Comscore Tracker

Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!

Masih bercita-cita jadi astronaut?

Menjadi seorang astronaut menjadi cita-cita banyak orang. Di balik pekerjaan keren tersebut, ternyata banyak sekali fakta-fakta mengejutkan di dalamnya. Tidak mungkinlah ya hidup di luar angkasa sama persis dengan kehidupan kita di bumi. Coba deh liat fakta-fakta unik di bawah ini!

1. Astronaut Tidur di Sleeping Bag

Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!youtube.com/videoFromSpace

Para astronaut harus bekerja keras di setiap harinya, maka itu harus menjaga pola tidur dengan baik. Dihadapkan pada stasiun luar angkasa yang tidak mempunyai gravitasi, ruang tidur dirancang dengan rinci. Di ISS (International Space Station), terdapat enam ruang kecil yang digunakan sebagai tempat tidur para astronaut.

Tidak serta merta memakai matras dan bantal, melainkan hanya sleeping bag yang direkatkan di dinding. Tapi para astronaut tidak ambil pusing tentang hal ini. Jika gravitasi nol, di mana saja mereka bisa tidur dengan nyenyak. Hal itu bisa terjadi karena otot-otot mereka relaks seperti di dalam air. Mereka tidur di sleeping bag hanya supaya tubuh mereka tidak melayang-layang di udara.

2. Pasta Gigi dan Air Bekas Kumur langsung Ditelan

Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!youtube.com/Discovery Kids

Ketika para astronaut menggosok gigi mereka, busa pasta gigi dan air kumur tidak dibuang, namun ditelan. Memang terdengar agak jorok, tapi gak ada wastafel di luar angkasa, guys. Air yang dibuang tanpa disedot akan melayang-layang di kapal luar angkasa. Bayangkan jika kita harus “terbang” dikelilingi air kumur, hiii. Tapi tenang saja, jika memang dirasa tidak bisa ditolerir, ada juga kok astronaut yang membuang air kumurnya di handuk.

3. Urin Didaur Ulang Menjadi Air Minum Kru

Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!asc-csa.gc.ca

Jangan berpikir negatif dulu dong! ISS tentunya mempunyai teknologi canggih dalam mendaur ulang air. Perlu kalian ketahui, air pada kapal luar angkasa sangatlah terbatas. Maka itu mereka harus mendaur ulang air dan menghemat pemakaiannya. ISS mendaur ulang 93 persen air setiap harinya. Air yang didaur ulang tidak hanya urin saja, salah satunya dari keringat. Air daur ulang mereka ternyata lebih bersih dari air minum yang kita konsumsi loh. Hebat ya teknologi mereka!

4. Para Astronaut Bisa Mendengar Temannya Buang Air Besar

Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!news.com.au

Toilet para astronaut tidak seperti di bumi. Dalam pispotnya mereka harus menyalakan semacam penyedot. Alat penyedot tersebut menciptakan suara bising ketika beroperasi, astronaut harus menyalakannya agar tidak ada “sesuatu” yang melayang-layang di udara.

5. Astronaut Merasa Seakan Sakit Panas Pada Minggu Pertama di Luar Angkasa

Ternyata Hidup Sebagai Astronaut Itu Gak Mudah, Ini Fakta di Baliknya!space.com

Di minggu pertama tubuh masih harus beradaptasi pada gravitasi nol. Jantung harus memompa lebih kencang agar darah mengalir dengan baik. Kepala akan terasa membengkak, sehingga ada gangguan dalam indra pernafasan dan perasa. Karena itu pada minggu pertama para astronaut akan makan seperti sedang sakit panas. Pusing dan mual akan menjadi keseharian mereka. Tapi setelah minggu pertama tubuh sudah akan berfungsi dengan baik kok.

Sudah tahu kan fakta-fakta unik yang akan dialami ketika menjadi astronaut. Apakah kalian bercita-cita menjadi salah satunya?

Winona Araminta Photo Community Writer Winona Araminta

Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You