Jepang dan China Sukses Lewati Pertandingan Perdana Thomas Cup

Sama-sama berpeluang lolos ke babak berikutnya

Jepang dan China merupakan salah satu kandidat terkuat untuk meraih gelar Piala Thomas di Bangkok, Thailand. Jepang sendiri tergabung ke dalam grup C bersama Hongkong, China Taipei, dan Jerman. Sementara China tergabung dengan grup A bersama India, Australia, dan Prancis.

Pada partai perdana yang dilangsungkan di Impact Arena Bangkok, Minggu (20/5) waktu setempat. Jepang berjumpa dengan Hongkong dan China bertemu dengan Australia. Kedua negara sukses sama-sama meraih kemenangan. Bagaimanakah jalannya pertandingan kedua negara? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Jepang sukses mencukur Hongkong dengan skor 4-1

Jepang dan China Sukses Lewati Pertandingan Perdana Thomas Cupbwfworldchampionships.com

Jepang pada partai perdana kali ini cukup sulit. Pasalnya Jepang harus bertemu dengan Hongkong. Seperti yang diketahui bahwa Hongkong mempunyai kekuatan yang bagus dari sektor tunggal putra. Namun, Jepang lebih bagus karena kekuatan tunggal maupun ganda sama kuatanya. 

Pada partai pertama, Jepang dan Hongkong sama-sama menurunkan tunggal terbaiknya. Jepang menurunkan sang juara Asia 2018 Kento Momota menghadapi pemain Hongkong peringkat BWF, NG Ka Long Angus. Pertandingan perdana ini sangat sengit sehingga harus ditentukan pada partai terakhir. 

Namun, Jepang berhasil unggul 1-0 atas Hongkong setelah Kento berhasil menang lewat pertarungan tiga game 15-21, 21-15, dan 21-15 atas NG Ka Long Angus. Jepang juga sukses menang pada partai kedua setelah Komura/Keigo Sonoda menang dua game langsung 21-15 dan 21-13 atas Lee Chun/Or Chin. 

Di partai ketiga, Kento Momota berhasil menyudahi perlawanan Hongkong dengan skor 3-0 setelah menggalahkan Wong Ki Vincent 21-18 dan 21-11. Sementara pada partai ke-empat, Takuto Inoe/Yuki Kaneko juga sukses menang dua game langsung 21-12 dan 21-15. 

Jepang unggul 4-0 atas Hongkong. Namun, pada partai terakhir Jepang gagal meraih kemenangan setelah Kazuma Sakai takluk dari Lee Cheuk dengan dua game langsung 21-15 dan 21-13. Hasil itu, membuat Jepang hanya unggul dengan skor 4-1 atas Hongkong. 

Hasil laga satunya yang mempertemukan China Taipei dengan Jerman. China Taipei sukses membantai Jerman dengan skor cukup telak 5-0. Hasil ini membuat China Taipei memuncak klasemen grup C dan Jepang berada pada peringkat kedua. Kedua negara yang maeraih kemenangan perdana membuat jatah lolos ke babak berikutnya semakin tinggi. 

2. China sukses menang telak 5-0 atas Australia

Jepang dan China Sukses Lewati Pertandingan Perdana Thomas Cupbwfworldtour.com

China pada partai perdana tidak menurunkan ganda terbaiknya Li Yunhui/Li Yuchen dan Lin Dan sebagai ujung tombak tim saat kontra Australia. Namun, China sendiri memang diperkuat oleh ganda puttra dan tunggal putra yang sangat kuat. Pada partai pertama kontra Australia, Chen Long sukses memetik kemenangan setelah unggul 21-14 dan 21-11 atas Anthony Joe.

Secara kualitas keseluruhan pemain China dengan Australia memang sangatlah jauh. Hal ini terbukti pada semua partai pertandingan China unggul dua game langsung atas Australia. Pada partai kedua, Liu Cheng/Zhang Nan juga sukses unggul 21-18 dan 21-17 atas Matthew/Sawan.

Pada partai ketiga, Shi Yuqi juga berhasil menang dua game langsung atas Gobinathan dengan skor 21-9 dan 21-4. Sementara Zheng Siwei/Wang Yilyu juga unggul 21-10 dan 21-8 atas Raymont/Eric. Di partai penentuan Qiao Bin sukses menggulung Peter Yan dengan 21-13 dan 21-12. Skor telak 5-0 untuk keunggulan China.

Hasil itu membuat China memuncaki klasemen grup A. Sementara para peringkat kedua ditempati Prancis setelah secara mengejutkan mampu unggul 4-1 atas India. 

3. China dan Jepang sangat berpeluang maju ke babak perempat final

Jepang dan China Sukses Lewati Pertandingan Perdana Thomas Cupbwfbadminton.com

China dan Jepang sama-sama mempunyai skuad yang merata dari sektor tunggal dan ganda putra. China sangat yakin akan lolos ke babak berikutnya mengingat China berada pada grup yang sangat mudah.

Sementara Jepang setelah sukses menaklukan Hongkong. Jepang juga harus menghadapi negara kuat China Taipei. Namun, dengan sudah mengamankan satu kemenangan dan akan berjumpa tim lemah Jerman. Jepang akan yakin melaju ke babak perempat final.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya