Jadi Kejutan, Prancis Sukses Tumbangkan India di Thomas Cup

India justru takluk dengan skor 4-1!

India melakoni laga perdana kontra Prancis pada babak penyisihan grup A Piala Thomas 2018. Pertandingan perdana ini dilangsungkan di Impact Arena Bangkok, Minggu (20/5), mulai pukul 09.00 waktu setempat.

Pada piala Thomas kali ini, India tidak diperkuat oleh tunggal terbaiknya, Kidambi Srikant. Kidambi tidak ikut serta dikarenakan sedang mempersiapkan dirinya pada ajang Asian Games dan Kejuaraan Dunia. Namun, India akan dipimpin oleh H.S Prannoy yang menjadi tulang punggung dan kapten bagi India. 

Di partai perdana, India secara mengejutkan harus takluk 4-1 atas Perancir. Bagaimanakah jalannya pertandingan India kontra Perancis? Mari simak ulasannya berikut ini seperti dilansir dari BWFthomasubercups.com

1. India sempat unggul 1-0 atas Perancis, namun Prancis sukses menyamakan kedudukan

Jadi Kejutan, Prancis Sukses Tumbangkan India di Thomas Cupindianaexpress.com

Pada partai perdana, India tidak menurunkan tunggal putra terbaiknya H.S. Prannoy. Namun, tiga tunggal putra India memiliki kualitas yang lebih dibanding Perancis. India sebenarnya memulai pertandingan pertama dengan mulus sekali dan tanpa hambatan.

Sai Praneeth yang turun pada tunggal perdana berhasil menang mudah atas tunggal pertama Perancis. Sai Praneeth sukses menang dua game langsung atas 21-17 dan 21-18 atas Brice Leverdez. Kemenangan ini membawa India unggul 1-0 atas Perancis.

Alih-alih ingin menambah keunggulan atas Perancis. India justru kecolongan pada parta keduanya. Ganda putra India, Arjun/Ramchandran justru harus takluk dengan skor 21-13 dan 21-16 atas ganda putra Prancis, Bastian/Julien. Hasil itu membuat Prancis menyamakan kedudukan menjadi 1-1 atas India. 

2. Perancis sukses comeback dan berhasil unggul telak

Jadi Kejutan, Prancis Sukses Tumbangkan India di Thomas Cupbwfbadminton.com

Pertandingan yang sama kuat 1-1 membuat tunggal putra India atau Prancis harus sama-sama mengincar kemenangan. India sendiri menurunkan tunggal Sameer Verma pada partai ketiga untuk menghadapai Lucas Corve. Meskpin secara kualitas dan peringkat BWF, Verma jauh diatas Lucas. Namun. Lucas berjuang habis-habisan. 

Pada game pertama Verma sukses mengambil alih kemenangan dengan skor 21-18. Namun, Lucas bangkit dan terjadi pertarungan sengit di game kedua dengan kejar-mengejar angka. Tetapi Lucas berhasil unggul tipis atas Verma dengan 22-20. Di game penentuan, Lucas justru menaklukan Verma dengan skor 21-18.

Kemenangan Lucas membuat Prancis unggul 2-1 atas India. Di partai ke-empat, India juga gagal menyamakan kedudukan. Ganda putra India, Arun/Sanyam justru kalah dengan dua game langsung 21-10 dan 21-12 atas ganda putra Prancis, Thom/Ronan.  

Hasil itu juga sudah membuat Prancis menang atas India dengan skor 3-1. Pada partai terakhir, India sudah tidak bisa berbuat banyak karena sudah kalah atas Perancis. 

3. Game terakhir juga milik Perancis

Jadi Kejutan, Prancis Sukses Tumbangkan India di Thomas CupBadmania

Pada partai terakhir, Prancis juga sukses mengamankan kemenangan. Tunggal putra Prancis, Toma Junior sukses menang atas tunggal putra India, Lakshya dengan pertarungan sengit tiga game 22-20, 19-21, dan 21-19. Hasil itu, membuat Prancis sukses mencukur India dengan skor 4-1.

Keberhasilan Prancis juga membuat langkahnya untuk lolos ke babak perempat final semakin tinggi. Hal ini karean dalam grup A, China dan India yang menjadi unggulan untuk bisa lolos. Otomatis Prancis hanya perlu menang atas Australia demi mengamankan tiket ke selanjutnya meskipun nanti harus takluk dari China. 

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya