Ini 5 Fakta Arsenal yang Sering Dilupakan, Ada Rekor Tak Pernah Kalah

 Pemegang gelar juara FA terbanyak di Inggris #IDNTimesSport

Pergelaran English Premier League (EPL) atau Liga Inggris musim 2021/2022 sudah di mulai pada bulan September kemarin. Puluhan klub sepak bola Inggris berkumpul untuk memperebutkan gelar juara bergengsi pada musim ini.

Salah satu klub yang sedang memperebutkan gelar juara Liga Inggris adalah Arsenal. Pada musim ini, The Gunners tengah diterpa cobaan yang serius setelah kalah pada 3 laga awal Liga Inggris. Bahkan, Arsenal menempati posisi paling bawah di klasemen sementara Liga Inggris.

Hal tersebut tentu membuat klub yang berdiri sejak 1886 ini, terancam degradasi. Namun, dibalik itu semua terdapat beberapa fakta unik tentang Arsenal yang sering dilupakan.

Berikut 5 fakta Arsenal yang sering dilupakan. Cek hingga akhir!

1. Pemengang gelar juara FA terbanyak 

Ini 5 Fakta Arsenal yang Sering Dilupakan, Ada Rekor Tak Pernah KalahArsenal berhasil menjuarai piala FA di tahun 2015 (instagram.com/Arsenal)

Dikutip dari Footballhistory, Piala Football Association (FA) merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia. Piala FA ini pertama kali digelar pada tahun 1871 dan diadakan setahun sekali sejak saat itu.

Di sisi lain, Arsenal merupakan klub yang memperoleh gelar juara FA terbanyak dibandingkan lainnya. Sepanjang kariernya, Arsenal mampu memperoleh 14 piala FA. Bahkan, The Gunners menjadi klub yang sering masuk final Piala FA dengan total 21 kali.

2. Empat kali berganti nama 

Ini 5 Fakta Arsenal yang Sering Dilupakan, Ada Rekor Tak Pernah KalahLogo Arsenal yang terpajang di Stadion Emirates (instagram.com/Arsenal)

Dikutip dari laman resmi Arsenal, klub yang berbasis di Islington, London ini tercatat pernah empat kali berganti nama. Pada awal didirikannya pada tahun 1886, sekumpulan pekerja dari pabrik persenjataan di Woolwich memutuskan untuk membuat klub sepak bola yang meraka namai "Dial Square".

Namun tak lama setelah kemenangannya melawan Eastern Wanderers, para pekerja tersebut memutuskan untuk mengganti namanya menjadi "Royal Arsenal". Pada tahun 1891, nama klub "Royal Arsenal" diganti kembali menjadi "Woolwich Arsenal" setelah mereka terpilih masuk ke Divisi Kedua FA. Walaupun begitu, "Woolwich Arsenal" memutuskan mengubah namanya menjadi "The Arsenal" setelah mereka pindah dari Woolwich ke Highbury pada tahun 1913.

Baca Juga: 5 Pemain MU dengan Gol Penalti Terbanyak di Liga Inggris, Ronaldo?

3. Klub pertama yang disiarkan langsung di radio dan Televisi 

Ini 5 Fakta Arsenal yang Sering Dilupakan, Ada Rekor Tak Pernah KalahPotret Stadion Emirates (instagram.com/Arsenal)

Dikutip dari laman resmi Arsenal, The Gunners menjadi klub pertama penyiaran radio langsung ke publik pada tahun 1927. Dibawah kepemimpinan manajer Herbert Champman, pertandingan Arsenal dan Sheffield United dapat disiarkan langsung kepada para pendengar radio di BBC World Service.

Tak hanya itu, Arsenal juga menjadi klub pertama yang berkesempatan disiarkan di televisi pada tahun 1937. Dikutip dari Livefootballontv, pertandingan persahabatan antara tim inti Arsenal dan tim cadangannya menjadi siaran televisi pertama yang pernah disiarkan di Inggris. Bahkan menurut Techradar, pertandingan Arsenal melawan Manchester United pada tahun 2010 menjadi siaran langsung 3D pertama di dunia.

4. Tidak pernah terkalahkan 

Ini 5 Fakta Arsenal yang Sering Dilupakan, Ada Rekor Tak Pernah KalahArsenal berhasil memperoleh gelar juara premier league 2003/2004 (goal.com)

Pada Premier League musim 2003/2004, Arsenal berhasil memecahkan rekor Preston North End sebagai klub Inggris yang tidak pernah kalah dalam satu musim. Arsenal berhasil mengamankan 26 kemenangan, 12 seri, dan 0 kekalahan dengan total 36 pertandingan.

Sedang Preston North End, memperoleh 18 kemenangan, 4 seri, dan 0 kekalahan pada musim 1888/1889 dengan total 22 pertandingan. Hal itulah yang membuat Arsenal memperoleh gelar "The Invincibles" sebagai klub yang tidak pernah kalah.

5. Arsene Wenger sebagai pelatih Arsenal terlama dalam sejarah  

Ini 5 Fakta Arsenal yang Sering Dilupakan, Ada Rekor Tak Pernah KalahPotret Arsene Wenger saat masih melatih Arsenal (twitter.com/Arsene___Wenger)

Dikutip dari laman resmi Arsenal, Arsene Wenger mulai bergabung dengan The Gunners sejak September 1996 hingga Mei 2018. Selama menjabat, ia telah menghabiskan waktu bersama Arsenal lebih dari 22 tahun.

Hal itu berselang 5 tahun dari pemegang rekor manajer telama di Liga Inggris Sir Alex Ferguson. Diketahui Ferguson telah menghabiskan waktu bersama Manchester United selama 27 tahun.

Dibalik keterpurukan Arsenal pada musim ini, ternyata ada sejarah yang luar biasa yang telah mereka lalui. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan Arsenal mampu menujukan taringnya kembali pada musim 2021/2022 hingga akhirnya juara.

Baca Juga: 7 Kiper dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Adi Ramadhan Pratama Photo Writer Adi Ramadhan Pratama

Belajar dari pengalaman

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya