Analisis Ulang Planet Berbatu yang Berpotensi Layak Huni

Perkiraan jumlah planet mirip Bumi semakin berkurang

Beraneka ragam planet yang sejauh ini ditemukan di seluruh galaksi Bima Sakti, berkisar antara planet dalam kategori Jupiter panas, raksasa gas, planet kecil berbatu dan planet misterius yang ukurannya lebih besar daripada Bumi namun lebih kecil daripada Neptunus.

Saat kita mempersiapkan diri untuk menambahkan lebih banyak lagi ribuan planet lainnya ke dalam katalog eksoplanet yang saat ini telah mencapai jumlah ribuan, upaya pencarian terus berlanjut untuk menemukan bukti kuat kehidupan di luar sana, melalui penemuan planet yang mirip dengan Bumi.

Seiring semakin canggih dan sensitif teleskop antariksa yang kita miliki, penemuan yang dihasilkan sejauh ini telah menginspirasi kegembiraan dan keingintahuan di kalangan ilmuwan dan masyarakat. Kita telah berhasil menemukan planet-planet dengan komposisi berbatu yang ukurannya tidak terlalu jauh berbeda dengan Bumi, dan berada di zona layak huni bintang induk yang memungkinkan keberadaan air dalam bentuk cair di permukaan planet.

Meskipun karakteristik ini tidak menjamin sebuah dunia yang layak huni, sebab kita memang belum bisa memastikan apakah planet-planet ini benar-benar memiliki lapisan atmosfer atau lautan, tetapi mereka dapat membantu mengarahkan kita ke arah yang benar. Teleskop antariksa masa depan akan dapat menganalisis cahaya dari beberapa planet ini, mampu mendeteksi kehadiran air atau campuran gas yang menyerupai lapisan atmosfer kita sendiri.

Sehingga kita akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang suhu di permukaan planet. Ketika kita terus meneliti segala faktor yang mempengaruhi habitabilitas, maka kita akan semakin dekat untuk menemukan sebuah dunia yang memiliki tanda-tanda kehidupan.

Di antara faktor terpenting yang dapat membentuk sebuah planet layak huni adalah sifat bintang induknya. Massa, ukuran, dan usia bintang menentukan jarak dan wilayah “zona layak huni”.

1. Pemetaan bintang di Galaksi Bima Sakti

NASA Analisis Ulang Planet Berbatu yang Berpotensi Layak Huniesa.int

Satelit Gaia milik Badan Antariksa Eropa (ESA), yang diluncurkan pada tahun 2013, menjadi salah satu satelit pembuat peta bintang terbesar dalam sejarah. Gaia bergantung pada seperangkat instrumen berpresisi tinggi untuk mengukur kecerahan, jarak, dan komposisi bintang. Tujuan misi Gaia yang paling ambisius adalah untuk membuat peta tiga dimensi galaksi Bima Sakti kita.

Grafik yang telah dihasilkan sejauh ini mencakup posisi sekitar 1,7 miliar bintang, dengan kisaran jarak mencapai 1,3 miliar tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Pemetaan bintang oleh Gaia telah mendorong penilaian ulang terhadap ukuran bintang untuk mengetahui apakah ukuran beberapa bintang kemungkinan lebih besar, lebih kecil, lebih redup atau lebih terang daripada yang diperkirakan oleh para ilmuwan sebelumnya. Penilaian ulang ternyata menemukan bahwa banyak bintang yang ditemukan lebih cerah, dan lebih besar, daripada perkiraan survei sebelumnya.

Bagi tim astronom yang mengelola lonjakan penemuan planet dari teleskop antariksa Kepler milik NASA, yang mulai beroperasi pada tahun 2009, perhitungan ulang tersebut juga berarti merevisi ukuran planet-planet yang mengorbit di sekitar mereka.

Jika sebuah bintang lebih terang daripada yang kita duga, maka secara umum ukurannya akan lebih besar. Planet yang mengorbit di sekitarnya, yang diukur secara proporsional melalui metode transit, seharusnya ukurannya juga menjadi lebih besar. Berarti beberapa planet yang ukuran dan suhunya dianggap mirip dengan Bumi, sebenarnya lebih besar, dan biasanya lebih panas.

Serangkaian data ilmiah terbaru dari satelit Gaia juga mendorong pengkajian ulang terhadap planet-planet menjanjikan yang berada di “zona layak huni” bintang induk, yang ditemukan oleh observatorium di seluruh dunia dan instrumen berbasis antariksa seperti Kepler yang dikelola NASA.

Seiring para ilmuwan memperoleh pemahaman dan definisi tentang apa yang kita anggap sebagai dunia yang berpotensi layak huni, data ilmiah yang lebih baik membawa kita lebih dekat untuk menemukan planet semacam itu, termasuk menemukan kembaran Bumi di antara mereka.