Mengejutkan, 7 Penemuan Fakta Hewan Paling Menarik di Tahun 2021

Fakta nomor berapa yang paling menarik bagimu?

Tahun 2021 merupakan salah satu tahun di mana semua makhluk hidup tengah bergumul dan berjuang menghadapi pandemik COVID-19 dan juga perubahan iklim ekstrem.

Meskipun di tengah kondisi yang sulit seperti saat ini, tetapi Bumi masih menjadi tempat yang luar biasa dan penuh dengan misteri. Terutama dalam dunia binatang saat ini.

Pada tahun 2021 ini sejumlah peneliti berhasil menemukan sejumlah penemuan dan juga fakta menarik tentang hewan yang sebelumnya tidak diketahui. Penasaran apa saja? Simak tujuh fakta menarik yang ditemukan tentang hewan pada tahun 2021 berikut ini.

1. Virgin births pada burung kondor

Mengejutkan, 7 Penemuan Fakta Hewan Paling Menarik di Tahun 2021ilustrasi burung kondor (pexels.com/David Selbert)

Burung Kondor California merupakan salah satu hewan yang hampir punah pada pertengahan abad ke-20 karena keracunan, perburuan liar, dan perusakan habitat. Dalam upaya untuk menyelamatkan spesies burung ini, sekitar 22 ekor burung kondor ditangkap dari alam liar pada tahun 1987 dan dibesarkan di penangkaran.

Para peneliti terus memantau perkembangan mereka dan pada bulan Oktober 2021, mereka menemukan bahwa dua burung betina telah melahirkan anak-anak tanpa adanya proses pembuahan. Ini adalah bukti pertama dari virgin births pada spesies ini atau yang juga dikenal sebagai partenogenesis. Hingga saat ini, para peneliti tidak mengetahui penyebab fenomena tersebut.

Namun, para peneliti optimis bahwa partenogenesis pada spesies burung ini dapat terus terjadi. Meskipun dapat berfungsi sebagai harapan kehidupan bagi spesies langka ini, tapi partenogenesis juga dapat memiliki kekurangan, yakni mengurangi keragaman genetik.

2. Ditemukannya reptil terkecil di dunia

Mengejutkan, 7 Penemuan Fakta Hewan Paling Menarik di Tahun 2021potret reptil terkecil di dunia (twitter.com/soapachu)

Pada bulan Februari 2021, para peneliti mengumumkan bahwa telah ditemukan spesies bunglon baru di hutan hujan Madagaskar utara yang diberi nama Brookesia nana. Spesies bunglon ini hanya berukuran sebesar biji bunga matahari. Tidak heran, jika bunglon ini menjadi reptil terkecil di bumi.

Menemukan reptil sekecil ini tentu menimbulkan pertanyaan menarik dan juga sekaligus menyoroti keanekaragaman hayati Madagaskar yang menakjubkan. Namun, ada berita yang kurang sedap mengenai spesies ini.

Para peneliti memprediksikan spesies bunglon ini akan segera terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena jumlahnya yang tidak banyak di alam liar.

3. Kloning musang berkaki hitam

Mengejutkan, 7 Penemuan Fakta Hewan Paling Menarik di Tahun 2021potret Elizabeth Anne, musang kloning (coloradosun.com)

Untuk menyelamatkan spesies musang berkaki hitam yang terancam punah, para ilmuwan telah berhasil mengkloning musang berkaki hitam menggunakan sel yang diawetkan dari hewan liar yang sudah lama mati. Ini adalah pertama kalinya spesies asli yang terancam punah dikloning di Amerika Serikat.

Musang hasil kloning tersebut kemudian diberi nama Elizabeth Anne. Pencapaian tersebut diumumkan pada bulan Februari tahun ini dan merupakan suatu kemajuan besar, karena hanya tersisa sekitar lima ratus musang berkaki hitam yang masih ada hingga saat ini.

Para peneliti berharap bahwa keturunan dari musang ini akan dapat diperkenalkan kembali ke alam liar di tahun-tahun mendatang dan menyuntikkan dosis keragaman genetik yang sangat dibutuhkan ke dalam populasi inbrida.