Favorit Juara, Jepang Jadi yang Pertama Lolos ke Perempat Final Piala Uber

Kapan Jepang akan terjungkal?

Jepang merupakan kandidat terkuat dari sektor tim putri untuk menjuarai Uber Cup 2018. Pasalnya skuad pemain jepang hampir merata dari sektor tunggal atau ganda. Bahkan dengan skuad itu pula, Jepang berhasil menjuarai Badminton Asia Championship 2018. Jepang memang pantas menjadi unggulan pertama Uber Cup mengingat materi pemainnya. 

Tergabung dengan grup A bersama Australia, India, dan Kanada. Jepang sukses melangkah ke babak perempat final usai meenang telak dengan skor 5-0 atas Australia dan Kanada. Bagaimanakah proses jalannya tim samurai Jepang lolos ke babak berikutnya? Mari simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari BWFthomasubercups.com. 

1. Awali start manis dengan menang telak 5-0 atas Australia

Favorit Juara, Jepang Jadi yang Pertama Lolos ke Perempat Final Piala Uberbwfextranet.com

Jepang mengawali laga perdana Piala Uber kontra Australia dengan hasil yang memuaskan. Pertandingan perdana ini dilangsungkan di Impact Arena Bangkok, Minggu (20/5) waktu setempat. Jepang sendiri sukses mencukur Australia dengan skor 5-0.

Jepang mengawali kemenangan dengan cukup sulit. Akane Yamaguchi yang turun pada partai pertama harus bermain sengit dua game dan saling kejar mengejar angka dengan Wendy Chene 24-22 dan 21-19. Jepang menambah skor menjadi 2-0 setelah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota menang 21-9 dan 21-8 atas Gronya Somerville/Renuga Veeran.

Australia semakin tidak berdaya ketika Nozomi Okuhara mengakhiri pertandingan atas Louisa Ma dengan skor 21-6 21-6. Pada partai non penentuan, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dan Sayaka Sato juga berhasil menang atas lawannya. Skor 5-0 untuk kemenangan Jepang.

Hasil itu membuat Jepang berhasil memuncaki klasemen grup A dan Kanada berada di peringkat kedua setelah secara mengejutkan mampu menang atas India.

2. Lolos ke babak perempat final setelah menang 5-0 atas Kanada

Favorit Juara, Jepang Jadi yang Pertama Lolos ke Perempat Final Piala UberDjarum badminton

Jepang berhasil memastikan lolos ke perempat final grup A setelah secara menyakinkan mampu menang telak 5-0 atas Kanada pada partai kedua Uber Cup di Impact Arena Bangkok, Senin (21/5) waktu setempat. Jepang pada partai kedua juga tidak menurunkan tunggal putri terbaiknya peringkat 2 BWF Akane Yamaguchi.  

Nozomi Okuhara yang turun pada partai pertama sukses mengawali kemenangan atas Michelle Li dengan skor 21-16 dan 21-17. Kemenagan Nozomi disusul oleh Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang menang dua game langsung 21-14 dan 21-19 atas Rachel/Kristen. 

Kanada semakin tak berdaya setelah Sayaka Sato memastika kemenangan menjadi 3-0 setelah menang 21-14 dan 21-14 atas Brittney Tam di partai ketiga. Shino Tanaka/Koharu Yonemoto juga berhasil menang pada partai ke-empat dengan skor 21-5 dan 21-13 atas Stephani/Anne Julie.

Kemenangan telak 5-0 atas Kanada ditutup oleh Sayaka Takahashi yang menang dua game langsung atas Catherine dengan skor 21-10 dan 21-11. Dengan hasil itu, membuat Jepang kokoh di puncak klasemen grup A dengan 2 kali kemenangan dan otomatis lolos ke perempat final. 

3. Jepang berpotensi bertemu dengan China Taipei atau Thailand di babak perempat final

Favorit Juara, Jepang Jadi yang Pertama Lolos ke Perempat Final Piala Uberbwfworldtour.com

Jepang sudah otomatis lolos ke babak perempat final meskipun masih menyimpan laga terakhir kontra India. Laga terakhir tidak akan berpengaruh apa-apa bagi Jepang walapun nanti kalah. Namun, dengan skuad yang ada Jepang yakin akan sapu bersih dan keluar sebagai juara grup A.

Jepang saat ini kokoh dengan 2 kali kemenangan dan total mengumpulkan 423 poin seperti dilansir dari BWFtornamentsoftware. Hasil itu membuat Jepang nanti akan bertemu dengan runner up grup B. Saat ini di grup B, China Taipei dan Thailand merupakan kandidat terkuat yang lolos ke babak perempat final. Otomatis Jepang akan bertemu dengan mereka. 

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya