5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang Diketahui

Klub pertama dengan nomor punggung di jersey! #IDNTimesSport

Premier League atau Liga Inggris, selalu melahirkan pesepak bola handal dari klub yang dinaunginya. Salah satu klub yang berhasil melahirkan pesepak bola handal adalah Chelsea.

Chelsea merupakan klub Premier League yang bermarkas di London. Berdiri sejak tahun 1905, Chelsea setiap tahunnya mencetak pemain-pemain berkelas dunia seperti Gianluca Vialli, Peter Bonetti, Ashley Cole, John Terry, dan Peter Cech.

Dibalik itu semua, ada beberapa fakta yang jarang diketahui oleh publik tentang Chelsea. Melansir laman resmi Chelsea FC, berikut lima fakta menarik dibalik tim berjuluk The Blues tersebut! 

1. Chelsea merupakan klub pertama yang menggunakan jersey bernomor  

5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang DiketahuiHakim Ziyech sedang nyapa para fans Chelsea ketika akan masuk lapangan (instagram.com/chelseafc)

Chelsea pertama kali menggunakan kaus bernomor saat melawan Swansea City pada Agustus 1928. Sebelumnya, para klub sepak bola belum menggunakan nomor punggung di belakang baju pemainnya.

Sontak, hal tersebut membuat para penonton pertandingan bola lebih mengetahui penampilan individual pemain Chelsea pada saat itu. Atas kejadian itu, berberapa klub sepak bola langsung meniru inovasi yang diciptakan Chelsea tersebut. Standar penggunaan nomor punggung di Inggris akhirnya diresmikan pada tahun 1939.

2. Klub pertama di Inggris yang menyapu semua trofi UEFA

5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang DiketahuiPiala UEFA Super Cup tengah dipersiapkan untuk juara di 2021 (instagram,com/chelseafc)

The Blues merupakan salah satu dari lima klub dunia yang menyabet semua gelar juara dari empat kompetisi teratas UEFA. Dalam kompetisi tersebut, Chelsea berhasil memboyong gelar Liga Champions, Liga Euro, Winner Cup, dan Super Cup.

Dari itu semua, Chelsea pun mencatatkan sejarah dunia sebagai klub pertama di Inggris yang merebut gelar tersebut. Tak hanya itu, klub yang lahir di London itu juga sebagai pencetus pertama penyelenggara Liga Champion dan Liga Europa secara bersamaan.

Baca Juga: 5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22

3. Stadion Stamford Bridge bukan sepenuhnya milik klub Chelsea

5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang DiketahuiStadion Stamford Bridge (instagram.com/chelseafc)

Stadion Stamford Bridge atau kandang The Blues saat ini, ternyata bukan sepenuhnya milik Chelsea Football Club (CFC). Namun, hak milik dan hak penamaan stadion Stamford Bridge juga dimiliki oleh fan Chelsea.

Chelsea Pitch Owners (CPO) merupakan organisasi yang sahamnya dipegang oleh para penggemar The Blues. Organisasi ini didirikan oleh Ken Bates pada 1992 dengan tujuan untuk memastikan para fans Chelsea dapat menonton sepak bola di Stamford Bridge pada saat itu.

4. Desain logo Chelsea pernah diganti lima kali 

5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang DiketahuiLogo Chelsea dari masa ke masa (bola.net)

Lambang atau logo Chelsea saat ini ternyata pernah mendapatkan perubahan total sebanyak lima kali dalam sejarah. Dikutip dari Logo Word Net, logo debut Chelsea pada 1905 merupakan pinjaman dari lambang rumah sakit veteran perang yaitu Royal Hospital Chelsea.

Dalam logo tersebut, terlihat seorang pria veteran tentara mengenakan pakaian lengkap dengan tulisan CH pada topinya. Lalu, logo tersebut diganti pada tahun 1952 oleh Manajer Chelsea saat itu Ted Drake dengan lambang berhurufkan C, F, dan C pada gambar utamanya sambil menunggu logo ciptaannya resmi dibuat.

Selang satu tahun, logo Ted Drake resmi dibuat dengan bergambarkan singa ditengahnya pada tahun 1953. Pada logo tersebut, Chelsea mengambil lambang keluarga klub Earl Cadogan pada saat itu.

Pada tahun 1986, logo Chelsea mengalami perubahan kembali menjadi CFC dengan singa berada di atasnya. Setelah sekian lama tak diganti, logo Chelsea mengalami perubahan kembali pada 2005 dengan desain seperti logo era Ted Drake.

5. David Calderhead menjadi manajer terlama di Chelsea 

5 Fakta Klub Sepak Bola Chelsea yang Jarang DiketahuiLogo Chelsea dikibarkan di stadion Stamford Bridge saat pertandingan Chelsea (instagram.com/chelseafc)

David Calderhed merupakan pesepak bola Skotlandia yang telah mengasuh Chelsea selama 26 tahun dari 1907 hingga 1933. Tak hanya itu, dirinya juga telah mengawasi 966 pertandingan Chelsea selama kariernya sebagai manajer.

Atas pencapaiannya tersebut, dirinya merupakan saingan berat dari manajer moderen Liga Inggris Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger. Diketahui Sir Alex Ferguson telah menjabat manajer di Manchester United selama 27 tahun dari 1986 hingga 2013. Dan untuk Arsene Wenger, dirinya telah mengasuh Arsenal selama 22 tahun dari 1996 hingga 2018.

Dilihat dari hal tersebut, ternyata Chelsea telah merasakan pait manisnya dunia sepak bola. Ketekunan para staf dan pemain Chelsea membuat mereka bisa bertahan hingga 116 tahun lalu. Apa saja yang sudah kalian ketahui sebagai fans berat Chelsea?

Baca Juga: 5 Pemain Asing Terbaik yang Perkuat Chelsea Sedekade Terakhir

Adi Ramadhan Pratama Photo Writer Adi Ramadhan Pratama

Belajar dari pengalaman

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya