Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

Bikin bangga Indonesia #IDNTimesSport

Indonesia memiliki segudang talenta pemain sepak bola dari sabang hingga merauke yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Seperti pemain-pemain di bawah ini, yang berani membuktikan kualitasnya di liga luar negeri.

Liga luar negeri yang lebih kompetitif, membuat pemain dapat berkembang dengan pesat, baik dari segi fisik, teknik, serta mental. Berikut pemain Indonesia yang sedang bermain untuk klub luar negeri

1. Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Saddil Ramdani saat membela Sabah FC (instagram.com/saddilramdanii)

Saddil Ramdani merupakan merupakan pemain yang memiiki skill serta kecepatan tingggi sehingga tak heran jika Sabah FC meliriknya. Sebelum membela Sabah FC, Saddil telah bermain di berbagai klub domestik dalam negeri diantaranya Persela Lamongan dan Bhayangkara FC.

Kehadiran Saddil sangat dibutuhkan di skuat Sabah FC. Hal ini dibuktikan ia sering menjadi starting line-up saat kompetisi Liga Malaysia.

2. Ryuji Utomo (Penang FC, Malaysia)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Ryuji Utomo saat membela Penang FC (instagram.com/ryujiutomo)

Ryuji Utomo menjadi pemain inti klub Penang FC sejak musim 2019. Mantan pemain Persija Jakarta ini memiliki postur tinggi besar serta kokoh dalam menjaga lini pertahanan.

Kehadiran Ryuji sangat berdampak pada tim dengan membawa Penang FC menduduki peringkat tiga Liga Malaysia. Selain itu, ia juga berpeluang mengantarkan timnya untuk berlaga di Piala AFC tahun depan.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Terancam dengan Hadirnya Pemain Baru Paris Saint-Germain

3. Yanto Basna (PT Prachuap FC,Thailand)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Yanto Basna bersama PT Prachuap (instagram.com/yanto_basna)

Mantan pemain Persib Bandung ini telah menjalani tiga musim di Liga Thailand bersama Khon Khaen FC, Sukhothai FC, serta PT Prachuap FC. Perjalanan Yanto Basna di Liga Thailand bisa dibilang tidak berjalan mulus.

Ia harus berlaga di kasta kedua bersama Xkhon Khaen FC dan Sukhothai FC sebelum berlaga di liga utama Thailand bersama PT Prachuap FC. Hasil kerja keras Yanto Basna akhirnya berbuah manis, saat ini ia menjadi salah satu pemain asing terbaik yang berlaga di Liga Thailand.

4. Brylian Aldama (HNK Rijeka, Kroasia)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Brylian Aldama bersama HNK Rijeka (instagram.com/brylianaldamaa)

Brylian Aldama merupakan salah satu jebolan program Garuda Select yang saat ini tengah berkarir di Kroasia bersama HNK Rijeka. Ia merupakan tipe gelandang yang kuat dalam menyerang maupun bertahan sehingga perannya cukup sentral dalam permainan tim.

Saat ini Brylian Aldama tengah dalam masa peminjaman ke klub NK Poromac. Hal tersebut ditujukan supaya ia mendapatkan menit bermain yang lebih banyak.

5. David Maulana (HNK Rijeka, Kroasia)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret David Maulana (instagram.com/maulanadavid342)

Sama seperti Brylian Aldama, David Maulana merupakan salah satu jebolan program Garuda Select yang tenga di kontrak HNK Rijeka dan sedang dalam masa peminjaman ke NK Poromac. David Maulana merupakan gelandang dengan visi bermain yang cukup baik sehingga ia mampu menjaga ritme permainan tim.

Mantan pemain Barito Putra ini turut mempersembahkan trophy piala AFF U-16 2018. Piala itu dimenangkan lewat adu pinalti melawan timnas Thailand di laga final.

6. Witan Sulaeman (Lechia Gdansk, Polandia)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Witan Sulaeman bersama Lechia Gdansk (instagram.com/witansulaiman_)

Sebelum direkrut Lechia Gdansk, Witan Sulaeman sempat bermain di Liga Serbia bersama FK Radnik Surdulica selama 1,5 musim. Witan merupakan pemain dengan posisi penyerang baik disebelah kanan maupun kiri lapangan. Pergerakan pemain ini cukup eksplosif sehingga merepotkan pertahanan lawan.

Di Lechia Gdansk, Witan Sulaeman mendapatkan kontrak 2 tahun. Sebelumnya, Lechia Gdansk sudah pernah merekrut pmain asal Indonesia yaitu Egy Maulana Vikri, namun Egy tidak mendapatkan tempat utama sehingga ia memilih hengkang. Banyak yang berharap Witan mendapatkan menit bermain yang cukup sehingga kemampuan yang ia miliki dapat berkembang dengan pesat.

7. Egy Maulana Vikri (FC Senica, Slovakia)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Egy Maulana Vikri bersama FK Senica (instagram.com/egymaulanavikri)

Egy mendapatkan kontrak bersama FC Senica selama 6 bulan dengan opsi perpanjangan. Meskipun hanya setengah musim, FC Senica sendiri telah menjanjikan tempat utama bagi Egy di skuat mereka.

Seperti yang sudah dijelaskan, alasan Egy pindah ke FC Senica adalah mendapatkan menit bermain yang lebih. Selama 3 tahun bermain di Lechia Gdansk, Egy hanya mendapatkan 132 menit.

8. Bagus Kahfi (FC Utrecht, Belanda)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Bagus Kahfi bersama FC Utrecht (instagram.com/baguskahfiii)

Bagus Kahfi merupakan pemain jebolan program Garuda Select yang berhasil mencuri perhatian dengan mencetak 16 gol selama membela tim Garuda Select. Berkat kegemilangannya, pemain kelahiran Magelang ini mendapatkan kontrak bersama FC Utrecht selama 1 tahun dangan opsi perpanjangan 2 tahun

Penampilan Bagus cukup dinantikan mengingat ia baru saja sembuh dari cedera parah saat membela Garuda Select.

9. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan)

Ini 9 Pesepak Bola Indonesia yang Merumput di Luar Negeripotret Asnawi Mangkualam saat membela Ansan Greeners (instagram.com/asnawi_bhr)

Asnawi merupakan pemain Indonesia pertama yang berlaga di pentas liga Korea bersama Ansan Greeners yang bermain di K-League 2. Pemain asal Makassar ini menjadi pilar penting di skuad Ansan Greeners. Asnawi dapat berposisi sebagai bek kanan, sayap kanan, maupun gelandang bertahan. Karena kemampuannya itu, Asnawi kerap dipercaya menjadi starter bagi Ansan Greeners di setiap laganya.

Pemai-pemain Indonesia tersebut memilih berkarir di luar negeri untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Semoga mereka dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga kelak dapat mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga: 5 Pemain Lokal yang Pernah Jadi Top Skor Liga Indonesia

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Law student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya