Comscore Tracker

Salut! Wiratni Masuk dalam The Most Powerful Engineers of 2018 Dunia

Insinyur perempuan yang membanggakan Indonesia!

Masyarakat Indonesia patut berbangga hati karena salah satu putri terbaiknya, Wiratni Budijanto berhasil mendapat anugerah “The Most Powerful Engineers of 2018”. Wiratni Budijanto S.T., M.T., Ph.D. adalah seorang pengajar di Departemen Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM). Meski didominasi oleh laki-laki, nyatanya insinyur perempuan juga bisa unjuk gigi berkarya dalam bidang sains dan teknologi. Berikut fakta-fakta menarik tentang dirinya!

https://www.youtube.com/embed/SiNovPxc_cg

1. Wiratni mendapat peringkat ke-33 sebagai “The Most Powerful Engineers of 2018

Salut! Wiratni Masuk dalam The Most Powerful Engineers of 2018 Dunianordic.businessinsider.com

Setiap tahunnya, Business Insider memberikan anugerah kepada para perempuan berlatar teknik yang mampu menjadi pemimpin dan figur panutan dengan inovasi dalam bidang teknologi. Di tahun ini, Wiratni berhasil mendapat peringkat ke-33 dari 39 sebagai “The Most Powerful Engineers of 2018” pada 21 Juni 2018. Hebatnya lagi, dia bersanding dengan para perempuan dari perusahaan-perusahaan terkemuka, seperti Microsoft, Google Cloud, Intel, NVIDIA, Apple, Pinterest, AirBnB, SpaceX, Tesla, Adobe, dan General Motors.

2. Wiratni berhasil mengembangkan teknologi pengolahan air limbah yang lebih efektif

Salut! Wiratni Masuk dalam The Most Powerful Engineers of 2018 Duniahitekno.com

Tak ada penghargaan tanpa pencapaian. Adapun, pencapaian Wiratni adalah mengembangkan teknologi air limbah yang lebih efektif daripada metode biasa atau konvensional. Metode yang digunakan terbukti lebih efektif dari segi penggunaan lahan untuk pengolahan limbah dan tidak mengemisikan gas rumah kaca.

"Dengan adanya inovasi terbaru ini, harapannya bisa meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, maupun sampai tingkat ASEAN. Karena budidaya ikan air tawar sangat menjanjikan." begitu pernyataan Wiratni.

Baca Juga: 5 Sumber Energi Paling Aneh Pengganti Minyak Bumi

3. Ide Wiratni berangkat dari keprihatinan kadar air bersih di dunia

Salut! Wiratni Masuk dalam The Most Powerful Engineers of 2018 Duniamashable.com

Penemuan Wiratni ternyata tak datang begitu saja. Riset yang dilakukan Wiratni berangkat dari keprihatinan kadar air bersih di dunia yang diprediksi delapan tahun ke depan akan membuat ikan-ikan di seluruh lautan akan mati. Ikan-ikan tersebut mati karena jumlah mikroorganisme yang menyaring air tidak sebanding dengan jumlah volume limbah di lautan yang kian bertambah.

4. Metode yang dilakukan Wiratni adalah mempercepat pertumbuhan bakteri anaerob untuk menyaring air

Salut! Wiratni Masuk dalam The Most Powerful Engineers of 2018 Duniayoutube.com/MINO Microbubble Technology

Riset yang dilakukan Wiratni terfokus untuk mempercepat pertumbuhan bakteri anaerob, yang merupakan mikroorganisme, yang punya peranan untuk menyaring air. Kelebihan dari bakteri anaerob ini adalah tidak membutuhkan oksigen untuk hidup. Karena itu, biaya untuk penelitian ini dapat diminimalkan dan tidak berdampak pada emisi gas rumah kaca.

5. Wiratni punya harapan agar anak muda mau belajar dan menekuni lebih dalam bidang sains

Salut! Wiratni Masuk dalam The Most Powerful Engineers of 2018 Duniaaspirata.co.za

Selain penelitian teknologi air limbah, Wiratni juga menekuni jurnalistik sains. Wiratni mengungkapkan bahwa sains harus bisa dinikmati oleh semua kalangan. Kadang, masih banyak ilmuan yang belum bisa menyampaikan penelitian sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami oleh kalangan non-ilmuan. Karena itulah, Wiratni punya keinginan agar anak-anak muda bisa belajar dan memahami sains dengan cara yang sederhana, namun tetap optimal.

Dari fakta-fakta tersebut, pantas saja Business Insider menobatkan Wiratni sebagai “The Most Powerful Engineers of 2018”. Karena tak sekadar penelitian, dia pun sanggup menjadi figur panutan bagi kalangan anak muda untuk bisa memahami dan berkarya di bidang sains dan teknologi. Terinspirasi? Yuk, maksimalkan usaha kita dalam berkarya!

Baca Juga: Ternyata Minyak Ikan Gak Sesehat yang Kamu Pikir Lho

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya