Kalah 3-1 Dari PSM, Mitra Kukar Kembali Turun ke Zona Degradasi

Sementara "Juku Eja" tetap bertahan di papan atas klasemen sementara

Misi PSM Makassar untuk mempertahankan posisi mereka di papan atas berakhir dengan sukses. Menjamu Mitra Kukar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada hari Minggu (6/5/2018) malam kemarin, mereka berhasil menang telak dengan skor 3-1.

15 menit pertama usai sepak mula, kedua tim sebenarnya bermain dengan tempo lambat, seolah ingin membaca permainan masing-masing terlebih dahulu.

Namun PSM berhasil menyentak secara tiba-tiba melalui eksekusi tendangan bebas cepat, yang dilakukan Marc Klok di menit ke-17 usai sang kompatriot, Wiljan Pluim, dilanggar oleh kapten Mitra Kukar yakni Bayu Pradana.

Klok memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan lawan dengan menyodorkan bola ke Rizky Pellu yang berdiri bebas. Gelandang berdarah Maluku itu pun berhasil menjebol gawang Gerri Mandagi.

Gol tersebut langsung mengubah jalannya pertandingan menjadi lebih sengit. Kedua tim sama-sama bermain lebih terbuka. Terbukti dari beberapa peluang berhasil diciptakan.

Ada tendangan bebas Bayu Pradana di menit ke-26, serta sepakan melengkung Wiljan Pluim dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Namun skor 1-0 bertahan hingga masuk masa jeda.

1. Yang unik, pencetak ketiga gol PSM di laga ini semuanya adalah gelandang

Kalah 3-1 Dari PSM, Mitra Kukar Kembali Turun ke Zona DegradasiInstagram.com/psm_makassar

Masuk babak kedua, intensitas laga tidak berubah. Mitra Kukar coba menambah daya serang dengan memasukkan Septian David Maulana sementara PSM melakukan hal yang sama yakni mengganti Bruce Djite dengan Guy Junior.

Namun tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini melalui eksekusi penalti Marc Klok di menit ke-67, usai striker Ferdinand Sinaga dijatuhkan di kotak enambelas pas.

Di sisa waktu, Juku Eja berkali-kali mengancam lini belakang tim tamu. Tepat pada menit ke-80, tuan rumah kembali mengoyak jala gawang tim tamu.

Memanfaatkan umpan akurat dari Rizky Pellu, Ferdinand Sinaga memilih memberi bola kepada Wiljan Pluim yang tidak terkawal. Sepakan Pluim pun gagal dicegah oleh Gerri Mandagi.

Naga Mekes sendiri hanya sanggup membalas melalui sebiji gol sang ujung tombak, Fernando Rodriguez Ortega, pada masa injury time. Kemenangan 3-1 ini membawa PSM naik satu anak tangga ke posisi ketiga. Sementara Mitra Kukar kembali turun ke zona relegasi yakni di peringkat 16 klasemen sementara.

2. Pelatih PSM, Robert Rene Alberts, berujar bahwa raihan poin penuh ini amat penting bagi skuatnya

Kalah 3-1 Dari PSM, Mitra Kukar Kembali Turun ke Zona DegradasiInstagram.com/psm_makassar

Dalam jumpa pers pasca pertandingan, Robert Rene Alberts selaku juru taktik PSM mengaku senang dengan kemenangan ini. Apalagi raihan poin penuh ini tetap membuat Rivky Mokodompit dan kawan-kawan tetap duduk di papan atas klasemen.

Selain itu, eksperimennya dengan menurunkan Bruce Djite dan Wiljan Pluim sejak menit awal bisa dibilang berhasil.

"Kemenangan yang bagus. Kami senang berada di papan atas di pekan ketujuh ini. Untuk pertama kalinya Bruce (Djite) dan (Wiljan) Pluim bermain bersama. Mungkin ini bukan performa terbaik tim, tapi kemenangan ini sangat penting. Kami akan berusaha lebih baik lagi," tutur coach Robert seperti dilansir oleh situs resmi klub PSMMakassar.co.id.

3. Rafael Berges Marin, arsitek Mitra Kukar, mengakui ketiga gol tuan rumah berasal dari kesalahan pemainnya

Kalah 3-1 Dari PSM, Mitra Kukar Kembali Turun ke Zona DegradasiLiga-Indonesia.id

Sementara itu Rafael Berges Marin, arsitek Mitra Kukar, mengatakan bahwa semua gol PSM terjadi karena kesalahan para pemainnya. Hasil ini membuat Bayu Pradana beserta kolega harus berjuang lebih keras di laga-laga selanjutnya jika ingin menjauhi zona merah alias ancaman degradasi.

"Sebenarnya tim sudah bermain dengan bagus. Namun kami akhirnya kalah karena kesalahan sendiri. Gol pertama karena kelengahan pemain kami, begitu pula dengan gol kedua dan ketiga," kata sosok pelatih asal Spanyol tersebut dalam kesempatan yang sama, seperti dilansir oleh MitraKukar.com.

Di pekan kedelapan, PSM akan bertandang ke Stadion Kanjuruhan Malang sebagai tamu Arema FC pada hari Minggu (13/5/2018). Sementara Mitra Kukar akan menerima tamu mereka asal Pulau Dewata, yakni Bali United dalam pertandingan yang digelar di hari Jumat (11/5/2018) mendatang.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya