Comscore Tracker

Cewek Terbukti Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Cowok, Ini Alasannya!

Mari kita tidur~

Akhirnya!

Pernah merasa gak kalau kamu lebih sering tidur daripada teman kamu yang laki-laki lainnya?

Teman-temanmu terjaga sedangkan kamu lebih pilih terlelap tidur.

Para ilmuwan telah membuktikan bahwa perempuan membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada laki-laki karena kerja otak mereka lebih kompleks.

Cewek Terbukti Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Cowok, Ini Alasannya! pixabay.com

Sebuah studi dari Universitas Loughborough Inggris mengungkapkan bahwa perempuan adalah multi-tasker yang ulung. Yang berarti mereka melakukan aktivitas otak yang lebih kompleks dan menggunakan bagian otak mereka lebih luas daripada laki-laki. Sehingga perempuan lebih sering merasa kelelahan.

Menurut pakar tidur John Horne:

Salah satu fungsi paling penting dari tidur adalah mengembalikan dan memperbaiki otak kita. Semakin otak kita digunakan setiap hati, maka kebutuhan otak untuk memperbaiki juga akan semakin besar sehingga kita harus tidur untuk mengembalikan kesegaran otak.

Studi itu menemukan fakta bahwa perempuan membutuhkan tidur 20 menit lebih lama daripada pria setiap malamnya.

Cewek Terbukti Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Cowok, Ini Alasannya! pixabay.com

Jika seorang laki-laki melakukan pekerjaan yang sama melelahkannya, tetap saja ia tak akan tidur selama waktu yang dibutuhkan perempuan per harinya.

Baca Juga: Ternyata, Ini yang Dilakukan Organ Tubuh Kita Saat Tidur!

Perempuan membutuhkan waktu tidur lebih lama daripada pria karena cara bekerja otak mereka berbeda.

Cewek Terbukti Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Cowok, Ini Alasannya! pixabay.com

Jadi apa perbedaannya?

Di sebuah studi tahun 2014, sebanyak 949 orang telah diuji dan hasilnya menunjukkan bahwa otak laki-laki memiliki hubungan dengan satu bagian hemisphere, sedangkan otak perempuan memiliki hubungan dengan dua bagian hemisphere.

Penemuan ini menunjukkan bahwa laki-laki mampu untuk fokus hanya pada satu pekerjaan di saat itu juga, sementara otak perempuan akan lebih baik jika melakukan beberapa tugas bersamaan.

Cewek Terbukti Butuh Waktu Tidur Lebih Lama Daripada Cowok, Ini Alasannya! pillowfights.gr

Ini menjelaskan kenapa perempuan lebih mahir untuk melakukan berbagai pekerjaan sementara laki-laki mampu fokus dengan baik di satu pekerjaan tertentu.

Pekerjaan multi-tasking ini sudah jelas membuat otak perempuan bekerja lebih keras sehingga menjelaskan kenapa perempuan butuh tidur lebih lama dari laki-laki.

Menurut Dr. Apostolos Georgopoulos, ketua Brain Science Centre at the Minneapolis Veterans Affairs (VA) Medical Center:

Orak perempuan jelas berbeda degnan laki-laki... Apa yang kami temukan adalah bahwa perempuan, dalam berbagai aktivitas, mampu memproses informasi lima kali lebih cepat daripada laki-laki, dan perempuan juga jarang menggunakan otak mereka untuk melakukan aktivitas kognitif yang identik.

Meskipun rasanya terdengar seperti kabar baik, namun efisiensi otak perempuan juga membutuhkan sedikit 'pengorbanan.' Para ilmuwan mengatakan bahwa lebih mudah bagi perempuan untuk mengalami kelelahan dan sakit daripada laki-laki. Pun jika laki-laki sakit, maka akan lebih mudah untuk sembuhnya.

Baca Juga: Kamu Merasa Sudah Tidur Cukup Tapi Masih Capek Setengah Mati? Ini Penyebabnya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya