Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Hampir Direkrut Arsenal, Ada Messi

Kenapa Arsenal gagal merekrut pemain top di daftar ini?

Arsenal bisa dibilang sedang mengalami kemerosotan di beberapa musim terakhir. Tapi, raksasa London tersebut sejak lama sudah dikenal sebagai klub yang mampu melihat potensi dari banyak pemain untuk dikembangkan.

Melihat kilas balik dari transfer yang pernah dilakukan The Gunners, ada sejumlah nama bintang yang sempat akan direkrut. Namun, karena sejumlah alasan, transfer itu gagal dilakukan. Langsung saja, berikut lima pemain sepak bola top yang hampir direkrut oleh Arsenal.

1. Lionel Messi

5 Pemain Top yang Hampir Direkrut Arsenal, Ada MessiPotret Lionel Messi (independent.co.uk)

Lionel Messi menjalani karier selama 16 tahun hanya untuk Barcelona. Angka tersebut belum dihitung dengan karier juniornya. Ia baru pindah untuk menghabiskan sisa karier ke Paris Saint-Germain di musim panas lalu. Tapi siapa sangka, pada tahun 2003 silam, La Pulga sempat akan direkrut oleh Arsenal, lho!

Dulu saat Arsene Wenger menangani The Gunners, ia sangat tertarik untuk mendapatkan tanda tangan Messi. Tapi sang pemain menolak dengan alasan masih ingin bermain untuk Blaugrana.

2. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Top yang Hampir Direkrut Arsenal, Ada MessiPotret Cristiano Ronaldo saat membela Manchester United (twitter.com/TimelineCR7)

Masih di tahun 2003, selain Messi, Arsene Wenger juga punya keinginan besar merekrut Cristiano Ronaldo. Pemain berdarah Portugal satu ini bahkan sudah menginjakan kaki di tempat latihan The Gunners saat melakukan tur ke sana.

Tapi sayangnya, saat itu Arsenal kalah saing oleh Manchester United yang tampak lebih menggiurkan bagi CR7. Dilansir Sportskeeda, Ronaldo menjadi incaran gagal yang paling disesali oleh Wenger.

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Top yang Hampir Direkrut Arsenal, Ada MessiPotret Zlatan Ibrahimovic (twitter.com/SquawkaNews)

Ketika seorang Zlatan Ibrahimovic masih berseragam Malmo, ia menarik minat Arsenal di tahun 2000 silam. Hampir sama dengan Ronaldo, ia juga coba dirayu dengan diberi kesempatan mengunjungi tempat latihan The Gunners. Namun secara tegas, Ibra menolak tawaran tersebut.

Bintang Swedia ini kemudian pindah ke Ajax pada tahun 2001, dan secara bertahap berkembang menjadi pemain bintang yang banyak diincar klub-klub besar lain di Eropa. Ia berpetualang ke Juventus (2004-2006), Inter Milan (2006-2009), Barcelona (2009-2011), AC Milan (2011-2012), Paris Saint-Germain (2012-2016), Manchester United (2016-2018), LA Galaxy (2018-2020), dan ia kembali ke Ac Milan pada musim dingin 2020.

4. Luis Suarez

5 Pemain Top yang Hampir Direkrut Arsenal, Ada MessiPotret Luis Suarez (twitter.com/FabrizioRomano)

Dari semua transfer yang coba dilakukan Arsenal, ini mungkin menjadi yang paling buruk dan pantas untuk disesali. Pada 2013, saat Luis Suarez berkarier di Liga Inggris untuk Liverpool, Arsenal melihat ada potensi yang bisa ditawarkan untuk Suarez. Mereka pun mencoba memeberi mahar untuk memboyongnya ke Emirates Stadium.

Kesalahan Arsenal ialah tawaran yang sangat mengecewakan. Pihak The Gunners dilaporkan hanya menyodorkan uang sebesar 40 juta pounds (Rp773 miliar). Tentu saja The Reds menolak tawaran tersebut. Padahal, saat itu pemain Uruguay tersebut dikabarkan sudah punya keinginan untuk pindah. Pada 2014, Liverpool pun sukses menjualnya senilai 75 juta pounds (Rp1,4 triliun) ke Barcelona.

5. Eden Hazard

5 Pemain Top yang Hampir Direkrut Arsenal, Ada MessiPotret Eden Hazard (twitter.com/MirrorFootball)

Yang terakhir ada Eden Hazard. Salah satu punggawa Real Madrid sejak 2019 ini juga sempat akan direkrut Arsenal. Pada tahun 2012, Hazard diperebutkan dua klub besar di Liga Inggris, yakni Arsenal dan Chelsea. The Blues berhasil menyalip Arsenal karena mereka secara sengaja mundur dari persaingan.

Eden Hazard menghabiskan waktu bersama Chelsea selama tujuh tahun. Ia berhasil mencatatkan 110 gol dan 92 assist dari 352 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga ikut andil meraih dua kali gelar Liga Inggris, dua kali gelar Liga Eropa, dan masing-masing satu kali Piala FA dan Piala EFL. 

Bayangkan apa jadinya seandainya Arsenal berhasil merekrut lima pemain top tadi, pasti luar biasa. Akan tetapi, tanpa mereka pun, The Gunners tetaplah salah satu klub besar di Liga Inggris.

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya