Comscore Tracker

Dorna Masih Gantung Nasib MotoGP Indonesia di Mandalika

Pembangunan sirkuit Mandalika masih berlangsung

Praya, IDN Times - Dorna Sports selaku operator MotoGP masih belum memastikan nasib seri Mandalika yang rencananya digelar pada Oktober 2021 mendatang. Direktur Manajemen Dorna, Carlos Ezpeleta, mengungkapkan hal tersebut usai kunjungannya ke sirkuit Mandalika, Rabu (7/4/2021) sore WITA.

Dalam kunjungan tersebut, Ezpeleta ditemani oleh dua mantan juara dunia MotoGP, yakni Franco Uncini yang kini bertindak sebagai Safety Officer FIM dan Loris Capirossi, dengan jabatan Race Direction Dorna Sports. Ezpeleta mengaku belum bisa berkomentar lebih jauh tentang kepastian Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP di 2021.

Baca Juga: Dorna Blusukan ke Lombok, Tinjau Proyek MotoGP Mandalika

1. Pihak Dorna menyanjung keindahan Sirkuit MotoGP Mandalika

Dorna Masih Gantung Nasib MotoGP Indonesia di MandalikaManaging Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta dalam kunjungannya ke Sirkuit Mandalika, NTB Rabu (7/4/2021) IDN Times/Ahmad Viqi

Ezpeleta dalam kunjungannya untuk meninjau proses pra-homologasi lintasan sirkuit Mandalika, mengaku kagum dengan keindahan lokasi di sekitarnya. Laut dan pemandangan di sekitar sirkuit Mandalika, disebut Ezpeleta jadi pemanis yang tak ditemukan di sirkuit lainnya.

"Ya, proses pembangunan berjalan baik. Sangat indah," kata Ezpeleta kepada IDN Times.

2. Nasib Mandalika masih menggantung

Dorna Masih Gantung Nasib MotoGP Indonesia di MandalikaManaging Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta dalam kunjungannya ke Sirkuit Mandalika, NTB Rabu (7/4/2021) IDN Times/Ahmad Viqi

Ezpeleta belum mau mengomentari sejauh mana peluang Mandalika menggelar MotoGP tahun ini. Sebab, proses pembangunan sirkuit Mandalika sampai sekarang masih berlangsung.

"Bahasa Indonesia saya kurang fasih. Kami akan merilis pernyataan besok. Terima kasih," ujar Ezpeleta.

3. Pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika sudah 70 persen

Dorna Masih Gantung Nasib MotoGP Indonesia di MandalikaFoto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020)

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, yang ikut dalam kunjungan itu pula, menjelaskan perkembangan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika telah mencapai 60 hingga 70 persen. Bamsoet cukup yakin sirkuit itu bisa rampung dalam waktu dekat dan dipakai pada Juni 2021

"Mungkin Juni 2021 sudah bisa dipakai. Saya yakin dipakai," kata Bamsoet.

Berbeda dengan Ezpeleta, Bambang Soesatyo lebih terdengar optimistis dengan perhelatan balapan MotoGP di sirkuit Mandalika digelar tahun ini. "Juli ini, proses homologasi sudah selesai. Nah, kalau itu selesai, Oktober sudah bisa dipakai balapan," jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia itu.

4. Dorna diklaim puas

Dorna Masih Gantung Nasib MotoGP Indonesia di MandalikaKetua MPR RI Bambang Soesatyo kunjungi Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Optimisme Bamsoet terlihat makin kuat. Dia merasa Dorna puas setelah memeriksa lintasan di sirkuit Mandalika. Menurut Bamsoet, Dorna menilai sirkuit Mandalika punya kualitas yang baik.

"MotoGP Indonesia siap digelar pada tahun ini. Insya Allah Oktober 2021," tegas Bamsoet.

Baca Juga: Ratusan Kuburan Warga di Area JKK The Mandalika Direlokasi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya