Otavio Dutra & Rian Irianto Cidera, Persebaya Krisis Pemain Belakang

Rian terpaksa harus menepi selama 3 bulan

Pasca laga kontra Barito Putera pada Minggu (8/4/2018) lalu, Persebaya harus kehilangan dua pilar utamanya di lini belakang akibat cedera. Pertama adalah Otavio Dutra yang ditarik pada menit ke-24, kedua adalah bek muda sekaligus punggawa Timnas U-19 Rachmat "Rian" Irianto yang terbaring kesakitan tak bisa melanjutkan pertandingan pada menit ke-88.

Dari hasil pemeriksaan medis, Rian ternyata mengalami cedera patah tulang di telapak kaki kiri akibat salah tumpuan saat melakukan duel perebutan bola di udara. Dirinya pun telah menjalani operasi pemasangan pen di National Hospital Surabaya pada hari Senin (9/4/2018) kemarin.

1. Rachmat "Rian" Irianto sudah menjalani operasi pada hari Senin (9/4/2018) kemarin

Otavio Dutra & Rian Irianto Cidera, Persebaya Krisis Pemain BelakangInstagram.com/officialpersebaya

Dilansir oleh situs resmi klub Persebaya.id, sosok kapten Timnas U-19 itu harus menepi untuk sementara waktu akibat cedera yang dialaminya. Alhasil Bajul Ijo mengalami krisis pemain belakang setelah sebelumnya Fandry Imbiri juga sudah absen terlebih dahulu akibat cedera tendon achilles di kaki kanan pasca laga kontra Persela dua pekan lalu.

"Rian harus menjalani operasi untuk pemasangan pen karena ada tulang yang patah di telapak kakinya. Jadi, untuk bisa pulih lagi, Rian harus istirahat secara total selama tiga bulan. Tapi, kami optimistis Rian bisa sembuh lebih cepat," tutur dokter tim Persebaya, Adhimas Hapto.

2. Otavio Dutra juga masih menunggu hasil MRI untuk mengetahui kondisi kakinya

Otavio Dutra & Rian Irianto Cidera, Persebaya Krisis Pemain BelakangPersebaya.id

Selain kehilangan Rian dan Fandry, tim kebanggaan kota Surabaya itu kemungkinan juga harus kehilangan bek tengah Otavio Dutra. Pemain asal Brazil tersebut harus ditarik keluar lapangan akibat duel perebutan bola dengan gelandang Barito Putera, Paulo Sitanggang, di awal-awal pertandingan.

"Dia (Paulo Sitanggang) menendang bola yang sudah berhasil saya intercept beserta kaki saya. Saat itu, saya merasa ada yang bunyi di bagian lutut dan terasa sangat sakit. Dari situ, saya sudah tidak bisa melanjutkan pertandingan lagi," tutur bek kawakan berusia 35 tahun tersebut.

3. Krisis di lini belakang membuat coach Alfredo Vera punya pekerjaan berat

Otavio Dutra & Rian Irianto Cidera, Persebaya Krisis Pemain BelakangInstagram.com/officialpersebaya

Hingga saat ini, masih belum diketahui cedera apa yang dialami Dutra sebab hasil pemerikasaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) belum keluar. Namun dirinya menduga ada otot kaki yang robek di bagian dalam, apalagi lutut kirinya belum bisa dtekuk. Mantan pemain Bhayangkara FC itu juga mengakui cedera ini adalah yang paling berat selama karir sepakbolanya.

Dengan absennya Rian serta Dutra, praktis di lini belakang Persebaya menyisakan Arthur Irawan, Ruben Sanadi, Abu Rizal Maulana, Irvan Febrianto, Mokhamad Syaifuddin serta Andri Muliadi. Di sisi lain, bek tengah Fandry Imbiri menunjukkan tanda-tanda membaik pasca cederanya dan kemungkinan besar akan diturunkan dalam laga selanjutnya kontra PS TIRA demi menambal keroposnya tembok pertahanan.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya