Masing-masing 3 Negara 1 Gelar, Tiongkok Juara Umum Australia Open 2018

Selamat untuk tiap pemain yang meraih gelar juara

Seluruh pertandingan Kejuaraan Australia Open 2018 sudah digelar. Babak final sendiri diselenggarakan di Quacentre, Sydney, Australia, Minggu (13/5/2018). Tiongkok sendiri dalam babak final mengirimkan wakil terbanyak dengan 3 wakil. Sementara Indonesia, Korea, Jepang masing-masing 2 wakil dan Malaysia 1 wakil. 

Dominasi Tiongkok di babak final menuai hasil yang sangat memuaskan. Hasilnya Tiongkok sukses keluar dengan juara umum setelah berhasil meraih 2 gelar. Sementara Indonesia, Korea, Jepang masing-masing 1 gelar. Berikut adalah pemain yang meraih gelar Australia Open 2018 seperti dilansir dari BWFworldtour.com

1. Tiongkok raih 2 gelar dari tunggal putra dan putri

Masing-masing 3 Negara 1 Gelar, Tiongkok Juara Umum Australia Open 2018Twitter AusBadOpen

Tiongkok sukses mengirimkan 3 wakil ke babak final Australia Open 2018. Dari sektor tunggal putri, Tiongkok mengirimkan Cai Yanyan ke babak final setelah mengalahkan unggulan ketiga asal Hongkong, Cheung Ngan Yi dengan 21-19 dan 21-11. Sementara dari tunggal putra, Tiongkok berhasil mengirimkan dua wakilnya ke final dan terjadi perang saudara. 

Dua pemain tunggal putra yang berhasil lolos ke final yaitu Lu Guangzhu dan Zhao Zeqi. Lu Guanzhu berhasil melaju ke final setelah mengalahkan sesama rekannya Zhao Zunpeng dengan 12-21, 21-19, dan 21-15. Sementara Zhao Zeqi berhasil mengalahkan wakil Hongkong, Lee Cheuk dengan 21-14 dan 21-15. 

Pada babak final, Cai Yanyan bertemu dengan wakil Jepang, Ayumi Mine. Hasilnya Cai Yanyan sukses mengalahkan tunggal putri Jepang, dengan 21-14 dan 21-13. Sementara  Lu Guangzhu berhasil mengalahkan Zhao Zeqi dengan skor dua game langsung 21-8 dan 23-21.

Raihan dua gelar dari tunggal putra dan putri membuat Tiongkok sukses keluar sebagai juara umum Australia Open 2018. 

2. Jepang, Korea Selatan, dan Indonesia sukses masing-masing 1 gelar

Masing-masing 3 Negara 1 Gelar, Tiongkok Juara Umum Australia Open 2018Twitter AusBadOpen

Indonesia, Korea Selaran, dan Jepang sukses meraih masing-masing 1 gelar juara. Jepang berhasil meraih gelar juara lewat ganda putri dan Indonesia dari ganda putra. 

Dari sektor ganda putri di babak final, wakil Jepang Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata yang berjumpa wakil Korea, Yu Lim/Baek Ha Na. Kedua pemain pada babak final bermain ketat dan ngotot demi meraih gelar juara. Hasilnya Ayako/Yukiko yang berhasil menang atas wakil Korea dengan 23-21 dan 21-18. 

Gelar Ayako/Yukiko ini merupakan gelar yang kedua kalinya setelah mereka juga berhasil meraih gelar Selandia Open 2018. Sementara dari ganda putra, Indonesia menempatkan dua wakilnya ke babak final. Namun, Berry Angriawan/Hardianto sukses mengalahkan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf dengan rubber game 21-9 , 9-21, dan 21-15. 

Hasil itu membuat Berry/Hardianto sukses meraih gelar perdananya dan mengobati kekalahan saat final Selandia Open 2018. Sementara dari ganda campuran, wakil Korea Seung Jae Seo/Chae YuJung sukses mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan dua game langsung 21-12 dan 23-21.  

Dengan demikian Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia sukses masing-masing meraih satu gelar dari ajang Australia Open 2018. 

3. Malaysia harus puas dengan 1 runner up

Masing-masing 3 Negara 1 Gelar, Tiongkok Juara Umum Australia Open 2018Twitter AusBadOpen

Malaysia dalam kejuaraan Australia Open 2018 hanya menempatkan satu wakil ke babak final. Satu-satunya wakil yang berhasil melaju ke final adalah peraih medali perak Olimpiade 2016 Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Namun, sayangnya wakil Malaysia gagal mempersembahkan gelar juara.

Chan Peng Soon/Goh Liu Ying harus menyerah dari wakil Korea Selatan, Seung Jae Seo/Chae YuJung dengan dua game langsung 21-12 dan 23-21. Hasil itu juga membuat mereka harus puas dengan runner up dan gagal meraih gelar keduanya pada tahun ini. Sebelumnya ganda campuran Malaysia juara Thailand Master 2018 pada bulan Januari seperti dilansir dari BWFworldtour.com.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya