Comscore Tracker

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah

Ya, jangan lupa bahagia!

Manusia hidup butuh bahagia. Meski begitu, banyak orang yang kesulitan mencari arti dari kebahagiaannya. Alih-alih bahagia, mungkin kamu akan menemukan banyak orang yang mengeluh dan menderita dengan hidupnya.

Sebenarnya, apa sih hal yang bisa membuat manusia bahagia? Secara ilmiah, berikut daftar hal yang perlu dimiliki manusia untuk bahagia.

1. Memiliki pasangan adalah kebahagiaan terbesar manusia

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah pexels.com/Drew Rae

Dilansir dari independent.co.uk, menurut penelitian yang dilakukan oleh The Harvard Study of Adult Development terhadap ratusan pria lebih dari tujuh puluh tahun lamanya, orang yang paling bahagia di dunia adalah orang yang memiliki hubungan kuat dengan pasangannya. Gak cuma bahagia, ternyata punya pasangan juga menyehatkan lho. Pasangan bisa jadi pendukung kebahagiaanmu dalam menjalani kehidupan.

2. Waktu vs uang? Ternyata waktu lebih menjamin kebahagiaan daripada uang

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah unsplash.com/Huntersrace

Waktu atau uang? Mana yang kamu pilih? Menurut Sage Journals: Social Psychological and Personality Science, manusia lebih bahagia punya banyak waktu luang daripada uang dalam hidup mereka. Bahkan, sekadar memikirkan hal ini saja sudah membuat manusia senang.

3. Ternyata, manusia lebih bahagia jika menikmati hidup dengan pelan-pelan

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah instagram.com/kenjisung

Dilansir dari American Psychological Association, seseorang merasa bahagia hanya dengan menjalani hidupnya pelan-pelan, misalnya saja berjalan lebih pelan dari biasanya dan menikmati indahnya bunga di taman. Karena itu, cobalah mulai melakukan sesuatu pelan-pelan dan gak terburu-buru.

Baca Juga: Kenapa dan Apa yang Bisa Menyebabkan Orang Bahagia?

4. Berbuat baik ternyata meningkatkan suasana hati menjadi jauh lebih baik

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah yourdailytrends.com

Berbuat baik kadang memang merepotkan. Meski begitu, dilansir dari American Psychological Association, ternyata seseorang merasa suasana hatinya jauh lebih baik setelah menolong orang lain. Untuk itu, gak ada salahnya kamu berbuat baik, misalnya saja jadi relawan pengajar untuk anak-anak jalanan atau sekadar memberikan tempat duduk di bus umum.

5. Buat kamu yang ingin meningkatkan level kebahagiaanmu, teruslah berolahraga dan melakukan banyak aktivitas fisik

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah unsplash.com/Victor Freitas

Menurut BMC Public Health, meningkatkan kegiatan fisik atau olahraga selaras dengan tingkat kebahagiaanmu. Buat kamu yang ingin lebih bahagia, gak ada salahnya meningkatkan aktivitas olahragamu. Bisa mulai dari olahraga yang kamu sukai, seperti berenang, berlari, atau memanah.

6. Ternyata orang lebih memilih menggunakan uangnya untuk pengalaman daripada untuk belanja barang-barang

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah thebettervacation.com

Buat kamu yang suka jalan-jalan dan mengunjungi tempat baru mungkin kamu sudah merasakan kebahagiaannya melebihi kebahagiaan saat membelanjakan barang. Menurut Sage Journals: Psychological Sciense, seseorang lebih bahagia untuk menggunakan uang mereka untuk pengalaman dibandingkan untuk berbelanja. Buat kamu yang konsumtif dan suka membelanjakan banyak uang, coba deh sesekali pakai itu buat jalan-jalan, siapa tahu kamu lebih bahagia.

7. Punya teman-teman itu penting, karena kamu bisa dapatkan kebahagiaan besar dengan sekadar menghabiskan waktu bersama mereka

7 Hal Dasar Ini Kamu Butuhkan untuk Bahagia, Berdasarkan Riset Ilmiah Unsplash/Helena Lopes

Mungkin banyak dari kalian sependapat kalau punya teman adalah kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Nyatanya itu terbukti lho. Menurut Sage Journals: Personality and Social Psychology Bulletin, berinteraksi dengan teman membuat seseorang bahagia. Sementara, memiliki teman dekat akan punya efek luar biasa untuk kebahagiaanmu.

Itu tadi tujuh hal dasar untuk membuat seseorang menjadi bahagia. Dari daftar tersebut, mana yang belum kamu miliki? Kamu bisa mulai mencarinya satu-satu dari sekarang.

Baca Juga: Sebenarnya Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatu?

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

22
MEI
2019
17 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 22 May 2019 09:15:05

Progress: 759.857 dari 813.350 TPS (93.42313%)

Just For You