Comscore Tracker

5 Pemain Brasil dengan Lebih dari 200 Penampilan di Liga Inggris 

Nama-nama andalan asal Negeri Samba #IDNTimesSport

Delapan pemain sepak bola Brasil sebelumnya sempat dikabarkan dilarang tampil di Liga Inggris. Permasalahan bermula ketika negara-negara tersebut mengklaim klub-klub di Liga Inggris tak mengizinkan para pemainnya tampil di laga Internasional. Akhirnya mereka dilaporkan ke FIFA, sehingga keluarlah sanksi tersebut.

Namun, sanksi yang melarang pemain-pemain tersebut tampil di Liga Inggris kini sudah dicabut. Hukuman tersebut hanya berlangsung lima hari di pekan ke-4. Di pekan berikutnya, mereka bisa tampil kembali di lapangan. Bicara mengenai permasalahan ini, siapa pemain Brasil dengan penampilan terbanyak di Liga Inggris sejauh ini? Berikut lima daftar teratasnya dengan lebih dari 200 penampilan.

1. Willian (259 Penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Lebih dari 200 Penampilan di Liga Inggris Potret Willian di lapangan (bleacherreport.com)

Willian memang bukan lagi pemain Liga Inggris. Musim panas ini ia hijrah dengan status bebas transfer ke klub di negaranya, yakni Corinthians. Namun, pemain sayap kanan tersebut merupakan bintang asal Brasil dengan penampilan lebih dari 200 laga di Liga Inggris.

Dalam statistik, Willian terhitung telah tampil dalam 259 laga di Liga Inggris. Ia tampil untuk dua klub, yakni Chelsea (234 penampilan) dan Arsenal (25 penampilan). Pemain berusia 33 tahun tersebut memang paling lama membela The Blues. Ia datang pada 2013, kemudian hengkang ke Arsenal pada 2020 lalu. 

2. Lucas Leiva (247 Penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Lebih dari 200 Penampilan di Liga Inggris Lucas Leiva (skysports.com)

Sebelum pindah ke Serie A, Lucas Leiva pernah berkarier di Liga Inggris cukup lama. Gelandang bertahan satu ini pernah bermain untuk Liverpool selama 10 tahun. Ia datang dari Gremio pada 2007, kemudian pindah ke Lazio di musim panas 2017.

Bersama The Reds, Lucas Leiva ikut tampil dalam 247 pertandingan dengan menorehkan 15 assist di Liga Inggris. Untuk gelar, ia ikut andil dalam memenangkan EFL Cup atau Piala Liga Inggris pada 2012.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Liga Inggris yang Menjadi Top Skor Timnas

3. Fernandinho (246 Penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Lebih dari 200 Penampilan di Liga Inggris Fernandinho (manchestereveningnews.co.uk

Pemain matang milik Manchester City, Fernandinho, sudah memberikan banyak kontribusi untuk klub. Sejak bergabung pada 2013, ia tecatat telah dimainkan sebanyak 246 kali di kompetisi kasta teratas di Inggris.

Fernandinho saat ini sudah berusia 36 tahun dan sepertinya tidak akan bertahan lama. Itu sebabnya, The Blues sudah berancang-ancang mencari pengganti. Kontrak gelandang bertahan tersebut pun akan habis di bulan Juni 2022 mendatang. 

4. Roberto Firmino (214 Penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Lebih dari 200 Penampilan di Liga Inggris Potret gaya seleberasi Roberto Firmino (eurosport.co.uk)

Meskipun kerap mengalami cedera, Roberto Firmino, sampai saat ini masih menjadi salah satu pemain andalan di Anfield Stadium. Ketajamannya di lapangan sudah tidak diragukan lagi. Jadi tak heran, Firmino jadi pemain Brasil dengan 214 penampilan di Liga Inggris sejak ia bergabung dengan The Reds pada 2015 silam.

Sebagai penyerang tengah, Firmino punya statistik yang luar biasa bagus. Bagaimana tidak, ia terhitung telah mencetak 67 gol dan 47 assist di Liga Inggris hanya untuk Liverpool. Selain itu, ia juga ikut andil dalam memenangkan gelar Liga Champions (2018/2019), serta gelar Liga Inggris yang penomenal pada musim 2019/2020 lalu. 

5. David Luiz (213 Penampilan)

5 Pemain Brasil dengan Lebih dari 200 Penampilan di Liga Inggris Potret David Luiz saat bermain untuk Chelsea (telegraph.co.uk)

David Luiz pernah memebela dua klub selama berkarier Liga Inggris. Ia pernah membela Chelsea dalam dua periode, yakni dari 2011 sampai dengan 2014, serta dari 2016 sampai dengan 2019. Sedangkan di Arsenal, ia berkarier dari 2019 sampai kontraknya habis di bulan Juli lalu.

Selama berada di Inggris, Luiz pernah bermain dalam 213 pertandingan. Sebagai bek, dirinya hanya mampu mencetak 14 gol dan 8 assist di kompetisi tersebut. Namun sebagai pemain Brasil, kenangan di Inggris tersebut tentu tidak akan terlupakan.

Lima pemain asal Brasil di atas berhasil mencatatkan lebih dari 200 penampilan di Liga Inggris. Ada jagoan kamu, gak? 

 

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Juara Liga di Negara Lain, Tak Cuma Jago Kandang

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya