5 Fakta Huang Hua, Legenda Bulutangkis China yang Kini Jadi WNI

Huang Hua sekarang tinggal di Klaten, Jawa Tengah

Setelah gantung raket dari dunia olahraga yang membesarkannya, Huang Hua kembali mencuat namanya. Namun mantan pebulu tangkis putri asal China  era 1980-an ini justru kembali menjadi buah bibir lantaran tampil dalam sebuah pementasan ketoprak di Klaten, Jawa Tengah,  Sabtu (10/3) malam. 

Pemain tunggal putri kelahiran Guangxi, Tiongkok, 16 November 1969 silam ini satu angkatan dengan legenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti. Ingin kenal lebih dekat dengan sosok Huang Hua? Berikut ulasannya.

1. Rival abadi Susi Susanti

5 Fakta Huang Hua, Legenda Bulutangkis China yang Kini Jadi WNIwww.pbdjarum.org

Berdasarkan catatan head to head dari Badminton World Federation (BWF), Susi Susanti masih unggul tipis atas Huang Hua dengan kemenangan 4 kali berbanding 3. Keduanya tercatat bertemu sebanyak tujuh kali. Ketika itu satu set pertandingan dua tunggal putri dunia ini masih sistem perhitungan 11 poin sebagai pemenangnya. 

2. Menggondol perunggu Olimpiade Barcelona 1992

5 Fakta Huang Hua, Legenda Bulutangkis China yang Kini Jadi WNIhttp://olympics.bwfbadminton.com

Selain menjuarai berbagai turnamen pada era tahun 1990-an dan mengantar China merebut juara Uber, prestasi tertinggi Huang Hua ialah saat bertanding di Olimpiade Barcelona 1992. Ia bersama rekan senegaranya, Tang Jiuhong, menyabet medali perunggu di tunggal putri. Menariknya, Huang Hua kalah melawan Susi Susanti di babak semifinal. Sehingga rival abadinya ini pun menggondol emas di ajang olahraga internasional empat tahunan itu.

3. Menikahi pengusaha Klaten

5 Fakta Huang Hua, Legenda Bulutangkis China yang Kini Jadi WNIakun twitter @Mah5Utari

Selepas gantung raket dari dunia bulutangkis pada 1993, Huang Hua ternyata lama bermukim di Klaten, Jawa Tengah. Bahkan legenda olahraga tepok bulu asal China ini telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pasalnya, dia menikahi seorang pengusaha asal Klaten bernama Tjandra Budi Darmawan pada 21 Mei 1993. Sedangkan panggilan mesra dari suaminya ialah "Mah".
 

Baca Juga: 10 Potret Menawan Pebulu Tangkis Rian Ardianto yang Bak Oppa Korea

4. Dikaruniai anak kembar

5 Fakta Huang Hua, Legenda Bulutangkis China yang Kini Jadi WNIcdn.idntimes.com

Menurut laporan beberapa media, awal benih- benih cinta Huang Hua dan suaminya saat bertanding di Semarang pada 1992. Selang setahun, tepatnya, kisah asmara pasangan lintas negara ini pun berakhir di pelaminan. Hingga akhirnya Huang Hua menyandang status WNI dan sudah 25 tahun bermukim di Klaten.

"Selama di Klaten saya jadi ibu rumah tangga saja di rumah. Anak tiga, (bernama) Michael serta si kembar William dan Christian," ujarnya.

5. Gantung raket dan main ketoprak

5 Fakta Huang Hua, Legenda Bulutangkis China yang Kini Jadi WNIjawapos.com

Bersama suaminya, Tjandra Budi Darmawan, baru- baru ini keduanya memeriahkan pentas ketoprak berjudul "Rebut Kuwasa". Dalam pentas arahan maestro ketoprak Bondan Nusantara itu, pasangan ini berperan sebagai suami istri, Ki dan Nyai Jagal Warak. Huang Hua tampil cantik dan menghibur dengan balutan kebaya putih motif bunga-bunga.

Baca Juga: 10 Pesona Gloria Emanuelle Widjaja, Atlet Bulutangkis Berprestasi

Aditya Wijaya Photo Writer Aditya Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya