Comscore Tracker

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang "Kelihatan" Pintar

Berminat coba?

Semua orang pasti ingin menjadi orang yang pintar dan cerdas ... atau setidaknya terlihat seperti itu. Nyatanya, penampilan kita bisa mencerminkan isi otak kita lho. Bagaimana kita merepresentasikan diri kepada dunia, bisa mengubah persepsi orang akan kepintaran kita.

Nah, ingin terlihat pintar di mata orang lain? Secara sains, kamu bisa mencoba 7 trik ini.

1. Membuka mata lebar-lebar

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintarpixabay.com

Menurut Journal of Experimental Psychology, para peneliti mengatakan bahwa orang-orang dengan mata sayu cenderung dianggap bodoh karena selalu terlihat kelelahan dan kurang berjuang. Jadi, kalimat "buka matamu lebar-lebar" itu ternyata benar adanya ya.

2. Wajah lonjong

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintarkaboompics.com

Percaya atau tidak, sebuah studi yang dilakukan di Ceko menemukan bahwa fitur-fitur wajah seperti hidung yang panjang, pipi tirus dan bentuk wajah yang lonjong dikorelasikan otak manusia sebagai sosok yang pintar dan menarik. Ingin memiliki fitur wajah seperti ini? Salah satunya adalah dengan menurunkan berat badan ke angka yang ideal.

3. Mengenakan kacamata tebal

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintarpixabay.com

Zaman dahulu, pemakai kacamata tebal dianggap sebagai orang yang culun. Tapi, laporan The Wall Street Journal tahun 2011 menunjukkan bahwa orang asing melihat pemakai kacamata tebal sebagai orang yang lebih cerdas, ketimbang pemakai kacamata gagang tipis atau tidak berkacamata.

Baca Juga: Peneliti Buktikan: Kamu Adalah Orang yang Berbeda Saat Usia 14 dan 77 Tahun

4. Senyum lebar

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintaralana.io

Hampir sama dengan nomor 1, orang yang tidak ragu tersenyum lebar tersugesti punya tingkat kecerdasan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan efek penampilan secara kognitif yang lebih 'menyenangkan' bagi orang yang melihatnya.

5. Melihat langsung ke mata orang yang diajak bicara

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintarpixabay.com

Nora A. Murphy, profesor dari Loyola Marymount University Los Angeles telah melakukan serangkaian penelitian dan menemukan kesimpulan, "Salah satu faktor terkuat dan terakurat tanda-tanda orang pintar adalah dengan melihat langsung ke mata orang yang sedang diajak bicara." Yah, selain itu, kontak mata saat berbicara dengan orang lain memang penting sebagai bentuk penghargaan dan pehatian.

6. Bicara dengan jelas dan tidak bertele-tele

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintarpexels.com

Sebagian orang memakai istilah-istilah yang berat saat mengobrol supaya terkesan pintar. Nyatanya, justru orang-orang seperti ini dianggap membingungkan dan tidak cerdas, ketimbang orang yang bisa mengungkapkan pikirannya secara jelas, singkat dan sederhana.

7. Tidak suka mengumpat

7 Hal Ini Terbukti Secara Sains Membuat Seseorang Kelihatan Pintarpexels.com

Harris Interactive melakukan survey terhadap 5.800 manager dan karyawan menyoal perilaku manusia di tempat kerja. Hasilnya, 54 persen dari mereka berpikir, orang yang suka mengumpat itu tidak cerdas. Ouch!

Bagaimana, sudah siap me-rebranding dirimu dengan 7 hal di atas?

Baca Juga: Apa Ya Ketakutan Terbesarmu Berdasarkan Zodiakmu?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya